logo Tips Optimalkan Bisnis Lewat Instagram Story 2023 - IDCloudHost

Tips Optimalkan Bisnis Lewat Instagram Story 2023

Tips Optimalkan Bisnis Lewat Instagram Story 2023

Strategi marketing yang menjadi trend belakangan ini adalah promosi iklan yang dilakukan secara online. Hal ini semakin berkembang dengan platform sosial media yang menjadi media promosi tersebut. Seperti Facebook, Tiktok, Twitter, LinkedIn, serta Instagram. Apalagi di antara platform tersebut didukung dengan fitur-fitur bisnis yang berguna untuk menjangkau lebih banyak audiens atau konsumen.

Pada artikel kali ini, akan dibahas secara mendalam platform sosial media yang bisa Anda gunakan secara optimal yaitu instagram. Berdasarkan survey dari website dataindonesia.id pengguna instagram di Indonesia memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 99,9 juta. Sehingga Indonesia menempati posisi keempat dengan pengguna terbanyak di dunia. Hal inilah ya ng menjadi salah satu alasan mengapa Instagram begitu populer. Simak beberapa tips optimalkan bisnis lewat instagram 2023!

7+ Tips Optimalkan Bisnis Lewat Instagram Story

Instagram story

Jika Anda ingin menggunakan Instagram sebagai media promosi, simak beberapa tips yang harus Anda terapkan khususnya dengan Instagram story berikut ini!

 1. Tentukan Target Audiens

Sebelum mempromosikan produk bisnis milik Anda di Instagram, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target audiens. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai siapa saja audiens yang memiliki potensi besar akan membeli produk yang Anda tawarkan. Sesuaikan juga dengan umur,demografi,kebiasaan pembelian dan hal lain yang berhubungan.

Misalnya, jika Anda menjual produk makanan viral pedas tentu yang harus Anda analisis dari target pasarnya adalah audiens yang gemar mengkonsumsi makanan pedas. Bisa saja pelajar,mahasiswa atau pekerja yang menyukai makanan tersebut. Dan bisa saja tidak ada batasan usia. Ini perlu riset yang mendalam sampai akhirnya Anda menentukan audiens tersebut.

Selain itu,Anda bisa juga mendapatkan target audiens melalui kompetitor Anda. Caranya adalah dengan memperhatikan siapa saja audiens yang membeli produk mereka dari semua sosial media. Mulai dari segi penyajian konten hingga konsep apa yang mereka gunakan untuk branding produk bisnis.

2. Optimasi Akun Instagram

Ada perbedaan yang signifikan terjadi pada akun instagram personal dengan akun instagram bisnis. Sehingga Anda harus mengubahnya terlebih dahulu ke akun instagram bisnis agar dapat melihat insight yang masuk dari promosi yang telah dilakukan. Bukan hanya sampai disitu saja, bio pada Instagram juga harus diisi dengan singkat namun mengandung pesan yang tersampaikan ke audiens.

Tujuannya adalah agar audiens lebih mengenal tentang bisnis yang Anda kelola. Dengan menulis pada bio berarti memberikan kesan pada audiens terkait produk yang Anda tawarkan. Akan tetapi,buatlah bio yang membuat audiens penasaran atau ingin lebih tahu mengenai produk Anda.

3. Buatlah Jadwal Posting

Selanjutnya untuk mengoptimalkan Instagram story untuk bisnis adalah terstruktur dalam memposting konten. Disini Anda juga bisa melakukan riset terkait waktu postingan yang ideal untuk konten di Instagram. Ini bisa dijadikan sebagai pedoman Anda untuk mempublikasi konten bisnis.

Hal ini berpengaruh pada minat beli dari audiens jika tidak bisa menyesuaikan publikasi konten di Instagram dengan baik. Faktanya waktu ideal untuk mempublikasi konten di Instagram adalah antara jam 9 hingga jam 11 pagi. Sehingga Anda lebih mengetahui kapan saja Audiens Anda aktif di Instagram. Kemudian gunakan insight untuk melihat hasil dari postingan tersebut.

4. Gunakan Stiker Polling

Pada Instagram terdapat fitur stiker polling yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan bisnis. Fungsi dari stiker polling ini adalah untuk meningkatkan masuknya engagement pada akun instagram bisnis Anda beserta para followers.

Caranya sangat simple, Anda sebagai pemilik akun bisnis bisa mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda. Pertanyaan nya bisa berasal dari produk bisnis Anda, atau hal yang berkaitan serta berdampak dengan jenis bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa memaksimalkan produk yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar.

5. Gunakan Fitur Ask Me Question

Selanjutnya adalah fitur Ask Me Question yang paling sering untuk digunakan. Jika Anda menggunakan stiker ini Anda bisa meminta pertanyaan kepada audiens Anda. Namun sebelum itu Anda bisa memberikan pembuka terlebih dahulu agar audiens tidak kesulitan dalam memberikan pertanyaan.

Bisa saja mengenai keunggulan produk Anda,kapan produk Anda dibuat atau inovasi apa yang akan Anda buat untuk produk tersebut. Melalui fitur inilah akan terjadi interaksi Anda dengan audiens sehingga Anda akan lebih memahami apa saja keinginan target pasar Anda.

6. Gunakan Emoji Slide Sticker 

Bukan hanya mengajukan atau meminta pertanyaan saja kepada audiens. Anda bisa mengoptimalkan bisnis lewat Instagram story dengan emoji slide sticker. Kegunaan dari emoji ini adalah audiens dapat memberikan tanggapan seberapa suka mereka terhadap unggahan konten yang telah Anda publikasi. Sehingga Anda akan lebih interaktif untuk menjalin kedekatan bersama audiens Anda.

7. Gunakan Quiz Sticker

Masih dengan fitur dari Instagram story yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis yaitu quiz stiker. Dimana fitur ini berupa kuis sederhana yang bisa Anda bagikan kepada audiens. Anda juga bisa menambahkan hadiah kepada audiens yang berinteraksi. Hadiah ini bisa saja berasal dari produk bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa mendekatkan diri kepada pengikut Anda sekaligus sebagai ajang promosi produk Anda.

8. Gunakan Fitur Support Small Business

Jika beberapa fitur diatas lebih cenderung memberikan ruang pada Anda selaku pemilik bisnis. Maka fitur yang satu ini khusus untuk mempromosikan bisnis atau bisnis Anda. Sesuai dengan namanya fitur ini memudahkan para pelaku usaha untuk memperkenalkan produk serta brand mereka kepada audiens lewat Instagram story.

9. Cobalah Product Sticker

Product sticker adalah fitur dimana Anda bisa menggunakannya untuk mendorong penjualan terhadap produk Anda melalui Instagram story. Pada stiker ini Anda bisa memberikan tanda kira-kira produk mana saja yang secara spesifik bisa Anda publikasi dalam story. Melalui product sticker ini Anda bisa mendorong audiens untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

10. Gunakan Countdown Sticker

Selain itu, yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan bisnis dengan Instagram story adalah dengan countdown sticker. Fitur ini sangat cocok untuk Anda gunakan saat ada produk yang akan launching. Dimana dengan fitur instagram yang satu ini Anda bisa membangun hype diantara pada audiens. Sehingga produk milik Anda yang akan launching menjadi lebih dikenal audiens.

11. Perlihatkan Feeds Terbaru

Terakhir adalah perlihatkan feeds terbaru dengan menggunakan stories. Tujuannya bagi bisnis Anda adalah untuk meningkatkan awareness mengenai postingan dari produk Anda. Dengan cara ini membuat audiens penasaran dengan produk yang ada di postingan Anda sehingga mereka nantinya akan mengunjungi akun bisnis Anda. 

Penutup

Itulah beberapa tips untuk memanfaatkan Instagram story untuk kepentingan bisnis Anda. Sebelum benar-benar menerapkannya pastikan Anda untuk tahu terlebih dahulu target audiens seperti apa yang cocok dengan produk milik Anda. Selain instagram, channel digital marketing lain yang dapat Anda gunakan adalah website. Untuk membangun website, Anda tentunya butuh layanan hosting yang handal agar website Anda senantiasa lancar diakses pelanggan. Gunakan WordPress Hosting dari IDCloudHost yang cepat dan mudah digunakan, bangun website bisnis Anda mulai dari Rp 5.000,-/bulan! 

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image