Trend Website WordPress Terbaik dan Favorit di Tahun 2021

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Trend dunia selalu berubah setiap tahun termasuk juga trend desain WordPress yang mengikuti perubahan tersebut untuk tetap dapat relevan. Selalunya Anda akan menemukan trend populer di situs- situs web saat ini. Pengembang dan perancang web ingin pengunjung menghabiskan lebih banyak waktu di situs web mereka sehingga mereka peduli dengan tampilan laman.

Disamping perlu membuat desain yang menarik dan menarik, tetapi jangan lupa konten juga bagian terpenting yang membuat pengunjung menjadi pembaca setia. Dalam hal pengembangan web, WordPress mendominasi sistem manajemen konten lainnya, yang telah memberikan banyak dukungan pada sekitar 35 persen dari satu juta situs web teratas. Selain WordPress ramah pengguna sehingga bahkan administrator situs pemula dan pemilik bisnis dapat membuat pembaruan dasar, seperti menambahkan entri blog atau menambahkan gambar dan video.

WordPress juga menawarkan perpustakaan plugin yang sangat besar kepada penggunanya. Penggunaan dan penerapan plugin membuatnya hampir 100% dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik setiap klien atau pengguna sambil juga menyediakan tata letak yang ramah seluler dan pengoptimalan mesin pencari yang mudah. Mari ketahui apa saja yang tengah trend di antara pengguna WordPress tahun 2021 ini.

 

Aplikasi atau Tool Terbaik untuk Mendesain WordPress

Trend Website WordPress Terbaik dan Favorit di Tahun 2021
 

 

Dalam merancang situs web yang berbeda dan menampilkan suatu ciri khas tersendiri, seorang desainer web selalu menggunakan alat pihak ketiga seperti PhotoShop atau Sketch. Tetapi desain yang bagus bukan hanya warna atau gambar yang bagus, melainkan Anda juga harus memperhatikan kontennya. Selain itu, seorang desainer harus merencanakan desain yang dapat diimplementasikan oleh pengembang disamping mereka juga perlu mengetahui trend, alat, dan semua opsi yang dapat digunakan.

Untuk mengakomodasi dan mengikuti trend yang terlalu berubah, semakin banyak situs web WordPress banyak dibangun dengan bantuan page builder atau dengan visual builder. Penyedia tema WordPress juga turut mempermudah pengembang situs web dengan memberikan dukungan pengoptimalan untuk merancang website. Dengan bantuan page dan visual builder Anda dapat membuat seluruh situs web dengan seret dan lepas tanpa keahlian pengkodean apa pun. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda pertimbangkan :

 

  • Divi

    Divi adalah salah satu tema terbaik dengan pembuat halaman bawaan, sehingga banyak pengguna WordPress memutuskan untuk membuat situs web mereka dengan Divi. Tema premium ini memiliki banyak pilihan desain, ekstensi, dan alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web unik Anda. disamping menyediakan dukungan dan fitur terbaru, tema ini adalah tema yang sangat mengikuti trend.

  • Smart Slider 3

    Smart Slider 3 adalah pembangun visual WordPress terbaik di mana Anda dapat membuat slider dan blok yang menarik. Plugin ini memiliki banyak pilihan desain yang dapat Anda gunakan yang akan membuat rancangan tata letak atau layout sesuai dengan keinginan Anda.

  • Elementor

    Hampir semua pengembang web sudah mengenal Elementor yang ramai digunakan dan populer di WordPress. Elementor sendiri mempunyai pengguna aktif lebih dari 5 juta yang telah menginstal dan menggunakan plugin serta ekstensi mereka. Selain dapat digunakan secara gratis, Elementor juga mempunyai versi berbayar yang tentunya mempunyai fitur dan dukungan lebih lagi.

 

Baca Juga  :   Mengetahui Plugin-Plugin Wajib yang Dipasang untuk Website WordPress

 

Trend Website WordPress Terbaik dan Favorit 2021

Trend Website WordPress Terbaik dan Favorit di Tahun 2021
 

Secara alami, masyarakat akan tetap mengalir mengikuti trend sehingga setiap tahunnya selalu ada penambahan baru. Begitu juga trend WordPress sehingga pengembang dan pemilik situs web dapat memberikan tampilan dan kelebihan situs web mereka baik kepada klien maupun pelanggan mereka. Beberapa hal yang tengah trend saat ini adalah :

 

  • WordPress untuk E-commerce

    Banyak situs web menawarkan item atau layanan untuk dijual di situs web mereka, baik itu bisnis besar yang menambahkan barang dagangan mereka maupun penjual skala kecil yang menjual produk/jasa mereka melalui blog. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang mengadakan jual beli dan transaksi online melalui website e-commerce, Anda dapat mengandalkan plugin WooCommerce yang merubah situs web WordPress apa pun menjadi situs e-commerce.
    WooCommerce sendiri bekerja dengan menggabungkan fitur pengoptimalan mesin telusur WordPress dan kemudahan penggunaan dengan gateway pembayaran, pemeliharaan inventaris, dll. Bahkan dengan adanya fitur pemasaran untuk membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih efektif dan meningkatkan layanan pelanggan. WooCommerce saat ini memberdayakan lebih dari 70 juta toko e-commerce dari berbagai bidang penjualan. Jadikan penggunaan WooCommerce untuk memberdayakan toko online Anda agar lebih mudah.

  • Pencarian Suara untuk Situs WordPress

    Bantuan asisten pencarian yang diaktifkan suara seperti Siri dan Alexa semakin populer dengan sangat cepat sehingga pada tahun 2020. Tidak heran jika diperkirakan setengah dari semua pencarian online akan dilakukan melalui pencarian suara. Dengan menambahkan plugin pencarian suara, bisnis dan organisasi dapat menawarkan fitur kenyamanan yang biasa digunakan pengguna.
    Mengingat penelusuran suara menjadi begitu umum, Anda sebaiknya mempertimbangkan bagaimana Anda dapat memanfaatkan fitur SEO WordPress untuk pengoptimalan penelusuran suara. Menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan cara orang berbicara versus cara mereka mengetik, akan menjawab faktor kepraktisan yang bisa Anda tawarkan bagi pengunjung anda. Juga dengan membuat konten yang secara khusus sesuai untuk pengoptimalan penelusuran suara akan meningkatkan hasil pencarian untuk situs web Anda.

  • Penggunaan Ilustrasi yang Unik

    Salah satu trend paling keren saat ini menggunakan ilustrasi pada header atau footer website Anda. Ilustrasi membuat situs web lebih pribadi dan dapat menceritakan sebuah cerita dengan gambar. Kuncinya adalah menemukan ilustrasi yang cocok dengan situs Anda karena ilustrasi sendiri dapat digunakan dengan banyak cara. Sebuah ilustrasi dapat menyampaikan perasaan, menunjukkan gerakan, tindakan, atau gaya. Bahkan situs web agen pemasaran (marketing agency) lebih condong menggunakan orang dengan grafik dan angka karena selain jelas juga dapat memberikan profesionalitas pada halaman website mereka.
     

    Baca Juga  :  Panduan Lengkap Instalasi Plugin AMP di WordPress

  • Desain yang Ramah Seluler

    Kecenderungan masyarakat global saat ini adalah berselancar di internet secara mobile dan melalui perangkat pintar merek seperti smartphone. Untuk dapat mengakomodasi keperluan ini, maka situs web dirancang untuk dapat mengikuti trend ini sedemikian rupa. Saat ini menjadi tren dasar dan dibutuhkan untuk membuat desain yang ramah seluler. Desainer harus fokus pada perangkat seluler dan pengembang harus mencapai desain yang responsif dengan cara merencanakan desain terpisah untuk seluler dan desktop.

  • Penggunaan Tipografi Kreatif

    Tipografi adalah salah satu alat desain terpenting selain penyampai isi dan bacaan konten. Dalam desain web, font yang dipilih dengan baik dapat memberikan tampilan berbeda pada situs Anda. disamping itu, beberapa trend juga menggabungkan teks dan animasi yang dapat membuat situs web Anda menjadi interaktif dan hidup.

  • Penggunaan Warna Cerah

    Pengaruh sebuah warna atau kombinasinya sangat berpengaruh pada sebuah situs web. Warna sangat penting, dapat menentukan keseluruhan halaman, dan berdampak besar pada emosi orang. Warna-warna cerah menarik perhatian dan memberikan perasaan yang baik yang mana tred ini juga diminati ramai oleh para desainer WordPress. Banyak tema premium berfokus pada warna sehingga sedikit banyaknya akan membantu dan memberikan Anda inspirasi.

 

Baca Juga  :   Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Bagus, Terjangkau, dan Murah

 

Kesimpulan dan Penutup

Sejatinya trend selalu membawa angin segar perubahan sehingga perlu adanya pengadopsian terhadap perkembangan terbaru itu. Selain mengikuti trend dari luar, WordPress sendiri juga mendukung para penggunanya dengan menyediakan bantuan, dukungan dan fitur- fitur trend terbaru. Berhubung WordPress telah meluncurkan platform editor Gutenberg, maka bantuan desain block yang fleksibel akan mempermudah pekerjaan pengembang web.

Meskipun mengikuti trend bisa menjadi keputusan yang baik jika Anda ingin membuat situs web modern, namun jangan lupa bahwa trend akan terus berubah. Faktor kualitas konten dan SEO tidak akan berubah karenanya ini harus tetap menjadi perhatian khusus. Mesin telusur dapat menemukan Anda jika Anda memiliki konten berkualitas, tetapi pengguna akan tetap berada di laman Anda jika situs web Anda menarik bagi mereka. Menggunakan animasi dan efek adalah salah satu trik untuk dapat menarik perhatian tetapi tetap jaga keselarasannya dengan kebutuhan dan jenis niche situs web Anda.
 

Related Post :