Tutorial Cara Membuat Tabel HTML di WordPress / Blogger

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

WordPress adalah sistem manajemen konten CMS gratis dan open-source yang ditulis dalam PHP dan dipasangkan dengan database MySQL atau MariaDB. Fitur ini termasuk di dalamnya arsitektur plugin dan sistem template yang disebut dalam istilah WordPress sebagai tema. WordPress sendiri awalnya dibuat sebagai sistem penerbitan blog tetapi telah berevolusi menjadi pendukung jenis konten web lainnya termasuk milis dan forum yang lebih tradisional seperti galer media, situs keanggotaan, sistem manajemen pembelajaran (LMS) dan juga toko online.

Menggunakan HTML untuk membuat website adalah hal biasa yang sering dilakukan, Anda harus mengetahui seperti apa HTML untuk paham dan mahir menggunakan bahasa pemrograman satu ini. Hal yang membedakan HTML dengan bahasa pemrograman yang lain adalah HTML tidak memiliki kemampuan untuk membangun fungsionalitas yang dinamis. Namun karena HTML bisa digunakan sebagai dasar dalam pembuatan website.

Selain digunakan untuk pembuatan dasar dalam website, Anda juga bisa menggunakan HTML untuk kepentingan pembuatan tabel dalam situs WordPress ataupun blogger Anda. Untuk membuat tabel dalam WordPress dan Blogger sebaiknya Anda memahami seluk beluk dari HTML dan pahami bagaimana cara membuatnya.

 

Pengertian dari HTML

HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee, seorang ahli fisika di lembaga penelitian CERN yang berlokasi di Swiss. Dia memiliki ide tentang sistem hypertext yang berbasis internet. Hypertext merujuk pada teks yang memuat referensi (link) ke teks lain yang bisa diakses langsung oleh viewer. Tim merilis versi pertama HTML pada tahun 1991, dan di dalamnya terdiri atas 18 HTML tag. Sejak saat itu, setiap kali bahasa HTML merilis versi teranyarnya, selalu ada tag dan atribut (tag modifier) terbaru. HTML adalah singkatan Hyper Text Markup Language, Hyper Text Markup Language dapat Anda kelompokan menjadi dua suku kata yaitu :

  • Hypertext berarti teks aktif maksudnya adalah sebuah teks yang memiliki kemampuan dapat terhubung antara teks suatu halaman dengan halaman yang lain.
  • Markup Language menjelaskan bahwa dokumen HTML ini disusun oleh tag- tag markup dan setiap tag pada HTML menjelaskan perintah isi dokumen yang berbeda- beda.

Secara singkatnya pengertian dari HTML adalah suatu bahasa yang memungkinkan penggunanya untuk membuat serta menyusun paragraph, link, heading, maupun tautan dan blockquote pada sebuah halaman aplikasi dan web. Fungsi dari HTML ini adalah untuk menampilkan informasi berupa teks, suara, video, gambar, dan lainnya. HTML sebenarnya mirip dengan bahasa yang sering Anda pergunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun dalam penulisan di HTML Anda Harus memerlukan kode atau “Tag HTML” sehingga membentuk struktur kode dan halaman HTML yang lengkap.

 

Baca Juga  :     Panduan Lengkap Belajar WordPress untuk Pemula

 

Fungsi dari HTML

Tutorial Cara Membuat Tabel HTML di WordPress / Blogger
 

HTML adalah teknologi dasar yang digunakan untuk membuat dasar dari sebuah halaman web dengan menghubungkan teks / link antar halaman, memberi struktur dan memberikan informasi yang terkait dengan sebuah halaman web. Lalu kenapa HTML pada Web bisa menampilkan animasi- animasi dan efek-efek yang bagus? Hal itu dikarenakan konten sebuah web selain teks dapat bermacam- macam seperti video, audio, gambar, dan agar tampilan web Anda semakin menarik biasanya di dalam sebuah web di tambahkan Javascript sebagai animasi, dan CSS (Cascading Style Sheet) sebagai pemberi make-up atau style. Selain itu fungsi atau hal yang dapat dilakukan oleh HTML adalah :

  1. Membuat struktur dari halaman website.
  2. Mengatur tampilan dan isi dari halaman web.
  3. Membuat tabel dengan tag HTML Table.
  4. Membuat Form HTML.
  5. Menambahkan objek-objek penting lainnya seperti: audio, video dan animasi.
  6. Membuat gambar dengan Canvas.
  7. Mempublikasikan halaman website secara online.

 

Komponen dan Tag dalam Tabel HTML

Sebelum mulai untuk membuat tabel, Anda sebaiknya lebih dulu mengenal komponen yang ada di dalamnya. Di dalam tabel terdapat sel, baris, kolom, dan border, keempatnya harus ada dalam sebuah tabel. Tidak adanya komponen tersebut, maka tidak bisa disebut sebuah tabel. Sedangkan untuk membuat sebuat tabel HTML, Anda harus menggunakan tag. Berikut beberapa tag yang biasa ada dalam sebuah tabel.

 

  1. <table>

    Berfungsi untuk menandai sebuah tabel.

  2. <thead>

    Fungsinya untuk menandai bagian head dari sebuah tabel.

  3. <tbody>

    Untuk menandai bagian body yang ada dalam tabel.

  4. <tr>

    Digunakan untuk menyisipkan baris pada tabel.

  5. <td>

    Gunanya untuk menyisipkan sel dalam sebuah baris.

  6. <th>

    Untuk mengisyaratkan sel header atau judul.

 

Sementara itu untuk HTML sendiri juga memiliki tag dasar yang harus diketahui, berikut beberapa di antaranya.

  • <!DOCTYPE> Tag untuk menentukan tipe dokumen.
  • <html> Tag untuk membuat sebuah dokumen HTML.
  • <title> Tag untuk membuat judul dari sebuah halaman.
  • <body> Tag untuk membuat tubuh dari sebuah halaman.
  • <h1> to <h6> Tag untuk membuat heading.
  • <p> Tag untuk membuat paragraf.
  • <br> Memasukan satu baris putus.
  • <hr> Tag untuk membuat perubahan dasar kata di dalam isi.
  • <!–…–> Tag untuk membuat komentar.

 

Baca Juga  :     Mengetahui Plugin-Plugin Wajib yang Dipasang untuk Website WordPress

 

Cara Membuat Tabel HTML

Tutorial Cara Membuat Tabel HTML di WordPress / Blogger
 

Untuk membuat tabel HTML sama dengan membuat tabel pada umumnya, Anda bisa membuat tabel pada WordPress maupun Blogger. Berikut langkah yang harus diikuti untuk membuat tabel HTML di WordPress.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan login terlebih dahulu pada akun WordPress Anda.
  • Kemudian pada dashboard WordPress Anda pilih Post dan klik Add New, jika WordPress Anda sudah di update ke versi terbaru Anda bisa memilih untuk klik ikon tambah (+) dan pilih Custom HTML.
  • Dari sana akan muncul dua menu, yaitu HTML dan Preview. Anda bisa memasukkan script pada menu HTML, dan melihat hasilnya pada menu Preview. Ada banyak script coding di internet yang bisa Anda contoh untuk membuat tabel HTML.
  • Setelah selesai semua script dituliskan, Anda tinggal mempublishnya dan mengecek sudah berhasil atau belum. Untuk membuat tabel yang bagus dan menarik, Anda hanya perlu menambahkan kode HTML untuk border, warna, text align dan sejenisnya.

 

Baca Juga  :      HTML : Pengertian, Tutorial, Fungsi, Tag Dasar, dan Cara Kerjanya

 

Kesimpulan dan Penutup

Anda bisa menggunakan tag yang ada untuk membuat tabel HTML dalam WordPress atau juga blogger, langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempelajari terlebih dahulu tag-tag yang ada dalam HTML. Mempelajari HTML menjadi sangat penting bagi Anda yang ingin menguasai pemrograman, sebab HTML merupakan bahasa pemrograman dasar dan paling banyak digunakan. Untuk mahir membuat website dan aplikasi dibutuhkan pemahaman terkait HTML sebagai dasar.

HTML sendiri merupakan bahasa pemrograman yang sudah dipakai secara luas, sehingga memiliki banyak sumber dan komunitas besar di luar sana. Anda akan mudah untuk mempelajari dan memahami segala hal terkait HTML, untuk membuat tabel HTML pada WordPress dan Blogger tidaklah sulit. Hampir sama dengan membuat tabel pada word, bedanya pembuatan di WordPress menggunakan kode HTML. Kunci dari membuat tabel dengan coding adalah teliti, sehingga kesalahan kecil tidak menjadikan error pada tabel yang dibuat.

Related Post :

popup image