Tutorial Menggunakan Email Forward Melalui cPanel

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Ketika anda memiliki sebuah email perusahaan yang sesuai dengan nama domain dari website yang anda miliki, sudah sewajarnya segala aktifitas yang berkaitan dengan bisnis anda tersebut dikirim menuju akun email perusahaan anda. Bahkan ada kemungkinan bahwa anda memiliki lebih dari 1 email, bisa jadi email pribadi anda, email perusahaan 1, email perusahaan 2, dan lain sebagainya.

Seperti yang telah dibahas pada tutorial sebelumnya, bahwa sangat memugkinkan untuk memiliki email sesuai dengan nama perusahaan yang anda miliki menggunakan cPanel Hosting. Hal tersebut tentu saja akan lebih memudahkan customer anda dalam menghubungi anda terkait dengan layanan dari perusahaan yang anda miliki. Namun, pernahkan anda berfikir hal seperti itu kurang efisien? Bayangkan jika anda memiliki beberapa akun email, dan anda harus sering-sering melakukan pengecekan terhadap beberapa akun tersebut, dikarenakan email tersebut adalah email perusahaan. Tentu saja hal tersebut dinilai kurang efisien untuk anda kerjakan.

Baca Juga : Tutorial membuat email terlihat profesional sesuai dengan domain web

Email forwarding/email forwarders berfungsi untuk meneruskan email yang masuk ke email yang berada dibawah nama domain anda menuju email lain yang ingin anda tuju. Hal ini akan lebih efisien daripada harus login ke beberapa email sekaligus. Dengan fitur semacam anda hanya perlu menggunakan sebuah email primary sebagai acuan dari email-email anda yang lain. Sebagai contoh, anda memiliki email dengan [email protected] dan ingin mengalihkan setiap email yang masuk ke email tersbut menuju [email protected], hal ini sangatlah mungkin dilakukan dengan bantuan cPanel. Dengan begitu, anda tidak perlu repot-repot secara intensif membuka email [email protected], melainkan anda dapat focus ke email utama anda karena email apapun nantinya akan di alihkan ke email anda.

Baiklah langsung saja, pada arikel kali ini kami akan menjelaskan cara untuk menggunakan fasilitas email forwarders yang ada di cPanel. Asumsi anda telah memilki paket hosting domain dari IDCloudhost dan juga telah membuat akun email menggunakan nama domain anda.

Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Silahkan login ke client area -> pilih menu Services, pilih paket domain yang ingin anda tambahkan fungsi email forwarders. Pilih Forwarders di QuickShorcut, atau anda bisa memilih Forwarders di cPanel anda.
    Tutorial Email Forwarders Email Forwarding melalui cPanel 1
  2. Ada 2 pilihan disini, yang pertama adalah Add Forwarder yang kedua adalah Add Domain Forwarder. Berikut ini adalah penjelasannya:

    Add Forwarder : Menambahkan forwarder untuk sebuah akun email tertentu dari domain yang anda miliki.
    Add Domain Forwarder : Menambahkan forwarder yang berlaku untuk keseluruhan email akun yang ada pada domain tertentu, contoh anda ingin mendapatkan semua email yang masuk ke alamat email dibawah domain anda agar dapat melakukan pemantauan, dengan demikian lebih tepat jika anda memilih pilihan yang ini.

    Tutorial Email Forwarders Email Forwarding melalui cPanel 2

  3. Selanjutnya isikan alamat email yang digunakan sebagai acuan dan juga tujuan untuk mengirim pesan dari email anda yang berada dibawah domain tersebut. Anda juga dapat memilih untuk menghapus dank rim sebuah pesan balasan ke pengirim yang mengirim ke alamat email domain tersebut. Kemudian akhiri dengan klik Add Forwarder.
    Tutorial Email Forwarders Email Forwarding melalui cPanel 3

Sekian tutorial email forwarder dari kami, Dengan demikian anda akan mendapatkan duplikat email dari email yang berada dibawah domain anda yang dialihkan ke alamat email pribadi. Nantikan berbagai macam tutorial bermanfaat lainnya dari kami, terima kasih.

Related Post :