logo Apa Itu Technopreneur? Tips Menjadi Technopreneur Sukses - IDCloudHost

Apa Itu Technopreneur? Tips Menjadi Technopreneur Sukses

Apa Itu Technopreneur? Tips Menjadi Technopreneur Sukses

Berbicara tentang teknologi serta perkembangannya yang terus meningkat telah memberikan banyak perubahan di berbagai sisi kehidupan. Dari bidang ekonomi misalnya, penggunaan e-money sudah banyak digunakan untuk berbagai transaksi saat berbelanja.

Bahkan ada sebagian orang yang lebih menyukai metode transaksi yang satu ini dibandingkan dengan pembayaran uang tunai. Bidang bisnis pun sama halnya, marketplace yang menjamur membuat persaingan terus terjadi antara satu bisnis dengan lainnya. 

Dari dua contoh bidang diatas sudah jelas bahwa teknologi sudah merambah pada berbagai sektor. Sehingga saat ini banyak bisnis yang menggunakan teknologi sebagai alat promosi, maka muncul lah istilah technopreneur. Apa itu technopreneur? Untuk mengetahui lebih dalam simak penjelasannya dibawah ini!

Apa Itu Technopreneur?

Apa Itu Technopreneur Tips Menjadi Technopreneur Sukses

Technopreneur adalah sebutan untuk orang yang akan membangun sebuah bisnis atau usaha berbasis teknologi sebagai medianya. Sedangkan technopreneurship adalah bidang usaha yang akan dibuat dengan menggunakan teknologi. Biasanya internet dan smartphone menjadi wadah untuk mempromosikan produk. 

Ada beberapa tujuan dari technopreneur antara lain:

  • Mendorong perkembangan teknologi, tujuan pertama technopreneur adalah mendorong perkembangan teknologi khususnya yang digital. Hal ini tentu berpengaruh dengan inovasi-inovasi yang hadir guna memberikan sesuatu yang baru pada produk, agar berbeda dari kompetitor lain. 
  • Membuka lapangan pekerjaan, tujuan kedua technopreneur adalah menciptakan lapangan kerja. Dengan adanya usaha baru tentu membutuhkan sumber daya manusia untuk menjalankan bisnis tersebut. Hadirnya bidang usaha berbasis teknologi ini secara tidak langsung memberikan kontribusi untuk lapangan kerja.
  • Membantu meningkatkan ekonomi, tujuan ketiga technopreneur adalah membantu meningkatkan ekonomi. Jika bisnis ini nantinya sukses dan berkembang pesat, tentu membuat investor tertarik untuk menanamkan sahamnya. Sehingga usaha ini bisa mendongkrak perekonomian negara.

Mengapa Harus Mencoba Menjadi Technopreneur?

Apa Itu Technopreneur Tips Menjadi Technopreneur Sukses

Jika technopreneur adalah orang yang membangun usaha berbasis teknologi, maka untuk usaha yang menggunakannya dinamakan technopreneurship. Bagi Anda yang semula memiliki bisnis tetapi tidak menggunakan teknologi, maka saatnya untuk pindah ke jenis bisnis yang satu ini. Mengapa? Karena revolusi industri 4.0 yang semakin hari semakin berkembang, membuat konsumen lebih memilih bertransaksi lewat internet. 

Hal ini sebanding dengan pengguna internet yang kian bertambah, membuat sektor industri dan bisnis paling banyak terkena impact nya. Coba saja lihat dari segi peluang bisnis, sejak transaksi pembayaran,belanja dan sebagainya bisa dengan mudah dilakukan via mobile atau marketplace. Konsumen lebih menyukai produk yang juga menggunakan basis yang sama. Sehingga bisnis yang dibuat berbasis teknologi bisa disebut sebagai peluang usaha yang akan terus meningkat. 

Bukan hanya itu, technopreneur berarti juga usaha menggunakan teknologi. Artinya usaha yang akan Anda bangun bisa dimulai dari modal yang kecil tanpa promosi yang besar, atau bahkan membayar papan iklan yang mahal untuk  pada konsumen. Cukup dengan memanfaatkan teknologi seperti media sosiak dapat membantu produk Anda dikenal oleh banyak orang.

Cara Menjadi Technopreneur Sukses

Apa Itu Technopreneur Tips Menjadi Technopreneur Sukses

Siapapun bisa menjadi seorang technopreneur termasuk Anda. Sebelum memutuskan untuk terjun membangun bisnis yang berbasis teknologi,  Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini!

  • Memiliki Wawasan Bidang Teknologi

Cara pertama jika ingin sukses menjadi technopreneur adalah memiliki wawasan dalam bidang teknologi. Karena teknologi yang akan dijadikan sebagai media untuk mengelola bisnis, tentu penting mempunyai pengetahuan tentang teknologi apa yang relate untuk digunakan pada bisnis Anda nantinya. Seperti bisnis bidang kuliner yang memerlukan media sosial sebagai alat untuk promosi.

  • Dapat Berpikir Kritis

Salah satu kemampuan untuk menjadi technopreneur adalah dapat berpikir kritis. Kritis dalam hal memikirkan berapa modal yang akan dikeluarkan ketika akan memulai membuka usaha. Tidak hanya itu saja, menyelesaikan masalah melalui produk yang akan Anda buat juga harus dipikirkan.

  • Memiliki Jiwa Kewirausahaan

Selanjutnya adalah memiliki jiwa kewirausahaan. Ini penting bagi Anda yang akan membuka usaha, karena dengan begitu siap menghadapi resiko yang terjadi. Misalnya bisa mengatasi adanya kerugian sampai mencoba untuk membuka usaha baru.

  • Dapat Menyelesaikan Masalah

Memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah atau problem solving. Dalam membangun sebuah bisnis, akan ada banyak masalah-masalah yang muncul saat akan menjalankannya. Maka dibutuhkan skill penyelesaian masalah, agar ada solusi terhadap masalah yang akan terjadi nantinya.

  • Memiliki Kemampuan People Management

Cara kelima jika ingin sukses menjadi technopreneur adalah memiliki kemampuan untuk manajemen yang baik. Menjadi seorang pemimpin harus memiliki kemampuan yang satu ini agar lingkup internal dan eksternal dalam bisnis Anda tercapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan. 

  • Menentukan Jenis Bisnis

Tentukan jenis produk yang akan diproduksi dalam bisnis Anda. Usahakan produk ini berbeda dari produk yang sudah banyak dipasarkan. Meskipun tidak ada yang salah jika memproduksi produk sama akan tetapi letakkan ciri khas produk Anda.

  • Menyusun Rencana Bisnis

Setelah memutuskan membuka usaha serta menentukan modal yang cukup. Rancangan bisnis mulai disusun dari hal-hal kecil sampai hal besar. Tujuannya agar semua terstruktur dengan baik sehingga tidak ada kesalahan dalam prosedur membangun usaha.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai technopreneur yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam bisnisnya. Banyak strategi marketing yang bisa dikombinasikan dengan teknologi hanya perlu adaptasi dan ketekunan untuk mengelolanya. Bagi Anda yang masih ragu untuk menjadi technopreneur cobalah mengikut tips-tips diatas yang akan membantu Anda mewujudkannya ya!

Sebagai pelaku usaha di bidang teknologi, Anda tentunya perlu layanan hosting atau cloud untuk mengelola website dan aplikasi bisnis Anda. Gunakan Bare Metal Server dari IDCloudHost untuk website dan aplikasi dengan performa handal dan sistem pembayaran pay-as-you-go yang fleksibel!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image