Tools Gratis Untuk Cek Kecepatan Website Online

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Bagi seorang pemilik website, kecepatan website menjadi hal penting yang selalu diprioritaskan. Berbagai jenis website baik itu website forum, blog, toko online, dan sebagainya selalu dituntut agar bisa loading dengan cepat. Nah, jika Anda merupakan seorang pemilik website, tentunya Anda harus rajin untuk mengecek kualitas kecepatan website Anda. Sebagai pemilik website, Anda bisa menggunakan tools untuk cek kecepatan website yang Anda miliki.

Tahukah Anda mengapa kecepatan website menjadi hal yang sangat penting?. Hal itu karena kecepatan website bisa mempengaruhi banyaknya traffic atau pengunjung website Anda. Jika website Anda memiliki loading yang cepat, pengunjung website Anda tentu akan merasa senang dan ingin kembali untuk mengunjungi website tersebut. Namun, jika website Anda memiliki loading yang lama, mereka akan merasa kapok dan tidak mau lagi berkunjung ke website Anda.

Untuk itu, Anda wajib mengecek kecepatan website Anda agar bisa mengetahui apakah website milik Anda mempunyai kecepatan yang baik atau belum. Cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kecepatan website yaitu dengan menggunakan berbagai tools cek kecepatan website. Artikel ini akan membahas beberapa tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk cek kecepatan website online Anda.

 

Apa Saja Sih Tools Gratis yang Bisa Digunakan?

Menggunakan tools yang gratis tentu menjadi keinginan bagi pemilik website untuk bisa mengecek kecepatan website yang dimilikinya tanpa harus mengeluarkan biaya. Mempunyai website yang mempunyai kecepatan baik tentu menjadi sebuah keharusan. Terlebih bagi Anda yang ingin bisa bersaing di dalam pemasaran dunia digital. Wajar saja jika banyak pemilik website yang berlomba-lomba mencari tools gratis untuk cek kecepatan website online. Berikut ini 6 tools gratis yang bisa Anda gunakan :

1. GTMetrix

Yang pertama yaitu GTMetrix. GtMetrix menyediakan tool gratis yang bisa digunakan untuk cek kecepatan website. Selain gratis, cara penggunaan dari GTMetrix sangat mudah sehingga tool tersebut sangat cocok bagi pemula. Di dalam tool GTMetrix ini, tersedia analisis kecepatan website dengan lengkap berdasarkan rekomendasi yang berasal dari “YSlow” dan juga “Google PageSpeed Insight”.

Tool gratis GTMetrix ini memperlihatkan ringkasan analisis yang berisi jumlah request, page size, serta semua jumlah waktu loading pada halaman bagian atas sehingga lebih mudah untuk dibaca. Selain itu, GTMetrix menyediakan analisis yang berguna untuk mengidentifikasi permasalahn yang dihadapi maupun rekomendasi yang dibutuhkan guna mengatasi permasalahn tersebut. Anaalisis dari kecepatan website dapat Anda simpan di GTMetrix dengan cara membuat akun gratis.

 

2. Chrome DevTools

Kedua, Chrome DevTools. Tool tersebut merupakan tool gratis untuk cek kecepatan website yang cukup familiar bagi para developer. Selain aksesnya yang mudah, efektivitas untuk melakukan uji coba dan debugging juga cukup mudah.

Cara menjalankan Chrome DevTools ini cukup mudah. Anda bisa dengan mudah menjalankan tool ini di Google Chrome dan bisa mengecek kecepatan website Anda dan memperoleh laporannya. Selain itu, Chrome DevTools juga mempunyai fitur terbaik yang mampu memblokir request. Fitur tersebut sangat bermanfaat untuk menentukan banyaknya overhead yang berasal dari layanan pihak ketiga pada website Anda.

 

3. Pingdom

Tools gratis selanjutnya yaitu Pingdom. Pingdom merupakan tools yang kliennya berasal dari berbagai perusahaan besar (Spotify, Facebook, Pinterest, dan Twitter). Fitur gratis untuk cek kecepatan website yang ada di Pingdom ini menjadi alasan tools ini banyak dicari.

Anda bisa menggunakan tool ini untuk mengecek kecepatan website online Anda. Pingdom sendiri menilai kualitas kecepatan website Anda dengan skala 0-100. Jika nilainya semakin tinggi, berarti website Anda mempunyai kualitas kecepatan yang sudah baik. Ketika mengecek kecepatan website di Pingdom, Anda juga akan mendapatkan berbagai saran yang harus Anda terapkan agar bisa meningkatkan kecepatan website Anda.

 

4. WebPageTest

Tool WebPageTest bersifat bisa membantu Anda untuk mengecek kecepatan website online Anda yang memungkinkan Anda melakukan tes untuk mengetahui kecepatan website Anda dari sejumlah lokasi yang ada di seluruh dunia dengaan menggunakan browser gratis. Selain itu, WebPageTest juga menyediakan berbagai fitur tambahan seperti pemblokiran konten, capture video, dan masih banyak lagi. Kelebihan dari tool ini yaitu mendukung HTTP/2.

 

5. Geek Flare

Geek Flare dapat digunakan untuk cek kecepatan website online Anda secara gratis. Anda dapat mengeceknya melalui android maupun desktop. Laporan yang diberikan cukup lengkap dengan nilai atau skor kecepatan website, screenshot website, ukuran halaman, dan penjelasan lainnya yang mudah untuk Anda pahami.

 

6. KeyCDN Website Speed Test

Untuk cek kecepatan website online dan gratis, Anda bisa memakai tool yang dimilik oleh KeyCDN. KeyCDN dapat Anda gunakan untuk mengecek kecepatan website Anda dengan cara yang cepat dan mudah untuk melakukan analisis kecepatan website Anda. Ringkasan analisis serta preview halaman yang di periksa oleh Anda akan ditampilkan oleh KeyCDN. Selain itu, Anda juga bisa pemeriksaan baik private maupun umum yang bisa dibagikan. KeyCDN menampilkan analisis seperti ukuran konten, tipe file, waktu terima/tunggu, dan sebagainya.

Baca Juga : Test Kecepatan Akses Website dengan Tools dari Google

Kesalahan Cek Kecepatan Website

Banyak orang yang sering melakukan kesalahan ketika mereka mengecek kecepatan website yang dimilikinya. Kesalahan cek kecepatan website tersebut yaitu ketika pemilik website merasa aman saat website miliknya di akses menggunakan komputer mereka sendiri serta kecepatannya terbilang cukup baik.

Padahal hal itu terjadi karena alamat dari website tersebut telah disimpan di cache browser komputernya, tentu tidak butuh waktu lama ketika ingin mengaksesnya. Padahal komputer yang pertama kali dipakai untuk mengunjungi website Anda tentu bisa membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengakses website Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pengecekan kecepatan website menggunakan tools yang sudah disebutkan di atas agar hasilnya lebih akurat.

Baca Juga : Cara Mengecek Speed Time Website Dengan GTMetrix

 

Keuntungan dari Website dengan Kualitas Kecepatan yang Baik

Anda akan merasakan keuntungan jika website yang Anda miliki mempunyai kecepatan yang baik. Keuntungan yang bisa Anda peroleh yaitu dapat meningkatkan kinerja SEO, lebih disukai oleh banyak pengunjung, dan dapat meningkatkan rangking di mesin pencarian Google. Dengan kualitas kecepatan website yang baik, tentunya website yang Anda miliki dapat bersaing dengan sejumlah website lainnya agar bisa meraih posisi teratas pada halaman Google.

Kesimpulannya, cek kecepatan website merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh pemilik website agar mampu mengetahui dengan akurat bagaimana kecepatan website yang dimilikinya. Agar bisa mengetahui dengan akurat, Anda bisa menggunakan tools cek kecepatan website. Selanjutnya, jika sudah mengetahui seberapa baik kecepatan website Anda, Anda dapat melakukan beberapa perbaikan yang di rekomendasikan dari tool yang Anda gunakan.

Tentunya Anda harus bisa memastikan jika website Anda memiliki loading cepat ketika diakses oleh pengunjung sehingga Mereka bisa lebih merasa betah ketika mengaksesnya. Dengan menggunakan tools untuk cek kecepatan website, Anda akan mengetahui hasil analisis kecepatan website Anda secara akurat. Langsung saja, jika Anda ingin mengetahui kecepatan website yang Anda miliki, Anda bisa mencoba menggunakan tools gratis yang sudah dijelaskan di atas.

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari kesemua 6 tools gratis yang bisa Anda coba diatas, jangan lupa untuk menyesuaikan kebutuhan pemakaian. Cari salah satu tools yang kiranya mengakomodasi kebutuhan secara praktis, cara penggunaan yang ringkas cepat tidak berbelit- belit. Bagi Anda para pemula sebaiknya gunakan tools yang tidak terlalu susah dimengerti seperti GTMetrix.

Apabilan website yang Anda kembangkan sudah mempunyai nama dan traffic langganan dari pembaca atau peminatnya, maka gunakanlah tools yang juga mampu menyesuaikan dengan website skala besar seperti Pingdom atau WebPageTest bila memerlukan fitur yang lebih lengkap.

Cek terus kemampuan loading website Anda secara berkala dan buatlah rekod catatan kelajuan, permasalahan dan kendala bila ada. Gunakan semua rekod yang di simpan untuk membandingkan kemajuan juga kemunduran untuk evaluasi selanjutnya.

Related Post :

popup image