Ukuran Gambar Iklan Google Ads yang Umum Digunakan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Selain memajang iklan konvensional melalui televisi, koran, papan billboard, majalah dan media cetak lainnya, iklan juga dibuat secara online. Seperti Google Ads yang membantu banyak pengiklan yang menggunakan jaringan display Google. Iklan sendiri digunakan untuk memberi brand awareness, image branding, mempromosikan produk, jasa dan lain- lain.

Tentunya mereka yang menghabiskan uang untuk iklan berbayar ingin memastikan mereka mendapatkan keuntungan terbaik pula. Sedangkan untuk mendapatkan hasil dan target iklan yang tepat, maka pembuat iklan harus mengetahui seluk beluk periklanan secara online. Ini termasuk desain iklan hingga ukuran iklan yang sesuai dengan keperluan mereka.

Maka dengan lebih dari 10 ukuran dan dimensi iklan yang berbeda, mengetahui iklan ukuran mana yang akan dijalankan di kampanye bergambar Anda dapat membingungkan. Haruskah Anda tetap menggunakan papan peringkat dan persegi panjang besar atau mencoba ukuran iklan medium saja? Untuk membantu Anda memahami berbagai ukuran iklan Google dan dimensinya, berikut ini apa saja yang perlu Anda perhatikan jika ingin memasang iklan online.

 

Mengenal Apa Itu Ukuran Gambar Google Ads

Ukuran Gambar Iklan Google Ads yang Umum Digunakan
 

Ukuran iklan Google yang juga dikenal sebagai ukuran iklan spanduk Google, adalah berbagai jenis ukuran spanduk yang tersedia untuk jaringan Google yang dikenal sebagai Google AdSense. Sama seperti jaringan PPC lainnya, Google juga mengizinkan penerbit untuk menampilkan berbagai ukuran unit iklan yang berbeda di situs web mereka. Tetapi tidak seperti platform seperti iklan Facebook yang memiliki beberapa ukuran penempatan iklan tertentu, Google memiliki lebih banyak pilihan variasi ukuran.

Karena setiap situs web tidak dirancang sama, tidak setiap situs web dapat menggunakan format iklan yang sama, oleh karena itu Google menawarkan berbagai ukuran yang berbeda. Hal ini tidak hanya mempermudah situs web untuk memasukkan iklan ke dalam situs web mereka, tetapi juga memberi pengiklan pilihan berbagai ukuran iklan untuk digunakan. Ukuran iklan- iklan yang berbeda ini seringkali memiliki rasio klik-tayang yang berbeda dan karenanya juga memiliki harga yang berbeda pula. Jika pengiklan menginginkan lalu lintas terhadap iklan tetapi tidak ingin menghabiskan banyak uang, mereka dapat memilih ukuran iklan yang lebih kecil yang tidak memerlukan banyak biaya.

Perbandingan ini dengan ukuran iklan yang lebih besar yang kemungkinan besar juga akan mendapatkan rasio klik-tayang lebih tinggi dengan biayanya lebih mahal. Dengan adanya digitalisasi dalam beberapa dekade terakhir, maka bermunculan juga jenis iklan khusus yang berfokus pada periklanan yang bisa diakses dari perangkat seluler. Dibandingkan dengan iklan bergambar di desktop, iklan seluler ini dirancang agar terlihat bagus di seluler tanpa merusak pengalaman pengguna. Ini biasanya berarti ukuran gambar pada iklan seluler relatif lebih kecil dibandingkan dengan iklan bergambar besar di desktop.

 

Baca Juga :     Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Dengan Mudah dan Cepat

 

Keuntungan dan Kelebihan Menggunakan Iklan Google Ads

Sama seperti iklan kebanyakan tidak peduli apapun medianya, tentu ada kelebihan atau keuntungan lebih jika Anda menggunakan iklan dari Google Ads. Berhasil mengalahkan jenis iklan konvensional lainnya, Google Ads lebih maju dan mengikuti perkembangan zaman dengan lebih tepat. Berikut beberapa keuntungan jika Anda beriklan menggunakan Google Ads :

 

  • Cepat, praktis dan efisien

    Pengiklan akan mendapatkan hasil yang cepat dengan GDN (Google Display Network) yang membuat iklan Anda dapat naik dalam satu hari jika memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Google. Semakin cepat audiens melihat iklan Anda, semakin cepat Anda bisa mendapatkan pelanggan baru.

  • Mendapatkan eksposur gratis

    Google Display Network hanya menagih Anda jika pengunjung situs web mengklik iklan Anda dan diarahkan ke situs web Anda. Jika pengunjung melihat iklan Anda tetapi tidak mengkliknya, maka Anda tidak perlu membayar apa pun. Iklan Anda juga ditampilkan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, sehingga menjangkau pelanggan terlepas dari tanggal atau waktu.

  • Iklan untuk brand Anda

    Kemudian GDN menampilkan iklan gambar atau video Anda bersama dengan logo perusahaan Anda kepada pemirsa. Ini bagus untuk branding karena iklan Anda akan menanamkan daya ingat akan brand Anda kepada siapa saja yang melihatnya.

  • Hemat biaya

    Anda dapat menetapkan biaya per klik maksimum, yang memungkinkan Anda mengelola anggaran pemasaran digital dengan lebih baik dan memastikan Anda tidak melebihi pengeluaran maksimum untuk setiap hari. Biaya iklan bergantung pada daya saing kata kunci yang Anda coba pasang dan mengikuti ranking.

  • Penargetan yang sesuai

    Dengan menggunakan data pengguna Google, Anda dapat menargetkan iklan Anda ke audiens yang sangat terpilih dan relevan, membuat biaya pemasaran Anda semakin meluas. AdWords juga menawarkan berbagai cara untuk menargetkan iklan Anda, termasuk demografi, afinitas, minat dalam pasar, kostumisasi, audience serupa, dan pemasaran ulang.

 

Baca Juga   :    Google Workspace : Pengertian, Fungsi, Aplikasinya, dan Keunggulannya

 

Ukuran Gambar Iklan Google Ads yang Umum Digunakan

Ukuran Gambar Iklan Google Ads yang Umum Digunakan
 

Saat menggunakan jaringan iklan bergambar untuk mengiklankan bisnis Anda, salah satunya yang umum adalah ukuran iklan Google. Tetapi ada juga situs dan tema situs web yang juga menampilkan iklan dengan ukuran yang kurang lebih sama dengan Google Afs. Berikut beberapa ukuran iklan ini hampir menjadi standar ukuran iklan online dan lebih dari 90% situs web juga menggunakan ukuran yang sama :

 

  • Ukuran medium rectangle (300 x 250)

    Iklan gambar ukuran sedang ini cenderung memiliki persediaan iklan yang besar di Google Display Network. Ketika iklan teks dan gambar diaktifkan, ukuran medium rectangle akan meningkatkan ukuran inventaris iklan lebih banyak lagi. Ukuran iklan ini berkinerja terbaik saat disematkan dalam konten teks atau di akhir artikel.

  • Ukuran skyscraper besar (300 x 600)

    Salah satu ukuran iklan yang tumbuh paling cepat, adalah ukuran skyscraper besar yang sempurna sempurna untuk menarik perhatian pengunjung saat ditempatkan di samping artikel dan konten. Dimensinya yang besar membuatnya sulit untuk tidak diperhatikan dan sangat meningkatkan kemungkinan pengguna mengkliknya. Lebih disukai oleh pengiklan merek, ukuran iklan ini menawarkan pembayaran yang lebih tinggi untuk penerbit dan konversi yang lebih tinggi untuk pengiklan.

  • Ukuran papan leaderboard (728 x 90)

    Jenis ukuran papan leaderboard adalah salah satu ukuran iklan Google yang paling umum dan berkonversi dengan sangat baik bila ditempatkan di atas konten utama. Lebar horizontal yang panjang membantu meningkatkan dampak iklan pada pengguna dan membuat mereka lebih cenderung untuk mengkliknya. Karena diameternya, ukuran ini paling baik digunakan untuk menampilkan logo, nama merek, dan teks.

  • Ukuran big rectangle  (336 x 280)

    Ukuran rectangle besar juga memiliki persediaan iklan yang melimpah di jaringan online. Dengan ukurannya yang sedikit lebih besar daripada ukuran rectangle medium, ukuran ini ini menarik perhatian pengguna lebih mudah yang secara signifikan meningkatkan kemungkinan untuk di klik. Agar lebih maksimal, ukuran rectangle besar berkinerja terbaik saat ditempatkan di dalam artikel atau di akhir.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Google Forms

 

Kesimpulan dan Penutup

Layaknya iklan lain, ada banyak opsi untuk menampilkan iklan, jadi selain mempertimbangkan ukuran iklan, penting juga untuk bereksperimen dengan dan menguji berbagai template, warna, dan konten untuk mendapatkan hasil terbaik. Pastikan untuk mengoptimalkan gambar dan logo merek Anda sehingga memberikan kesan pertama yang baik bagi pengunjung Anda nantinya.

Jangan lupa untuk menggunakan judul dan teks yang jelas dan menarik karena Anda ingin iklan Anda menunjukkan kepada pengguna mengapa mereka harus tertarik dan mengklik ikan tersebut. Apabila Anda ingin memula iklan perdana Anda ,ada baiknya untuk tetap menggunakan beberapa ukuran umum di atas yang akan memberi Anda beberapa variasi tetapi juga memberikan akses dari semua tayangan iklan Anda nantinya.

Related Post :