Trend Design Website Favorit dan Populer di Tahun 2021

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Tren desain web setiap tahun selalu berubah dan menjanjikan pengunjungnya akan pengalaman berselancar online yang unik. Bahkan setiap pemilik situs web akan selalu berlomba- lomba membawa inovasi dan corak baru dalam desain website mereka agar terlihat berbeda. Tidak jarang pula mereka memperbarui website mereka setiap tahun supaya terlihat segar.

Karena ini adalah sesuatu yang berbasis teknologi, maka pengunjung akan mendapati diri mereka mampir ke situs web yang canggih dengan efek dan permainan desain yang dinamis. Maka sama halnya dengan banyak trend di dunia yang selalu berputar, begitu juga design website akan mengikuti perkembangan itu.

Meski ada banyak prediksi design 2021 ini yang diharapkan akan jauh berbeda dari 2020 kemarin, ternyata banyak web desainer yang tetap menampilkan desain yang tidak jauh berbeda. Desainer berhasil memadukan digital dan hal-hal biasa yang dapat mencerminkan seberapa besar situs web dalam kehidupan sehari- hari saat ini. Simak beberapa trend design website 2021 berikut ini.

 

Trend Design Website 2021

Trend Design Website Favorit dan Populer di Tahun 2021
 

Design, trend, gaya selalu berubah dan berputar dengan pengadopsian disana- sini. Tak terkecuali trend situs web 2021 saat ini, berikut beberapa tren yang bisa Anda aplikasikan dalam website Anda sendiri.

 

Pemuatan Konten Lebih Cepat

Banyak dari situs web mungkin memiliki situs web penuh sumber daya dengan banyak elemen grafis dan integrasi pihak ketiga yang dapat memperlambat situs mereka. Untungnya, ada banyak cara berbeda untuk mengembangkan situs web pintar yang hanya mengunduh konten yang Anda lihat dan butuhkan. Pemuatan lambat dan gulir tak terbatas bukanlah teknologi baru. Jejaring sosial teratas telah menggunakan ini selama bertahun-tahun, terutama dalam hal gulir tanpa batas. Pendekatan ini juga populer dengan situs web panjang 1 halaman.

Semua situs web harus mempertimbangkan bagaimana menerapkan satu atau dua pendekatan teknologi dapat membantu mereka mengungguli persaingan yang ketat. Fitur-fitur ini dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna untuk semua pengunjung situs web, yang dapat meningkatkan rasio konversi dan peringkat Anda. Banyak pengunjung situs web tidak pernah mencapai bagian bawah halaman web, jadi mengapa memuat konten yang terlalu kompleks dan meningkatkan waktu pemuatan situs. Pendekatan yang lebih baik adalah memuat konten saat mereka mulai menggulir ke bawah halaman dan semakin dekat dengannya.

 

Baca Juga  :    Pengertian Website : Fungsi, Jenis, Tujuan dan Manfaat Website

 

Permainan Warna yang Harmonis

Mengingat sifat pasar kerja yang semakin digital akhir-akhir ini, kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di komputer. Karena itu, tidak jarang pengguna mengalami kelelahan mata setelah menatap layar dalam jangka waktu yang lama. Desainer web telah mempertimbangkan hal ini dengan skema warna yang difokuskan agar lebih enak dilihat. Hal ini menjelaskan popularitas tren mode gelap tahun lalu, yang menangkal warna putih yang mendominasi media berbasis layar.

Pada tahun 2021, perancang web akan berpikir di luar warna ekstrem yang terlalu gelap atau terang. Para desainer telah menemukan jalan tengah dalam palet warna lembut, seperti hijau sehat, biru pastel, cokelat hangat atau merah muda terang. Ini tidak hanya membuat warna situs web tidak terlalu mencolok dibandingkan hitam atau putih bersih, tapi juga secara alami menyebabkan ketenangan dan relaksasi. Tren ini secara keseluruhan adalah tanda harapan bahwa perancang web masa depan mungkin lebih mementingkan aksesibilitas dan kenyamanan daripada inovasi dramatis.

 

Neumorphism

Neumorphism telah mendapatkan daya tarik yang luar biasa selama setahun terakhir ini, dan pada tahun 2021 gaya ini menjanjikan untuk mengantarkan pengunjungnya ke era paradoks realisme minimalis. Gaya ini merupakan penerus skeuomofisme yakni pendekatan desain yang menggabungkan rendering bahan yang sudah dikenal dan usang ke dalam desain saat ini. Kejayaan gaya ini bisa dilihat dari ikon aplikasi di mana pun di awal tahun 2010-an. Tren ini sebagian besar digantikan oleh desain datar, yang menyederhanakan ikon dan warna dengan cara yang kurang realistis tetapi lebih seragam dan mudah dikenali.

Pada dasarnya neumorphism mewakili penggabungan kedua tren, dengan desain yang meniru fisik melalui bayangan selektif sambil dilapisi dengan warna semi-datar. Paling umum, efeknya menyerupai emboss atau deboss in digital. Ini memungkinkan desainer untuk mendapatkan kembali pengalaman sentuhan yang hilang di era desain datar, dan ini pada gilirannya meningkatkan hubungan pengguna dengan desain yang berinteraksi dengannya. Diperkirakan kita akan terus melihat realisme bergaya ini pada tombol, bilah pencarian, dan kotak teks di seluruh desain digital tahun 2021.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Blog dan Website Gratis dengan WordPress

 

Maraknya Penggunaan Chatbots

Trend Design Website Favorit dan Populer di Tahun 2021
 

Chatbots adalah fitur lain yang telah populer selama beberapa tahun dan akan terus relevan pada tahun 2021. Karena kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin terus menjadi lebih canggih, chatbots diharapkan dapat menjadi norma untuk permintaan layanan pelanggan sederhana dan asisten pribadi.

Misalnya, jika pelanggan mengunjungi situs web Anda, mencari dukungan telepon dan chatbot tahu bahwa mereka memiliki peningkatan telepon gratis yang tersedia. Chatbot dapat memberi tahu mereka tentang peningkatan. Hal ini dapat mengarahkan pengunjung pada pengalaman positif bagi pelanggan dan bisnis menghemat biaya dukungan pelanggan yang terkait dengan berbicara dengan orang secara langsung.

 

Aksesibilitas dan Ketersediaan

Inklusivitas dan aksesibilitas lebih dari sekedar tren, tetapi ada kebutuhan yang semakin besar akan desain web untuk memperhitungkan kebutuhan para penyandang disabilitas. Memiliki situs yang dapat dinavigasi dan berinteraksi dengan setiap pengunjung lebih dari sekadar bagian dari layanan pelanggan yang baik dan memberikan pengalaman yang luar biasa. Ini dapat meningkatkan konversi, meningkatkan SEO Anda, dan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih besar. Elemen yang meningkatkan aksesibilitas meliputi :

  • Menciptakan kontras warna yang kuat antara teks dan latar belakang
  • Menambahkan indikator fokus, seperti kerangka persegi panjang yang muncul di sekitar tautan saat menggunakan navigasi keyboard
  • Menggunakan label dan instruksi dengan bidang formulir daripada teks placeholder konteks rendah
  • Menggunakan tag alt fungsional untuk gambar yang juga dapat membantu meningkatkan SEO

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Blog dan Website Gratis dengan Blogspot

 

Konten Format Video

Video telah lama disebut-sebut sebagai yang harus dimiliki oleh situs web karena orang-orang menyukai video. Sedangkan video yang menarik bisa menjadi alat pemasaran online yang paling efektif. Meskipun video adalah ide bagus, namun tetap perlu adanya pertimbangan. Istilah umumnya saat ini adalah smart video yakni video yang diciptakan dengan tujuan dan makna. Anda tidak perlu lagi menyematkan video dari YouTube dan sebuah video berkualitas tinggi yang dipikirkan dengan matang lebih baik daripada selusin video yang dibuat secara sembarangan.

 

Visualisasi Data

Mengkomunikasikan data dengan cara yang menarik bukanlah hal yang mudah. Namun perjuangan itu sepadan, karena menggunakan visualisasi data memanfaatkan fakta bahwa manusia adalah makhluk visual, dan tetap menyampaikan pesan yang perlu Anda sampaikan. Visualisasi data membuat gambar dari data Anda yang melibatkan pembaca Anda dan membuat mereka ingin mempelajari lebih lanjut tentang merek Anda. Infografis dan grafik adalah beberapa cara paling populer untuk menghidupkan data.

 

Baca Juga  :     Cara Melindungi Website dari Serangan Hacker Tidak Bertanggung Jawab

 

Kesimpulan dan Penutup

Teknologi berubah dengan cepat, dan tren desain situs web juga demikian. Elemen desain dan fitur situs web yang dulunya modern dan inovatif mungkin menjadi terlalu melelahkan, berlebihan, dan klise dalam beberapa tahun terakhir. Hal terakhir yang Anda inginkan saat orang membuka situs Anda adalah kehilangan konversi karena situs web Anda terlihat usang atau mengabaikan standar web penting.

Karena trend yang selalu berubah, begitu juga selera pasar dan selera pengunjung setia Anda biasanya. Meski ada beberapa gaya yang masih bisa dipertahankan, tetapi jangan lupa, selalu ada alasan sebuah trend itu muncul berganti. Jadi selalu perhatikan situs web Anda dan ikuti perkembangan yang bisa disesuaikan dengan gaya serta kebutuhan Anda.

 

 

Related Post :