Tips & Trik Membangun Membangun Website Restoran Yang Baik & Benar

Business, Content Marketing / 0 | | 0

Sekarang ini masuk eranya digital yang mana semua serba online apalagi mereka para pengusaha mau tidak mau harus ikut andil dalam dunia digital. Hal ini menjadi salah satu cara menghalang para pesaing mengambil para pelanggan yang sebelumnya sudah menjadi pelangga anda.

Salah satunya bisnis restoran yang sekarang ini semakin menjamur mau tidak mau juga harus membangun website restoran supaya bisa membangun jaringan bisnis yang lebih kuat lagi. Kenyataannya sekarang ini banyak yang belum bisa mengelola sebuah website restoran dengan baik dan benar.

Dengan demikian konsumen akan tetap kesulitan mendapatkan berbagai informasi yang di butuhkan di restoran tersebut. hal ini membuat restoran kurang diketahui bahkan mereka banyak yang tidak mengenal restoran tersebut. Hal ini akan menjadi boomerang bagi pemiliknya jika dilakukan terus-menerus restoran bisa saja gulung tikar.

 

Apa Kegunaan Membangun Website Restoran?

 

Keberhasilan dalam membangun website restoran ternyata tidak mudah, keberhasilan bisa dirasakan ketika restoran telah bisa mendatangkan pelanggan dan dikenal oleh orang banyak. pengelolaan website tidak boleh sembarangan, sebab harus benar-benar dilakukan oleh yang profesional website.

Pengelolaan website restoran sebaiknya dibuat sesederhana mungkin, namun lengkap akan informasi yang diberikan berkaitan dengan restoran yang anda. Paling utamanya berkaitan dengan alamat, nomor yang bisa dihubungi sampai dengan layanan reservasi yang dapat dilakukan secara online dan lain-lain.

kalau semua bisa dikelola dengan sebaik mungkin, bisa dilihat pasti hasil yang didapatkan juga baik. Membuat konten website yang sangat panjang dan bertele-tele malah membuat orang yang membacanya semakin bosan dan malas.

Baca Juga : Tips Memilih Web Hosting Terbaik di Tahun 2020

 

Cara Membangun Website Restoran Supaya Bisa Memikat Pengunjung

Persiapan yang dilakukan dalam pembangunan website restoran harus dilakukan secara sungguh-sungguh, sebab adanya website dengan penampilan yang stylish sampai informative sudah pasti membuat calon konsumen anda menjadi senang dan betah mengikuti berbagai varian menu di restoran anda. Beberapa hal yang bisa anda lakukan yang merupakan elemen utama membangun website restoran adalah:

  1. Menu

    Secara umum yang dilakukan pengunjung mengunjungi restoran adalah melihat daftar menu apa yang disajikan dalam restoran tersebut. Hal inilah yang harus ada dalam website restoran, yaitu dengan melihat terlebih dahulu menu juga list daftar harga yang sudah disediakan dalam website tersebut. jangan lupa sertakan harga yang anda berikan dalam setiap menu makanan, minumannya, dan lain sebagainya.

  2. Gambarkan menunya juga suasana yang ada di restoran

    Cara memikat perhatian orang salah satunya melalu kata-kata yang indah, maka anda hars mendeskripsikan restoran tersebut tentang bagaimana menu yang ada dirasa, bahkan rasa juga harga harus digambarkan dengan jelas. Selain itu anda bisa memajang berbagai poto cantik yang pelayanan yang ada di restoran anda tersebut.

  3. Memberian informasi kontak juga jam operasional yang dijalankan

    Adanya informasi kontak yang berkaitan dengan nomor telepon yang bisa digunakan dalam layanan reservasi, pemesanan makanan dan minuman, dan lain sebagainya serta memberitahukan juga jam operasional yang digunakan di restoran tersebut.
     
    Jal ini supaya calon pelanggan bisa paham dan mengerti apa yang akan mereka beli dan pada jam berapa saja mereka bisa mengunjungi restoran tersebut. Elemen di atas harus anda masukkan dalam website restoran, maka jika semuanya bisa anda lakukan dengan baik tidak menutup kemungkinan website yang anda dirikan dan kelola akan semakin dikenal oleh masyarakat dan bisa mendatangkan konsumen yang banyak.

 

Cara Memasukkan Elemen Dasar Dalam Website Restoran

Ada cara yang harus dilakukan supaya bisa menjadi website restoran yang bagus dan berkualitas, sehingga bisa menarik perhatian konsumen. Cara yang bisa dilakukan adalah:

 

1. Unggalah gambar makanan serta lokasi dimana alamat restoran anda

 

Cara yang satu ini menjadi lebih efektif supaya bisa menarik pengunjung. Ada beberapa website restoran yang menciptakan kesalahan sebab hanya menampilkan berbagai menunya saha tidak menampilkan wujud yang berupa gambar menu tersebut.

Ada yang menyertakan banyak gambar namun disisipkan dalam tautan menu sehingga membuat calon konsumen sulit membacanya. Ada hal lainnya yaitu anda mengunggah gambar dengan ukurannya yang kecil juga kualitasnya rendah, maka calon konsumen akan kesulitasn juga dalam membaca detailnya.

 

2. Mencantumkan berbagai informasi kontaknya

 

Calon konsumen anda yang dibutuhkan adalah informasi kontak dari restoran tersebut. hal lainnya mereka berkeinginan mengetahui informasi mendasar di restoran tersebut, misalkan berhubungan dengan alamat, jam operasional, dan informasi yang lainnya.

Andaikan anda mengabaikan informasi tersebut bisa jadi calon konsumen akan kesulitan mencari informasi tentang anda, hal inilah yang mengakibatkan calon konsumen akan meninggalkan website dan beralih ke website restoran yang lain.

Saran yang bisa dilakukan adalah dengan mentautkan alamat di website dengan profil yang ada di media sosial. Lebih baik anda melengkapinya dengan menggunakan maps atau peta yang memudahkan calon konsumen mengunjungi restoran anda.

Baca Juga : Tips dan Trik Berbelanja Online Murah dan Untung di Tahun 2020

 

3. Pajanglah menu di restoran anda

 

Menyediakan varian menu di website restoran memang cukup sulit, apalagi anda begitu sering melakukan pembaharuan menu. Hal lain yang harus diketahui konsumen yang melihat menu, pasti akan melihat harganya juga bahkan sebagian mereka juga melihat bagaimana nutrisi yang ada dalam menu tersebut. Akhirnya hal inilah yang menjadi sangat rumit untuk di desain oleh pengelola website restoran tersebut.

Namun jangan khawatir hal ini bisa menjadi salah satu hal menarik yang bisa meningkatkan banyak kesempatan untuk para pembaca supaya mereka semakin penasaran sehingga mendatangi langsung restoran anda. Ternyata dalam menampilkan menu ada dua hal yang secara umum kurang diperhatikan oleh pengelola website yaitu:

 

  1. Menampilkan secara PDF bahkan gambar

    Cara ini membuat para pembaca harus mempunyai aplikasi eksternal supaya bisa megunduh serta melihat berbagai menu yang anda sediakan. Sisi lainnya, memakai gambar bisa mempersulit ketika memperbaharuinya. Lebih baik menggunakan daftar tampilan item menu yang anda gunakan serta harganya, sehingga semakin mempermudah calon konsumen melihat dan memahaminya.

  2. Memakai tabel yang sederhana

    Website restoran memang sulit di buat, berbagai restoran ternyata focus dengan berbagai hal yang rumit supaya bisa menghasilkan sesuatu yang menarik, namun mereka mengabaikan hal yang penting lainnya ada terdapat di dalamnya. Sejauh ini ada hal yang bisa dijalankan dalam pembuatan website restoran yaitu:

  3. Menyertakan semua gambar menu serta peta restoran anda

    Menampilkan berbagai infromasi kontak restoran, alamat, juga tautan media sosial. Memamerkan menu restoran anda di dalam daftar juga tabel dengan jelas dan mudah dilihat oleh pengguna saat memilih menu. untuk peta restorant bisa memanfaatkan link dan embed code dari Google Map juga.

 

4. Tautkan Profil Media Sosial Anda ke Website Anda

 

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan, bahkan sebelum Anda secara resmi meluncurkan website restoran Anda, adalah membuat profil media sosial pada jejaring sosial dimana audiens target Anda suka menghabiskan waktu. Ini biasanya termasuk Facebook dan Twitter, tetapi jangan abaikan kekuatan jejaring sosial visual seperti Instagram dan Pinterest – yang sangat populer dengan industri makanan.

 

5. Caravan Exmouth On Instagram

 

Website restoran modern membutuhkan kehadiran media sosial. Contoh: Caravan Exmouth di Instagram. Selain itu, Anda juga harus pertimbangkan mendaftarkan restoran Anda dengan Google Bisnis dan membuat profil di situs seperti Yelp dan Foursquare.

Melakukannya akan memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan pelanggan Anda serta memantau reputasi Anda dan terlibat dengan pelanggan dengan membalasnya dan mengatasi kekhawatiran mereka. Manfaat lain dari menghubungkan profil media sosial Anda dengan website Anda pada kenyataan adalah bahwa itu akan membantu Anda secara organik meningkatkan ranking di mesin pencari.

 

6. Melacak Statistik Anda

 

Pastikan situs web Anda disiapkan dengan Google Analytics sehingga Anda dapat melacak page views, jumlah pengunjung, kata kunci yang digunakan pengunjung untuk menemukan website Anda, dan banyak lagi. Jika Anda menggunakan form pemesanan, Anda bahkan dapat melacak seberapa baik situs restoran Anda berkonversi dan halaman mana di website Anda yang mengarahkan pengunjung langsung ke form pemesanan.

Website restoran modern mendapat manfaat dengan menggunakan fasilitas seperti Google Analytics. Hal Ini juga bisa memberi Anda ide untuk materi pemasaran, yang membawa kita ke tips selanjutnya. ada banyak sekali Tools yang bisa Anda gunakan untuk menganalisa selain Google analytics juga tools lain yang gratis maupun berbayar.

 

7. Membuat Konten

 

Sebuah Blog dapat melakukan banyak hal untuk website Anda, terutama ketika website restoran Anda masih baru. Anda dapat berbagi kiat memasak pada blog Anda atau menulis tentang sejarah restoran Anda. Pertimbangkan untuk membagikan kapan dan mengapa Anda memutuskan untuk membukanya, bagaimana Anda memutuskan nama dan jenis masakan, menyoroti staf Anda, dan banyak lagi.

Anda juga dapat merekam video makanan yang sedang Anda siapkan atau bagaimana Anda mempersiapkan restoran untuk kesibukan sehari-hari. Tetapi, Anda tidak perlu membatasi diri hanya untuk ngeblog. Anda perlu membuat konten untuk akun media sosial Anda, jadi jangan takut untuk bereksperimen dengan berbagai jenis konten.

Cobalah tayang secara Live di Facebook untuk mengundang penggemar ke acara khusus atau gunakan Instagram Story untuk menyoroti promosi. Ingatlah untuk menjadi kreatif dan perhatikan apa yang paling disukai audiens dan pengunjung website Anda.

 

8. Mulai Membuat Daftar Email

 

Langkah penting dari pemasaran adalah Anda harus mulai mencakup daftar email Anda sesegera mungkin. Melakukannya, memungkinkan Anda untuk mengirim lebih banyak pesan pribadi ke pelanggan Anda dan membiarkan mereka menjadi yang pertama tahu ketika sesuatu terjadi pada restoran Anda.

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki sekelompok orang yang dapat Anda andalkan untuk mendapatkan feed-back dengan meminta mereka untuk mengisi survei Anda dan mengirimkan saran tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan layanan Anda.

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan oleh pengelola website restoran supaya bisa membuat kualitas website semakin hidup dan bisa menarik para pelanggan yang anda membeli ke restoran anda, dengan demikian akan membuat calon konsumen senang dan merasa terbantu dengan website sederhana dan lengkap berbagai informasinya.

Nah, perlunya anda menggunakan sebuah tools seperti google analytics untuk melihat traffic pengunjung dalam website anda. Akan membua anda mengetahui, konten seperti apa yang paling banyak dicari konsumen beserta promonya.

Perlu diketahui bahwa, jika anda tidak melihat konten mana yang menarik bagi konsumen. Maka anda tidak mengetahui campaign mana yang berhasil. Serta produk apa yang paling banya dicari oleh masyarakat. Jadi, tetap jaga kualitas produk anda diselingi dengan konten yang menarik. semoga bermanfaat!

Related Post :

popup image