Tips Menghemat Kapasitas Bandwidth Hosting

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Bandwidth pada umumnya memiliki banyak arti, namun jika pada website yang memakai layanan web hosting hanya memiliki beberapa saja. Bandwidth bisa saja disebut kuota kecepatan download, kecepatan loading, kecepatan situs, hingga kecepatan penggunaan arus data. Dan dalam situs hanya mengukur pada besaran loading yang dimiliki setiap halaman yang dikunjungi pengguna internet.

Bandwidth merupakan kapasitas saat melakukan transfer data dari hosting atau website. Bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia teknologi dan informasi khususnya dalam bidang internet, maka akan paham mengenai bandwidth. Kedudukan bandwidth dalam hosting atau website akan semakin berkurang kapasitasnya sesuai dengan akses yang sedang dilakukan. Namun ternyata bandwidth sendiri memiliki kapasitas yang terbatas. Sehingga perlu menghemat bandwidth hosting.

Banyak web hosting menyediakan layanan hosting dengan fitur berbeda per paketnya, dan terkadang penggunaan bandwidth juga dibatasi dengan space yang banyak. Berbeda dengan diskspace, karena diskpace hanyalah file upload dari FTP dan data-data daru MySQL digolongkan menjadi satu ukuran.

Berikut beberapa tips untuk menghemat kapasitas bandwidth:

  1. Encoding gzip. Fitur ini dapat dilakukan secara manual dengan mudah, yakni hanya menambah encoding berbentuk gzip kedalam header website atau dapat dilakukan pada file .htaccess yang dapat meringankan berat loading pada situs.
  2. Metode caching. Cara ini hanya dapat dibuat oleh orang yang ahli pemograman yang dapat membuat suatu file baru berbentuk isi website dan mengoptimalkan kinerja css/javascript menjadi lebih minimal sehingga pengunjung yang pernah datang tidak perlu menunggu loading lama kecuali file cache belum dihapus. Untuk pengguna blog wordpress hosting silahkan gunakan plugin W3 Total Cache atau WP Super Cache.
  3. Compress CSS, Javascript, Image. Banyak situs yang menyediakan fitur sejenis yang terlihat pada mesin pencari (google, yahoo, bing, dll). Dapat meminimalkan ukuran file dan membuatnya ringan untuk diterapkan pada situs.

Demikian tips untuk menghemat kapasitas bandwidth hosting atau website. Teman-teman tetap akan memiliki banyak pengunjung tanpa perlu khawatir pengguna internet yang biasa mengunjungi hosting atau website teman-teman tidak dapat mengaksesnya. Semoga tips ini dapat membantu teman-teman sehingga hosting dan website dapat berfungsi dengan optimal sepanjang waktu. 😀

JANGAN KHAWATIR, HOSTING di IDCLOUDHOST UNLIMITED BANDWITDH

 

Related Post :

popup image