Ujian Nasional (UN) 2020 SD, SMP, SMA Ditiadakan – Kelulusan Dengan Sistem Baru

News & Release, Serba Serbi / 1 | | 0

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dan Komisi X DPR RI menggelar rapat bersama melalui video conference pada Senin (23/3/2020) malam. Rapat tersebut membahas bagaimana perkembangan dari dunia pendidikan ditangah ancaman Pandemi Virus Corona (Virus Covid 19) yang terjadi di Indonesia.

Sejak artikel ini dibuat, ada lebih dari 579 pasien yang sudah terkonfirmasi positif terkena Virus Corona (Virus Covid 19) di Indonesia, dan hal ini masih terus berlangsung mengingat banyaknya jumlah pasien yang bertambah dalam kasus Virus Corona (Virus Covid 19).

Baca Juga : Cara Mengubah Kuota Internet Ruangguru dan Ilmupedia menjadi Kuota Flash Internet Telkomsel

Nadiem Makarim - Kemendikbud RI
 

Rapat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dan Komisi X DPR RI ini salah satunya adalah membahas mengenai Ujian Nasional (UN) pada tahun ini, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Ujian Nasional tingkat SMA/MA yang rencana akan dilaksankan pekan depan tanggal 30 Maret-2 April 2020, sedangkan SMP/Mts mulai tanggal 20 April-23 April namun saat ini seperti yang kita ketahui bahwa Virus Corona (Virus Covid 19) masih meluas di Indonesia dan ada baiknya untuk menghindari bahaya yang lebih besar oleh karena itu dari Komisi X DPR RI mendesak pemerintah RI untuk menghapus Ujian Nasional (UN) SMA/MA dan SMP/MTs di Indonesia.

“Dari hasil rapat konsultasi DPR dan Kemendikbud, disepakati jika pelaksanaan UN SMP dan SMA ditiadakan, untuk melindungi siswa dari COVID-19,” ujar Syaiful Huda dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca Juga : Pemanfaatan Teknologi Informasi di Dunia Pendidikan Indonesia

Nah dengan ditiadakannya Ujian Nasional (UN) ini maka, untuk syarat dari kelulusan di tingkat SMA dan SMP maka kelulusan siswa akan ditentukan melalui nilai kumulatif mereka selama tiga tahun belajar. Pun juga untuk siswa SD, kelulusan akan ditentukan dari nilai kumulatif selama enam tahun mereka belajar.

Tentunya hal ini menjadi perhatian kita bersama agar bencana dari Virus Corona (Virus Covid 19) ini bisa segera berakhir di Indonesia. Kira kira gimana menurutmu dengan ditiadakannnya Ujian Nasional (UN) di Indonesia tahun 2020 ini ? Yuk Komentar di bawah!

 

UPDATE : Presiden Jokowi Sepakat Meniadakan Ujian Nasional

Update pertanggal 24 Maret 2020 siang ini, Presiden RI, Joko widodo (Jokowi) sepakat untuk meniadakan Ujian nasional 2020 yang terjadi karena pandemi Virus Corona (Virus Covid 19). Pernyataan ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas ihwal kepastian pelaksanaan ujian nasional tahun 2020 di tengah terjadinya wabah virus corona (Virus Covid 19).

“Siang hari ini akan dibahas kebijakan UN untuk tahun 2020. Kita tahu Covid-19 sangat mengganggu proses pendidikan di Tanah Air dan kita juga telah melakukan belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Jokowi saat membuka rapat.

Related Post :

popup image