logo 5+ Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat 2023 - IDCloudHost

5+ Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat 2023

5+ Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat 2023

Apakah kamu siswa SMA yang sebentar lagi akan lulus tapi masih bingung memilih jurusan kuliah nanti? Jika iya, jangan khawatir karena dalam artikel ini kita akan membahas tips memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai minat bakat kamu! 

Di berbagai universitas, ada banyak jurusan yang dapat kamu jadikan pilihan. Namun, tak jarang calon mahasiswa bingung mencari mana yang sesuai dengan kemampuan dan passionnya. Padahal, memilih jurusan kuliah yang tepat adalah langkah penting, lho. Karena jurusan kuliah yang kamu pilih bisa berhubungan dengan pilihan karir yang akan kamu jalani setelah lulus. 

Selain itu, memilih jurusan kuliah sejak jauh-jauh hari juga akan sangat membantumu dalam memilih universitas yang diinginkan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mempersiapkan diri lebih baik untuk mengikuti seleksi sesuai kategori jurusan yang kamu pilih saat seleksi masuk universitas nanti. 

Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat Bakat 2023

Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat Bakat 2023

Dengan memilih jurusan kuliah yang tepat, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Misalnya, proses belajar selama kuliah akan terasa lebih menyenangkan dan mudah untuk diikuti. Jika berkuliah di jurusan yang sesuai dengan minatmu, tentunya kamu akan lebih leluasa untuk mengembangkan potensi diri. Simak tipsnya berikut ini, ya! 

  1. Kenali Diri Sendiri

Coba ingat lagi bidang apa saja yang kamu minati. Misalnya, saat bersekolah biasanya mata pelajaran apa yang meraih nilai tertinggi? Apakah kamu pernah mengikuti lomba tertentu dan meraih prestasi di bidang tersebut? Jika iya, mungkin kamu bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan bidang tersebut. 

Contohnya, saat di sekolah kamu meraih nilai tinggi di pelajaran yang berhubungan dengan bahasa. Maka kamu bisa menjadikan jurusan sastra atau jurnalistik sebagai pilihan ketika hendak melanjutkan ke universitas. Contoh lainnya, kamu beberapa kali menjuarai lomba menggambar saat di bangku sekolah. Jurusan Desain Komunikasi Visual dan Seni Rupa mungkin bisa kamu jadikan pilihan. 

Dengan mengenali kemampuan dan minat sendiri, kamu akan lebih mudah memilih jurusan kuliah yang sesuai. Jika jurusan kuliah sejalan dengan minat, pembelajaran di bangku universitas juga terasa lebih mudah kamu ikuti. 

  1. Cari Tahu Sisi Positif dan Negatif dari Jurusan yang Diincar

Tips memilih jurusan kuliah yang kedua adalah mencari tahu sisi positif dan negatif dari jurusan yang ingin kamu masuki. Misalnya, kamu tertarik mengambil jurusan Kimia, maka carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang apa saja yang akan kamu hadapi jika menempuh perkuliahan di jurusan tersebut. 

Dengan mencari tahu sisi positif dan negatif dari jurusan-jurusan yang kamu incar, kamu bisa mempertimbangkannya dengan kemampuanmu sendiri. Selain itu, cara ini akan membuatmu lebih mudah mempersiapkan diri untuk mengikuti perkuliahan di jurusan impian jika sudah lulus seleksi masuk universitas nanti. 

Tidak hanya itu, dengan mencari tahu berbagai hal seputar jurusan yang kamu inginkan, niatmu untuk memilih jurusan tersebut juga bisa jadi lebih kuat, lho. Sehingga, nantinya kamu tidak akan memilih jurusan kuliah dengan asal-asalan atau setengah hati.

  1. Pertimbangkan Prospek Kerja

Tips lainnya dalam menentukan jurusan kuliah adalah dengan mempertimbangkan prospek kerja setelah lulus. Karir seperti apa yang kamu inginkan di masa depan? Pekerjaan apa yang ingin kamu geluti? Mungkin saja kamu ingin menjadi seseorang yang bekerja di bidang IT, atau mungkin kamu ingin menjadi interior designer, atau bahkan seorang pebisnis? 

Cita-cita ini dapat kamu jadikan motivasi dalam menentukan jurusan kuliah. Gali terlebih dahulu motivasi dalam dirimu sebelum menentukan jurusan, agar tidak salah pilih. Dengan mengetahui prospek kerja yang kamu inginkan dan mencocokkannya dengan pilihan jurusan, kamu akan terbantu menjalani kuliah dengan lebih ringan. Hal ini karena kamu memiliki motivasi yang tepat, sehingga halangan dan rasa malas selama menempuh perkuliahan dapat dengan mudah kamu kalahkan. 

Apakah kamu adalah siswa yang masih bingung ingin menggeluti bidang apa di masa depan? Jika iya, mungkin kamu bisa menanyakan beberapa hal pada diri sendiri sebelum memutuskan memilih jurusan. Pikirkan apakah jurusan yang kamu pilih memiliki peluang kerja yang besar dan dibutuhkan di dunia industri? Hal ini sangat penting, jika prospek kerja dari jurusan tersebut menurutmu kecil, mungkin kamu bisa mencari jurusan lain sebagai perbandingan. 

Selain itu, kamu juga dapat melihat jumlah kompetitor yang ingin masuk ke jurusan tersebut setiap tahunnya. Selain itu, mencari prospek kerja jurusan tersebut hingga 5-10 tahun ke depan, serta berapa kisaran gaji yang diterima oleh lulusannya juga dapat kamu jadikan referensi sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat dan memiliki prospek kerja baik. 

  1. Jangan Memilih Jurusan Karena Ikut-ikutan

Bagi beberapa calon mahasiswa, masa-masa awal perkuliahan mungkin merupakaan saat yang berat. Selain karena sistem belajar yang berubah, kamu juga harus beradaptasi dengan lingkungan kampus yang jauh berbeda dengan masa sekolah dulu. Namun, tidak perlu takut karena seiring berjalannya waktu kamu pasti bisa mendapatkan teman dan relasi baru dengan mengikuti kegiatan-kegiatan di kampus. 

Jangan sampai ketakutan beradaptasi itu menjadikanmu memilih jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan teman, ya. Jika demikian, bisa jadi jurusan yang kamu pilih tidak cocok dengan minat dan bakatmu. Sehingga, nantinya kamu akan merasa pembelajaran di bangku universitas berat dan sulit. Hal ini tentunya bisa membuatmu kehilangan motivasi selama menempuh pendidikan. 

Lebih dari 50% mahasiswa Indonesia merasa salah jurusan, dan kebanyakan justru baru menyadarinya ketika sudah melewati beberapa semester di universitas. Sayang sekali jika hal yang sama juga terjadi pada kita, bukan? Sementara, jika baru menyadarinya di pertengahan masa kuliah, berat rasanya untuk kembali mengulang dan menjadi mahasiswa baru.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk masuk ke sebuah jurusan ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Masuk jurusan yang sama dengan teman memang tidak apa-apa, tapi pastikan kamu memilih jurusan tersebut dengan pertimbangan yang matang, bukan hanya karena ikut-ikutan. 

  1. Tes Minat Bakat

Tes minat bakat adalah salah satu cara untuk menentukan jurusan kuliah yang cocok untukmu. Tes ini bertujuan untuk mengukur minat dan bakat seseorang dalam bidang tertentu, sehingga dapat memberikan rekomendasi jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan seseorang. Tes minat dapat dilakukan oleh konsultan karir atau pihak lain yang berwenang.

Tes minat bakat umumnya terdiri dari beberapa jenis tes, seperti tes psikologi, tes kemampuan, dan tes kepribadian. Tes psikologi bertujuan untuk mengukur minat seseorang dalam bidang tertentu, seperti matematika, sains, atau seni. 

Tes kemampuan bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bidang tertentu, seperti logika, analisis, atau kreativitas. Tes kepribadian bertujuan untuk mengetahui kepribadian seseorang, seperti konservatif atau progresif, dan mengetahui apakah seseorang cocok untuk bekerja di lingkungan kerja tertentu.

Hasil dari tes minat bakat akan diberikan dalam bentuk laporan yang menyajikan rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk seseorang. Laporan ini akan menyajikan beberapa jurusan yang disarankan, beserta alasan mengapa jurusan tersebut cocok untuk seseorang. 

Namun, tetap diingat bahwa hasil tes minat bakat hanya sebagai rekomendasi saja, dan pilihan akhir tetap ditentukan olehmu sendiri. Sebaiknya jangan hanya mengandalkan tes minat bakat saja, tapi juga pertimbangkan faktor lain seperti prospek kerja, biaya kuliah dan tempat kuliah untuk menentukan pilihan yang tepat.

  1. Jangan Terburu-Buru

Untuk memilih jurusan yang tepat, berilah dirimu waktu untuk mempertimbangkan. Sebaiknya, proses mencari tahu jurusan pilihan, meminta pendapat guru dan keluarga, dan lain-lainnya dilakukan jauh-jauh hari. 

Sehingga pada saat pendaftaran kamu sudah tahu jurusan mana yang ingin kamu pilih. Jangan sampai terburu-buru dalam memilih jurusan, ya. Bayangkan jika besok adalah deadline pendaftaran, tapi kamu belum tahu ingin memilih jurusan apa. 

Kemungkinan salah pilih tentu jadi lebih besar, bukan? Karena itu, lebih baik memberi dirimu waktu untuk mempersiapkan diri dan menentukan pilihan dengan beberapa pertimbangan yang sudah kita bahas sebelumnya. 

  1. Meminta Saran dari Orang Terdekat

Diskusikan dengan orang tua atau guru yang Anda percayai. Mereka mungkin memiliki pendapat yang berbeda tentang jurusan yang cocok untuk Anda. Namun, jangan terlalu terpengaruh oleh pendapat orang lain, karena pada akhirnya pilihan akhir tetap harus ditentukan oleh Anda sendiri.

Beasiswa IDCloudHost 2023

jurusan saintek

Program beasiswa resmi yang berkolaborasi antara PT Cloud Hosting Indonesia dengan Telkom University ini merupakan program bantuan biaya studi untuk jenjang S1. Program ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA Sederajat kelas 12.

Perlu diketahui bahwa beasiswa ini tidak memungut biaya pendaftaran apapun, jika Anda diminta untuk membayar harap melaporkannya ke pihak IDCloudHost di kontak yang tersedia. Pendaftaran dilakukan secara online, dibuka sejak 05 Januari hingga 25 Juni 2023 mendatang.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda harus melewati beberapa tahapan lagi sebelum tahap pengumuman kelulusan seperti Tes Kompetensi Online, hingga tes wawancara. Jika Anda adalah siswa yang memenuhi syarat dan tertarik untuk mendaftar bisa dengan mengunjungi halaman Beasiswa IDCloudHost untuk mencari tahu lebih lanjut lagi.

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image