Tips Memilih Jasa Pembuatan Aplikasi yang Bagus, Terjangkau, dan Murah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sebuah perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fitur tertentu sehingga bisa diakses oleh pengguna disebut dengan aplikasi, ada jutaan aplikasi yang ditawarkan oleh PlayStore pada Android dan Appstore pada iOS yang memudahkan penggunanya masing-masing untuk mulai berevolusi menjadikannya ponsel cerdas. Aplikasi dibuat dengan memberikan manfaat seperti pemberi hiburan, ada banyak aplikasi yang tersedia di PlayStore dan Appstore contohnya aplikasi game.

Tak hanya itu aplikasi juga dibuat untuk kemudahan dalam pekerjaan, seperti pada fotografer yang memerlukan aplikasi pengeditan pada fotonya maka ia bisa mengunduh aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android maupun iOS. Dengan aplikasi yang ada, telepon pintar ini tidak hanya digunakan untuk kepentingan berbagi pesan atau hanya sekedar digunakan untuk memberi kabar lewat suara tetapi juga bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan kebutuhan masing-masing penggunanya.

Dibalik sukses dan berjalannya aplikasi terdapat orang-orang dibalik layar yang berusaha membuatnya, orang-orang ini disebut developer aplikasi. Hampir di semua perusahaan membutuhkan developer aplikasi, mulai dari Bank, lembaga pemerintahan hingga organisasi pun menggunakan pekerja IT satu ini. Seorang developer aplikasi memiliki tugas membuat dan menguji perangkat aplikasi yang didesain khusus tidak hanya untuk komputer tetapi juga pada smartphone, dan tablet.

 

Jenis Developer aplikasi

Umumnya developer aplikasi dibedakan menjadi tiga jenis, sebagai berikut.

 

  1. Mobile App Developer

    Aplikasi komputer umumnya menggunakan pemrograman yang berat karena ukurannya yang besar, berbeda dengan aplikasi pada smartphone yang ukurannya lebih kecil sehingga didesain secara khusus dan pemrograman yang tidak terlalu berat. Seorang mobile app developer memiliki tugas untuk membuat dan mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pada perangkat mobile, umumnya mereka harus mengerti tentang pembuatan aplikasi multimedia dan bahasa pemrograman multiple mobile computer. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa C, C++, Python ataupun Java.

  2. Android Developer

    Sebagian besar kode yang diperlukan dalam mengembangkan aplikasi Android bersifat open source sehingga siapapun bisa mengembangkan aplikasi sendiri, aplikasi pada Android sudah ada dalam bentuk aplikasi sosial media, game, e-commerce hingga aplikasi to-do-list. Tak heran jika profesi ini dibutuhkan dalam dunia kerja.

  3. iOS Developer

    iPhone Operating System atau iOS adalah salah satu sistem operasi yang digunakan pada perangkat keluaran Apple, seorang iOS developer bertugas dan bertanggung jawab untuk membuat, memperbaiki, mengembangkan berbagai aplikasi yang ada pada iOS. Biasanya bahasa pemrograman yang wajib dipahami oleh seorang iOS developer adalah Swift dan Objective-C.

 

Baca Juga  :    Pengertian Aplikasi: Arti, Fungsi, Klasifikasi, dan Contoh Aplikasi

 

Mengenal Klasifikasi dan Jenis Aplikasi

Tips Memilih Jasa Pembuatan Aplikasi yang Bagus, Terjangkau, dan Murah
 

Demi mempermudah seseorang dalam mengetahui jenis-jenis aplikasi yang ingin digunakan, maka ketahui beberapa pengelompok atau klasifikasi aplikasinya berikut :

 

  • Real time Software

    Merupakan klasifikasi aplikasi yang dapat berguna dalam mengamati, mengendalikan, maupun menganalisa sebuah keadaan di dunia nyata secara langsung.

  • System software

    Adalah aplikasi yang berguna untuk mengendalikan serta mengelola proses operasi internal yang ada pada sebuah sistem komputer.

  • Business software

    Merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu keperluan bisnis seseorang. Salah satu contohnya adalah mengatur sistem keuangan, mendata jumlah pesanan, dan masih banyak lagi.

  • Personal computer software

    Yakni sebuah aplikasi yang dapat digunakan pengguna resmi maupun pribadi.

  • Web based software

    Adalah aplikasi dengan fungsi sebagai media penghubung pengguna pada internet secara langsung.

  • Engineering and scientific software

    Merupakan aplikasi yang dibuat dan dikembangkan guna membantu manusia menyelesaikan berbagai masalah yang ada. Hanya saja masalah tersebut bersifat secara khusus, yakni non algoritmik.

 

Tips Memilih Jasa Pembuatan Aplikasi

Sebelum memilih menggunakan jasa pembuatan aplikasi, Anda harus terlebih dahulu mengetahui bahwa penyedia jasa tersebut benar-benar mampu membantu Anda untuk kebutuhan yang diminta oleh perusahaan sehingga bisa memberi kontribusi besar dalam kemajuan perusahaan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan.

 

  • Layanan Jasa Lengkap

    Penyedia yang memiliki layanan jasa yang lengkap akan mampu membantu Anda jika suatu saat memerlukan penambahan atau justru pengurangan fitur pada aplikasi yang dibuat, Anda tentu tidak ingin harus membangun aplikasi dari awal hanya karena keterbatasan layanan yang dimiliki penyedia jasa yang Anda pilih.

  • Profil yang Jelas

    Amat sangat penting untuk diperhatikan terkait profil perusahaan, sebab bisa menjadi satu poin tambahan untuk menambah kepercayaan pelanggan terkait perusahaan.

  • Tidak Tergiur Harga Murah

    Kualitas selalu berbanding lurus dengan biaya, sehingga jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas yang diberikan. Akan lebih baik jika Anda membeli aplikasi dengan harga tinggi dengan kualitas baik daripada membeli aplikasi dengan harga murah namun kualitas bobrok.

  • Portofolio

    Ada oknum yang berusaha mencari cara agar mendapatkan keuntungan, termasuk dalam jasa pembuatan aplikasi. Dengan membuat portofolio palsu dan mengecoh banyak pengguna, untuk mengetahui kebenaran terkait developer dengan portofolio yang ada Anda bisa melihat pada link di Google Play Store. Jika nama developer pada aplikasi tidak sesuai dengan nama perusahaan penyedia, Anda bisa mencurigai hal tersebut. Bijaklah dalam memilih agar tidak mendapatkan kerugian akibat hal tersebut.

 

Baca Juga   :   Profesi Developer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Tips Memilih Jasa Pembuatan Aplikasi yang Bagus, Terjangkau, dan Murah
 

Anda bisa memperhatikan beberapa poin berikut sebelum memilih jasa pembuatan aplikasi, agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

 

  1. Layanan yang Disediakan

    Sebelum memilih, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu seperti apa layanan yang mereka sediakan dan bagaimana layanan tersebut mampu untuk menjawab kebutuhan Anda terhadap aplikasi yang dibutuhkan. Layanan jasa yang memiliki fasilitas terbatas tentu akan membuat Anda kesulitan dalam menambahkan fitur tertentu pada aplikasi.

  2. Profil Perusahaan

    Kredibilitas perusahaan harus Anda perhatikan, termasuk dalam pengecekan informasi lengkap yang dimiliki perusahaan seperti alamat, nomor telepon, dan informasi penting lainnya. Perusahaan yang kredibel akan memberikan Anda informasi yang jelas untuk kemudahan kedepannya.

  3. Ketentuan Layanan

    Fungsi dari ketentuan layanan ini umumnya menjadi kesepakatan antara Anda dengan penyedia jasa untuk menghindari kerugian masing-masing pihak, Anda harus membaca dengan cermat sebelum menyetujui ketentuan dari layanan yang mereka sediakan.

  4. Portofolio

    Dengan mengecek portofolio aplikasi yang pernah mereka buat, Anda bisa mengetahui seperti apa kualitas aplikasi yang mereka sediakan. Indikator penilaian yang bisa Anda lihat adalah salah satunya pada jumlah unduhan dan rating pada Play Store atau bisa dengan melakukan pengujian sendiri pada aplikasi sehingga lebih mengetahui seperti apa portofolio mereka.

  5. Spesifikasi dan Biaya

    Saat Anda sudah mempercayai dan menentukan perusahaan penyedia jasa yang cocok untuk membuat aplikasi, maka Anda harus memiliki kesepakatan dan kesepahaman baik dalam spesifikasinya maupun biaya agar tidak ada pihak yang akan dirugikan kedepannya. Ketentuan layanan akan menjadi aturan yang bisa menjaga Anda dan pihak developer tidak merasa dirugikan.

 

Baca Juga  :   Rekomendasi Aplikasi PHP Editor Terbaik untuk Developer

 

Kesimpulan dan Penutup

Melonjaknya jumlah pengguna smartphone saat ini membuat aplikasi mobile pada Android dan iOS laris manis, pasalnya beberapa survei mengatakan bahwa sebagian besar pengguna smartphone menghabiskan waktunya dengan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya di telepon pintar mereka. Hal ini menjadi peluang besar bagi pekerja developer aplikasi, tak heran jika pekerjaan satu ini banyak diminati di masyarakat.

Jika Anda bukan seorang developer namun membutuhkan jasa mereka untuk mengembangkan aplikasi pada perusahaan milik Anda, bisa dengan menggunakan jasa pembuatan aplikasi. Pahami terlebih dahulu sebelum mulai memilihnya, karena masih banyak pembuat aplikasi abal-abal dengan harga murah tanpa memperhatikan kualitas. Ada baiknya meneliti dan mempelajari layanan yang diberikan, agar Anda mendapatkan jaminan kemudahan kedepannya.

Related Post :