Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19)

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Bisnis kecil, UKM dan startup termasuk yang paling terpukul oleh krisis COVID-19. Banyak bisnis yang terpaksa ditutup, dan jauh lebih banyak menghadapi kendala arus keuangan internal hingga menimbulkan pertanyaan tentang berapa banyak yang akan selamat dari resesi ini. Pemerintah telah menanggapi dengan program pinjaman kritis yang dapat dimaafkan, tetapi bagi banyak dari bisnis ini, program ini sendiri tidak akan menyediakan uang tunai yang mereka butuhkan untuk mempertahankan pekerja, membayar sewa, dan membantu bisnis mereka untuk kembali beroperasi.

Pandemi COVID-19 menimbulkan ancaman eksistensial bagi usaha kecil, dengan lebih dari ribuan bisnis dari berbagai skala menghadapi krisis. Banyak bisnis kecil yang rapuh secara finansial dan tidak siap untuk menghadapi periode panjang dengan penurunan pendapatan yang signifikan. Kegagalan bisnis yang meluas lebih lanjut akan menghancurkan pekerjaan dan modal khusus perusahaan, dan menghambat pemulihan.

Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi hampir di seluruh dunia semua bisnis tiap skala juga mengalami kemunduran yang signifikan. Mulai dari harus mengurangi karyawan hingga terpaksa harus menutup pintu- pintu bisnis mereka. Namun masih ada cela untuk bertahan dan mengelola bisnis di masa pandemi Covid-19 selama pebisnis teguh dan berusaha dalam mempertahankan bisnis mereka.

 

Cara Mendukung Bisnis Kecil, UKM dan Startup di Masa Pandemi

Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19)
 

 

Jadi, sebagai pengusaha, apa sajakah cara kita dapat mendukung sesama usaha kecil, baik di lingkungan maupun online selama masa percobaan ini? Berikut 10 ide untuk dipertimbangkan :

 

  • Beli makanan dari restoran milik lokal

    Baik dengan drive-thru atau pengiriman, banyak usaha kecil menawarkan tidak hanya alternatif pembelian dan pengantaran, namun juga menawarkan jenis produk makanan. Jadi dengan membeli dari pedagang lokal terdekat Anda, Anda juga membantu bisnis kecil mereka untuk tetap berjalan.

  • Berikan rating yang tinggi

    Banyak bisnis kecil beralih menggunakan manfaat aplikasi baik itu untuk menjual, mempromosikan bahkan melakukan pengantaran produk. Jika Anda memakai aplikasi- aplikasi ini, berikan dan tinggalkan ulasan yang baik untuk tetap dapat mendukung bisnis lokal.

  • Belanja online di toko- toko kecil

    Selanjutnya adalah belanja secara online yang saat ini banyak diisi oleh merchant lokal dan kecil. Maka dari itu dukunglah toko- toko kecil itu dengan membeli produk mereka secara online dan tinggalkan review yang baik karena dari situ calon pembeli yang lain mendapatkan referesni yang baik dan membuat mereka membeli dari toko tersebut.
     
    Baca Juga :    Contoh Kata-Kata Promosi Bisnis Online Paling Efektif dan Sering Digunakan

  • Memberi tip belanja yang lebih

    Salah satu bantuan yang bisa Anda berikan untuk bisnis kecil adalah dengan memberi tip yang lebih dari harga yang seharusnya Anda bayar. Mengingat tidak jarang bisnis kecil harus menurunkan harga jual mereka agar tetap dapat beroperasi.

  • Dukung sosial media bisnis, UKM dan Startup

    Dukungan berikutnya yang bisa Anda coba adalah mengikuti dan menyukai postingan mereka di sosial media. Anda juga dapat berbagi komentar, review serta berbagi link kepada teman- teman Anda agar mereka juga dapat mengetahuinya.

Baca Juga :      Rekomendasi Website Pasang Iklan Gratis, Cepat, dan Praktis untuk bisnis

 

Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi

Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19)
 

Cara- cara diatas adalah cara mendukung bisnis lokal dan bisnis kecil, namun jika Anda sendiri adalah seorang pemilik atau pebisnis UKM dan Startup yang mengalami pergolakan selama masa pandemi ini, berikut beberapa tips untuk bertahan dan mengelola bisnis Anda.

 

  • Mengubah cara kerja

    Pandemi memaksa banyak orang dan semua bisnis tidak peduli skala besar atau kecil di dunia harus mengubah cara kerja mereka. Mengikuti banyak protokol yang ketat di setiap tempat di dunia yang mewajibkan lockdown dan social distancing, maka rutin kerja otomatis akan turut berubah. Maka dari itu banyak bisnis dan perkantoran yang meminta pekerjanya untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Dari sini Anda dapat membuat dan menerapkan peraturan baru untuk para pekerja Anda. Baik itu dalam membuat jadwal kerja tim dan cara berkomunikasi yang lebih efektif meski harus WFH. Untuk itu juga, Anda bisa menggunakan banyak aplikasi yang mampu mendukung kerja online dan WFH seperti Zoom, Trello, Google Meet dan lain- lain.

  • Memimpin dengan lebih baik

    Di masa yang serba tidak pasti oleh karena pandemi yang telah membuat banyak bisnis tumbang dan harus menghentikan kontrak kerja mereka, ini tentunya bukan hal yang mudah bagi para pemimpin bisnis dan startup. Pandemi menuntut pemimpin menjadi lebih tegas dan kreatif untuk dapat melewati masa krisis di bisnis mereka. Mengingat semua karyawan dan pekerja akan bergantung pada mereka, karenanya buatlah keputusan dengan pertimbangan yang benar lagi jernih, serta bantulah pekerja Anda untuk tetap bersemangat juga kuat dalam menghadapi pandemi ini.
     
    Baca Juga :    Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

  • Melakukan evaluasi keuangan

    Jika sebelumnya Anda tidak terlalu mencermati keuangan bisnis Anda, mungkin saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasinya. Buatlah daftar- daftar yang sekiranya bisa Anda pangkas tanpa harus mengorbankan hal lainnya. Atau batasi pengeluaran bisnis yang tidak akan mendapatkan hasil yang sesuai.

  • Melakukan peninjauan bisnis secara keseluruhan

    Selain meninjau dan mengevaluasi kembali keuangan atau financial kantor Anda, evaluasi selanjutnya adalah melakukan evaluasi mengenai bisnis Anda keseluruhan. Dari sini Anda bisa melihat garis besar apa saja tindakan yang perlu dilakukan atau malah dikurangi. Anda bisa menuliskan poin- poin penting dari bisnis Anda mulai dari keuangan bisnis, penjualan, biaya marketing, jumlah karyawan, anggaran belanja dan laba serta kerugiannya.

  • Manfaatkan sosial media dan website bisnis

    Sama dengan mendukung bisnis lainnya melalui sosial media, Anda juga dapat mendukung bisnis Anda sendiri melalui media sosial dan website Anda. Lakukan pemberitahuan mengenai apa saja promo atau berita yang bisa menarik orang – orang terhadap bisnis Anda.

  • Mencari solusi

    Pandemi memaksa semua orang baik individu maupun bisnis untuk bertahan dengan mencari solusi dan ide- ide yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan. Begitu juga bagi para pemilik bisnis yang harus memutar otak agar tetap bertahan. Meskipun begitu, Anda tetap bisa mencari solusi yang tepat dan sesuai dengan tim Anda.

 

Baca Juga :    Daftar Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan di tahun 2020

 

Tips untuk Survive (Bertahan) dalam menghadapi Pandemi

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk bisa bertahan dalam menghadapi pandemi covid-19 ini. Beberapa poin di bawah ini adalah pemaparan dan tips dari CMO IDCloudhost, Muhammad Mufid luthfi agar bisnis bisa sustainable ditengah pandemi :

 

Kesimpulan dan Penutup

 

Menjalani bisnis bagi UKM dan startup disaat- saat seperti ini memang tidaklah mudah dan mempunyai resiko yang sangat tinggi. Pandemi mempengaruhi banyak sektor kehidupan terutama ekonomi yang membuat banyak bisnis tutup dan terpaksa harus merelakan karyawan mereka. Sedangkan itu akan menambah masalah ekonomi lainnya dengan banyaknya pengangguran.

Tetapi kita masih tetap saling bisa mendukung satu sama lain, baik bagi pemilik bisnis maupun bagi mereka yang tidak mempunyai bisnis UKM. Kita bisa berlatih rasa empati mengingat keadaan saat ini yang tidak menentu bagi semua orang yang mengalami keadaan berbeda dengan keadaan ekonomi sekarang. Hal- hal atau tindakan yang paling dekat untuk dilakukan sekarang adalah saling membantu, mendukung dan tetap berpikir positif dengan cara serta kemampuan setiap orang yang tentunya mempunyai kapasitas yang berbeda namun tetap bertujuan sama yakni untuk tetap bertahan ditengah pandemi.

Sebagai tambahan dan penutup, Anda bisa menyimak Video dibawah ini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19) :

Related Post :