Tips & Trik Membangun Website Bisnis yang Baik & Benar

Business, Marketing / 0 | | 0

Saat ini kebutuhan untuk sebuah bisnis dalam membangun website mereka sendiri sangat diperlukan. Tak hanya perusahaan saja, akan tetapi pelaku usaha kecil juga perlu membangun website bisnis mereka untuk meningkatkan keuntungannya. Tips membangun website bisnis bisa menjadi salah satu acuan dan panduan bagi Anda yang masih awam dalam dunia website.

Dengan mengetahui tips membangun website bisnis yang baik dan benar, maka Anda akan lebih mudah membuat profil online dalam mengembangkan bisnis. Dengan begitu, Anda juga bisa meningkatkan penjualan bisnis yang mungkin sebelumnya jauh lebih sulit. Terlebih saat ini sudah ada banyak pebisnis yang sukses lewat website maupun toko online mereka sendiri.

Jadi tidak mengherankan kalau sebuah website tidak hanya dapat membantu penjualan namun juga menciptakan branding image yang baik. Masih ragu mengapa bisnis memerlukan website untuk berkembang? Simak beberapa alasan mengapa Anda sebagai pelaku bisnis sangat direkomendasikan untuk membangun sebuah website dengan baik, di bawah ini!

 

Mengapa Bisnis Memerlukan Website

Tips & Trik Membangun Website Bisnis yang Baik & Benar
 

Kebutuhan untuk mempunyai website untuk mengembangkan bisnis sekarang ini sudah menjadi hal yang lumrah dan wajib bagi pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis mareka. Hal ini tak lain untuk meningkatkan keuntungan serta membangun branding usaha agar menjadi lebih baik. Di bawah ini merupakan beberapa alasan mengapa bisnis Anda memerlukan website.

  1. Dapat meningkatkan kredibilitas usaha kecil

    Saat ini kebanyakan konsumen sudah beralih ke internet untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Dengan membangun website, maka Anda bisa menarik konsumen dengan lebih optimal ketimbang hanya melakukannya secara offline, bahkan juga meraih pelanggan yang tidak terduga.

  2. Dapat menghemat biaya promosi

    Membangun website juga dapat menghemat biaya promosi Anda. Anda tidak perlu lagi membuang-buang biaya yang lebih banyak untuk menaruh iklan melalui media seperti televisi, surat kabar, ataupun majalah. Dengan biaya yang jauh lebih hemat Anda bisa membeli layanan hosting dan domain untuk mengembangkan website menjadi lebih baik.

  3. Website bisa diakses dalam 24 jam

    Berbeda dengan lokasi offline yang hanya dapat ditemui oleh pelanggan dalam waktu tertentu saja, dengan membangun website untuk bisnis maka pelanggan dapat mengakses toko online Anda dalam 24 jam tanpa adanya batasan waktu. Begitu juga pelanggan dapat tetap melakukan transaksi dimana mereka saja berada.

Di atas hanyalah sebagian kecil alasan mengapa bisnis Anda memerlukan website. Untuk itu, segera bangun website Anda dan dapatkan perkembangan dengan lebih baik. Sedangkan langkah berikutnya adalah mengetahui 11 tips membangun website bisnis yang bisa Anda praktekkan dan jadikan panduan.

Baca Juga : Tips Menggunakan Jasa Pembuatan Website Bisnis dan Perusahaan Murah

 

11 Tips Membangun Website Bisnis yang Perlu Anda Perhatikan

Tips & Trik Membangun Website Bisnis yang Baik & Benar
 

Tips membangun website bisnis dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dan membuat pengunjung dan calon pembeli menjadi tertarik untuk mengunjungi website Anda lebih lanjut. Berikut beberapa tips membangun website bisnis tersebut :

  1. Pahami dulu tujuan Anda membangun website bisnis

    Sebelum membangun website, pastikan Anda mengetahui dan memahami apa saja tujuan Anda dalam menggunakan website. Umumnya, seorang pebisnis menggunakan web untuk membangun brand, mempromosikan produk maupun jasa, dan masih banyak lagi. Untuk itu, tentukan terlebih dahulu tujuan Anda membangun website bisnis.

  2. Bangun website yang menunjukkan identitas merek Anda

    Selanjutnya, pastikan Anda membangun website yang menunjukkan identitas merek dengan baik. Dengan adanya identitas merek pada website maka pelanggan akan lebih mudah mengenali Anda. Perhatikan mengenai apa saja yang bisa membantu bisnis Anda juga terkoneksi dengan image dan identitas Anda.

  3. Tampilkan logo, warna, dan font yang konsisten

    Kemudian, website Anda juga perlu memiliki penampilan yang konsisten. Baik itu pada logo, warna, maupun font yang digunakan. Hal tersebut akan memunculkan keyakinan bagi para pengunjung website dan dapat menjadi salah satu cara untuk memperkuat identitas merek Anda.

  4. Buat website Anda berbeda dari yang lain

    Tips membangun website bisnis yang tak boleh Anda lewatkan adalah membuat website Anda berbeda dari yang lain. Pertimbangkan nama yang mudah diingat, desain yang unik dan menarik, serta konsep yang tidak mudah dilupakan. Ini akan membantu usaha dan website Anda lebih menonjol dari bisnis yang serupa.

  5. Sampaikan pesan dengan unsur yang penting

    Berkomunikasi melalui pesan dalam sebuah website merupakan cara yang tepat untuk membangun kedekatan kepada pelanggan. Untuk itu, ada baiknya Anda memiliki pesan dengan unsur yang penting sehingga terdapat kemungkinan pengunjung potensial tidak berpindah ke website yang lain.
     

    Baca Juga : Tips dan Trick Mengelola Customer Service (CS) yang Baik dan Profesional

  6. Gunakan ejaan dan tata bahasa yang benar

    Mungkin sebagian orang mengabaikan kesalahan ejaan ataupun tata bahasa saat membangun website mereka. Namun perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut cukup mengganggu pengunjung. Ada baiknya Anda memeriksa ejaan dan tata bahasa dengan benar agar pengunjung semakin betah membuka website bisnis Anda.

  7. Pilih foto yang eye catching dan menarik perhatian

    Selain beberapa tips membangun website bisnis di atas, sangat penting bagi Anda untuk memilih foto atau gambar yang eye catching dan menarik perhatian. Anda juga perlu memilih gambar yang memang dapat memenuhi tujuan bisnis Anda dalam website tersebut. Karena dengan pemilihan foto yang baik, maka bukan tidak mungkin bagi Anda untuk mendapatkan nilai penjualan yang lebih tinggi.

  8. Jangan lupa sertakan informasi kontak di halaman website

    Sebuah website tentunya memerlukan informasi kontak agar pelanggan bisa tahu dengan jelas kemana menghubungi penjual lebih lanjut. Untuk itu, pastikan Anda menyertakan informasi kontak pada halaman website. Namun, pastikan untuk memasangnya dengan nyaman dan tidak mengganggu atau menutupi informasi penting lainnya.

  9. Buat headline persuasif untuk menarik perhatian pelanggan

    Tips membangun website bisnis selanjutnya adalah dengan memanfaatkan headline dengan memasukkan kalimat persuasif. Dengan headline yang persuasif, maka Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari pengunjung. Pengunjung yang tertarik tentu akan tertuju dengan headline tersebut dan fokus untuk menjelajahi website Anda lebih lanjut.
     

    Selain itu, membuat headline yang persuasif juga bisa menjadi salah satu penentu apakah pengunjung akan bisa bertahan di website Anda atau tidak. Untuk itu, Anda bisa mempelajari lebih lanjut bagaimana cara membuat headline yang persuasif.

  10. Menambahkan Call to Action (CTA) yang kuat

    Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan Call to Action yang kuat. Call to Action dapat menaikkan interaksi pengunjung yang ada di website Anda dengan sangat efektif. Call to Action sendiri akan mendorong pengunjung untuk segera menghubungi Anda lebih lanjut. Karena itu, Anda bisa menambahkannya dalam button yang kontras dan besar sehingga potensi klik juga lebih banyak.

  11. Tunjukkan beberapa indikator kepercayaan pada website

    Tips membangun website bisnis terakhir adalah dengan menunjukkan beberapa indikator kepercayaan yang dapat membuat pengunjung semakin yakin pada bisnis Anda. Beberapa indikator tersebut seperti penghargaan, jaminan, testimony atau ulasan positif dari pelanggan lain, dan masih banyak lagi yang lainnya.
     

    Dengan menunjukkan indikator kepercayaan maka pengunjung akan menganggap reputasi bisnis Anda cukup bisa diandalkan dan dapat dipercaya. Untuk itu, jangan sampai Anda melewatkan tips membangun website bisnis yang satu ini.

Baca Juga :   10+ Marketing Trends 2020 Paling Update yang Wajib Kamu Ketahui

 

Kesimpulan dan penutup

Itu dia beberapa tips membangun website bisnis yang bisa Anda pelajari. Bagaimana, cukup mudah bukan? Dengan membangun website untuk bisnis itu berarti peluang Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan cukup potensial daripada tidak memiliki website. Terlebih dengan adanya website dapat membantu Anda dalam mengembangan bisnis agar lebih maju.

Beberapa tips membangun website bisnis di atas perlu Anda pahami dan praktekkan agar manfaat dan keuntungan memiliki website bagi pebisnis bisa benar-benar didapatkan. Terlebih beberapa tips di atas tergolong cukup jelas, mudah dipahami, dan juga dipraktekkan. Jadi, masih ragukah Anda membangun website untuk bisnis? Membangun website memang tugas yang tidak begitu sulit. Agar lebih maksimal dalam membangun website tersebut Anda bisa bekerjasama dengan jasa buat website dan dapatkan web untuk toko online Anda sendiri.

Related Post :