Tutorial Cara Mengecilkan Ukuran Foto [Offline Dan Online]

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Sekarang ini banyak masyarakat yang selalu memotret , sehingga mereka juga membutuhkan cara bagaimana cara mengecilkan dan membesarkan foto tersebut. adanya foto yang sempurna menjadi salah satu hal yang bisa membuat orang yang melihatnya terkenang akan kenangan dalam foto itu.

Mengenai hal ini banyak masyarakat yang ingin fotonya terbaik baik dari segi ukurannya, warnanya dan lain sebagainya. Salah satu hal yang cukup banyak dicari adalah tentang cara mengecilkan ukuran foto baik secara online atau offline, yang bisa membantu membuat foto semakin sempurna.

Zaman sekarang ini siapa yang tidak punya smartphone, yang mana selain digunakan untuk berkomunikasi juga bisa digunakan untuk memotret serta bisa juga digunakan untuk mengirim file lewat media sosial. Disini saat anda memfoto menggunakan smartphone yang satu dengan lainnya mungkin berbeda ukurannya, sehingga kemungkinan bisa dikirimkan menuju smartphone lain ada kejadian file tidak bisa dibuka karena terlalu besar dan lain sebagainya.

Ukuran file yang terlalu besar bisa membuat kualitas foto semakin bagus, sehingga foto tidak mengeblur dan lain sebagainya. Disini andaikan anda menggunakan kamera yang profesional tentu akan bagus dan jernih. Namun terkadang punya kelemahan ketika foto yang ada di kamera profesional tersebut menghasilkan file poto dengan ukuran yang cukup besar.

Bahkan dalam satu foto dapat mencapai satu Mega byte. Masalahnya ini dalam satu foto, bagaimana jika anda berfoto bukan hanya satu kali saja?

 

Manfaat Mengecilkan Ukuran Foto

Ternyata mengecilkan ukuran foto ada manfaatnya juga, sebab dengan ukurannya yang sangat besat bisa membuat memory penyimpanan yang harus diperlukan cukup besar. Umumnya dalam setiap mengabadikan moment anda harus berfoto dengan angle yang berbeda-beda, gaya dan lainnya sehingga pasti penyimpanan yang anda butuhkan semakin besar juga.

bayangkan saja seberapa besar jumlah ukuran file yang harus terhabiskan dalam foto tersebut.
Dengan alasan inilah anda harus mengubah ukuran foto yang mana foto yang besar harus diubah dengan ukuran yang lebih kecil. Supaya bisa mengurangi sedikit penyimpanan dalam kamera, sehingga tidak kepenuhan.

 

Alasan Mengecilkan Ukuran Foto

 

Dalam mengecilkan ukuran foto ternyata bukan tanpa alasan, setelah mengenal manfaat mengecilkan foto di atas alasan lainnya yang cukup logis adalah:

  1. Mengecilkan ukuran foto bisa membuat memory tidak lagi menyerap banyak kapasitas yang dipunyainya.
  2. Untuk persyaratan khusus anda diharuskan untuk memakai file dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran sebelumnya.

 

Contohnya, ketika anda melamar pekerjaan, anda harus mengupload foto dalam persyaratan tersebut, jadi anda harus mengubah sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Umumnya dimedia sosial kadang kala foto yang ukurannya besar juga menjadi masalah tersendiri, filenya tidak dapat diunggah atau pengunggahan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Mengenai hal di atas, cara mengecilkan ukuran foto pasti mempengaruhi juga kualitas dan ukuran dilenya, semakin besar resolusi yang dimiliki foto tersebut amaka semakin besar pula ukuran yang dipunyai. Begitu juga sebaliknya umumnya kualitas foto yang biasa-biasa saja mempunyai ukuran filenya yang cukup besar.

Kadang kala orang tidak perduli dengan kualitas dari gambar yang dihasilkan setelah file yang sebelumnya telah diperkecil, padahal disini sangat mempengaruhi kualitas juga kejernihan yang ada di gambar tersebut. mengecilkan ukuran foto dapat dilakukan dengan baik denagn tidak mempengaruhi kualitas hasil foto itu.

Baca Juga : Tips Memilih Web Hosting Terbaik di Tahun 2020

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online Dan Offline

Ternyata anda bisa mengecilkan ukuran foto dengan cara offline dan online, dengan menggunakan aplikasi yang banyak disediakan di internet. Bahkan anda bisa memilih sendiri mana aplikasi yang sangat cocok dan memuaskan bagi anda dalam mengecilkan ukuran foto tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

 

1. Mengecilkan ukuran foto dengan TinyPNG (ONLINE)

Cara ini bisa dilakukan secara online, penggunaan tools ini begitu mudah juga lebih efisien, sebab tidak harus memasang apapun dalam mendownload software dahulu. Caranya hanya perlu mengunjungi alamat websitenya, kemudian seluruh proses pada kompres gambar dapat dilakukan. Langkah yang bisa dilakukan dengan tools secara online ini adalah:

 

1. Kunjungi tinypng.com. bisa diakses lewat PC bahkan smartphone.

2. Perhatikan symbol di tanda panah menuju bawah yang tulisannya “Drop your .png or .jpg files here!” dan disinilah.

 

 

3. Anda bisa mengunggah foto anda yang ingin dikecilkan ukurannya.

 

 

4. Proses kompres foto tergantung dari ukuran foto yang anda upload, apakah besar atau kecil dan semakin besar maka akan semakin lama.

 

 

6. Jika sudah selesai akan muncul “finished”

 

 

7. Anda bisa mendownload foto yang telah selesai di kompres tersebut.

 

 

menggunakan platform ini anda dapt melakukan kompres foto dengan jumlah mencapai 20 foto dalam waktu sekali kompres. Hal ini tentu banyak kapasitas gambar yang mampu diperkecil oleh aplikasi ini, sehingga adanya tools ini sangat membantu anda mempercantik tampilan ukuran di foto anda.

Baca Juga : Tips & Trik Membangun Membangun Website Restoran Yang Baik & Benar

 

Mengecilkan ukuran foto dengan Kraken Image (ONLINE)

Tools ketiga yang bisa digunakan ini bisa diakses secara online, andaikan di bandingkan dengan TinyPNG ternyata tools satu ini tidak terlalu terkenal namun adanya platform yang dapat membuat banyak foto bisa mengkompres meskipun tanpa berkurangnya kualitas dari foto tersebut. Langkah yang bisa dilakukan dengan tools ini adalah:

 

  1. Anda masuk terlebih dahulu ke Kraken.io
  2. Akan muncul di halaman awal “try free Interface” kemudian pada tampilan selanjutnya muncul banyak kolom yang wajib di isi.
     
  3. Upload file foto yang ingin anda kompres di gambar tanda panah ke bawah, lalu klik tanda panah itu.
    Anda tinggal menunggu proses pengompresan selesai dan anda bisa mendownload foto tersebut dengan klik “download”.

 

2. Mengecilkan ukuran foto dengan Caesium (OFFLINE)

 

Platform yang satu ini bisa digunakan secara offline, sehingga jika anda kesulitan sinyal internet menggunakan aplikasi ini lebih membantu. Langkah yang bisa dilakukan adalah:

 

  1. Anda harus  Download   software ini terlebih dahulu dan anda harus menjalankannya hanya bisa di PC.
  2. Anda bisa melakukan kompres foto dengan menambah foto di kolom “add”.
  3. Anda dapat mengatur ukuran rasio kulitas foto itu. Kemudian anda bisa memilih penyimpanan foto yang akan anda download tersebut.
  4. Membuka hasil kompres bisa dilakukan dengan melakukan klik “open destination folder”. Kemudian foto yang anda kompres sebelumnya akan ditemukan kemudian akan terbuka di computer dengan tidak menggunakan sinyal sama sekali.

 

Kesimpulan dan Penutup

Beberapa tools di atas bisa membantu anda dalam mengecilkan ukuran foto, sehingga foto yang anda inginkan bisa sesuai ukurannya. Namun dalam pemilihan tools pengompresan foto tidak boleh dilakukan sembarangan, sebab anda tidak tahu kapan tools foto tersebut mengalami hasil yang tidak maksimal, misalkan jika tools yang anda gunakan mengalami kendala atau error.

Mengapa sangat dibutuhkan cara untuk mengecilkan ukuran foto? Hal ini karena biasanya selain memakan memory laptop atau smartphone anda, Ukuran foto yang besar akan membuat anda susah untuk mengirimkan maupun mengupload foto tersebut.

Apabila anda ingin melamar pekerjaan, sangat disarankan untuk anda melakukan compress atau mengecilkan ukuran foto anda. Mengapa demikian? Karena biasanya HRD sebuah perusahaan akan memiliki kapasitas tertentu untuk menerima sebuah email.

Biasanya hanya 2GB saja maksimal ukuran keseluruhan file yang anda kirimkan. Begitu pula jika anda ingin melamar pekerjaan secara online. Semoga artikel ini bisa membantu anda menemukan tools yang baik dalam mengecilkan ukuran foto anda. Selamat mencoba.

Related Post :

popup image