logo 7+ Tools Coding Terbaik untuk Pemula  - IDCloudHost

7+ Tools Coding Terbaik untuk Pemula 

7+ Tools Coding Terbaik untuk Pemula 

Perkembangan teknologi membuat segala hal mulai beralih ke ranah digitalisasi. Hampir semua bidang memanfaatkan teknologi untuk kegiatan operasionalnya, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, hiburan, bisnis, dan lain-lain. Hal ini membuat banyak orang ingin belajar pemrograman dan butuh tools coding untuk pemula berikut ini. 

Saat ini, komputer dan internet memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. Belajar coding atau pemrograman akan membantu Anda untuk memahaminya dan meniti karir di bidang yang menjanjikan. Penasaran apa saja tools yang bisa Anda gunakan? Simak rekomendasinya berikut ini. 

7+ Tools Coding Terbaik untuk Pemula 

Ada banyak tools coding yang tersedia dan dapat Anda unduh di internet. Sebagian ada yang gratis, tapi beberapa mengharuskan Anda untuk membayar layanan mereka. Sebagai pertimbangan saat memilih, berikut kami rekomendasikan beberapa tools coding dan text editor terbaik yang bisa Anda coba! 

  1. Visual Code Studio

Visual Code Studio adalah salah satu text editor terpopuler yang banyak digunakan oleh para developer. Tools coding yang dikembangkan oleh Windows ini memiliki tampilan sederhana, tapi juga fitur yang lengkap. Anda bisa melengkapi barisan kode secara otomatis, dan juga menggunakan berbagai keyboard shortcut untuk memudahkan selama coding.

Selain itu, visual code studio juga mendukung C# dan banyak bahasa pemrograman yang lain. Visual code studio juga merupakan aplikasi text edior yang open-source sehingga dapat Anda gunakan secara gratis. 

  1. Notepad++

Notepad++ adalah tools coding yang familiar bagi semua orang. Bahkan, Anda yang bukan programmer mungkin sudah pernah mendengar aplikasi text editor yang satu ini sebelumnya. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari Notepad, dan dikembangkan oleh Microsoft untuk OS Windows. 

Notepad++ adalah software yang dapat Anda kembangkan dengan leluasa dan bisa ditambahkan banyak plugin. Salah satu keunggulan Notepad++ adalah memiliki tampilan jendela tab yang memungkinkan Anda membuka banyak file dalam suatu waktu. 

Notepad++ adalah software pemrograman yang ringan dan memiliki tampilan sederhana. Walaupun begitu, fiturnya cukup lengkap dan bisa mendukung banyak bahasa pemrograman seperti CSS, HTML, Java, JavaScript, C++, hingga Ruby. 

  1. Sublime Text

Aplikasi text editor yang satu ini belakangan semakin populer di kalangan programmer. Salah satu alasannya adalah karena Sublime Text sangat fleksibel dan bisa digunakan di Windows, Mac, dan Linux. Jika Anda adalah pengguna Linux, maka tools coding yang satu ini sangat cocok untuk Anda karena Sublime Text paling kompatibel dengan OS tersebut. 

Selain itu, Sublime Text memiliki tampilan modern yang didukung performa maksimal. Aplikasi yang satu ini cukup mudah dipelajari, sehingga cocok untuk pemula. Anda juga bisa menggunaannya secara gratis, tapi untuk menikmati keseluruhan fiturnya secara leluasa maka harus mengeluarkan biaya berlangganan. 

  1. Atom

Atom adalah aplikasi text editor yang dikembangkan oleh GitHub. Sebagai platform yang banyak digunakan oleh developer, kepopuleran GitHub tentunya mendorong banyak orang untuk turut menggunakan Atom. Tools coding yang satu ini mendukung banyak bahasa pemrograman, mulai dari HTML, CSS, JavaScript, C#, Ruby, dan lain-lain. 

Selain itu, tampilannya juga menarik dan user-friendly, sehingga cocok untuk Anda yang masih pemula. Beberapa fitur unggulan yang ada di Atom adalah fuzzy finder, TextMate grammars, fast project-wide, dan file system browser. Karena fiturnya yang sangat lengkap, Atom cukup berat dibandingkan aplikasi coding lainnya. Karena itu, aplikasi ini kurang cocok untuk Anda yang memiliki spesifikasi laptop terbatas. 

  1. Komodo Edit

Kodomo Edit adalah tools coding yang cocok digunakan di komputer dengan OS Windows, Linux, maupun Mac. Aplikasi text editor yang satu ini pertama kali dirilis pada tahun 2007 dan sudah menemani para developer selama belasan tahun, lho. 

Hingga saat ini, Kodomo Edit sudah digunakan oleh ribuan orang dan terus berkembang agar sesuai dengan kebutuhan para programmer. Tools ini mendukung banyak bahasa pemrograman dan bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan coding. 

  1. BlueFish

BlueFish adalah text editor yang dapat Anda gunakan di berbagai sistem operasi, mulai dari Windows, Mac, hingga Linux. Walaupun begitu, tools coding yang satu ini paling cocok digunakan di OS Linux. Anda dapat menggunakan Bluefish secara gratis, tanpa dikenakan biaya apapun. Hanya perlu mengunjungi website resmi Bluefish dan mengunduh file instalasinya sesuai sistem operasi yang Anda gunakan. 

Dibandingkan tools coding yang lain, Bluefish sangat ringan dan cepat. Walaupun tampak sederhana, tapi aplikasi ini mampu digunakan untuk menangani file berukuran besar, lho. Bluefish juga cukup stabil, sehingga kode yang Anda kerjakan bisa berjalan dengan lancar dan minim error. 

  1. Brackets

Brackets adalah aplikasi text editor buatan Adobe, salah satu perusahaan teknologi terkenal yang memproduksi berbagai software desain dan video editing. Tools coding yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin fokus di bidang front-end development dan web design. 

Selain itu, Brackets juga dapat digunakan di PC dengan berbagai OS, lho. Aplikasi ini mendukung penggunaan di Mac OS, Windows, hingga Linux. Tampilan Brackets cukup sederhanadan user-friendly. Ada berbagai fitur yang memudahkan Anda untuk coding, seperti highlighting, split screen, dan lain-lain. 

  1. Emacs

Emacs adalah tools coding terakhir yang harus Anda coba. Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 1975 dan dikembangkan oleh Richard Stallman bersama Guy L. Steele. Awalnya, Emacs memiliki nama Editor MACroS tapi terus dikembangkan menjadi GNU Emacs dan XEmacs yang dikenal saat ini. 

Text editor yang satu ini dibangun dengan bahasa pemrograman C dan Lisp. Sudah ada sejak tahun 70-an, Emacs memiliki banyak fitur dan mampu mendukung banyak bahasa pemrograman. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang tools coding yang dapat Anda gunakan sebagai programmer pemula. Ada banyak pilihan yang tersedia dan dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan dan preferensi. Beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan bisa Anda gunakan secara gratis, tapi ada juga yang mengharuskan Anda membayar untuk mengaksesnya. 

Setelah menyelesaikan aplikasi, Anda tentunya butuh layanan hosting untuk membuat aplikasi tersebut bisa diakses semua orang. Anda bisa menggunakan Cloud VPS IDCloudHost yang handal dan cepat, juga fleksibel dengan sistem pay-as-you-go! 

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image