Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak penayangan dan rasa ketertarikan penonton terhadap video YouTube Anda, ada satu taktik yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkannya yakni dengan menggunakan thumbnail. Sejatinya thumbnail sama pentingnya dengan judul video jika Anda benar-benar ingin mendapatkan perhatian audien.

Gambar thumbnail sendiri adalah hal yang dapat menarik perhatian pengguna dan membantu Anda menonjol dalam hasil penelusuran yang panjang di YouTube. Karena thumbnail gambar ini juga muncul di mesin telusur Google, maka otomatis thumbnail tersebut sangat penting untuk memaksimalkan tayangan Anda.

Dipadukan dengan judul yang menari, gambar thumbnail juga berperan mendukung judul yang sudah ada tadi. Disini audiens bisa menebak dan membayangkan apa yang sekiranya mereka dapatkan dari melihat gambar thumbnail video Anda. Maka dari itu, ketahui apa saja mengenai gambar thumbnail, ukuran dan cara tepat pengaplikasiannya.

 

Mengenal Apa Itu Gambar Thumbnail YouTube

Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya
 

Thumbnail adalah versi ukuran gambar atau video yang diperkecil yang awalnya dinamai seukuran gambar mini manusia. Gambar thumbnail YouTube berfungsi sebagai sampul buku dunia video online yang akan mempengaruhi tindakan audien untuk mengklik atau tidaknya suatu video. Penggunaan thumbnail menarik dapat menarik minat audiens, sementara thumbnail yang membosankan atau buram dapat dengan mudah membuat audien lari dari konten tersebut.

Dengan memiliki thumbnail video yang lebih baik daripada video lain, Anda lebih cenderung mengundang klik video di YouTube dan mesin telusur lainnya. Itulah mengapa membuat thumbnail YouTube khusus yang bagus sangat penting. Umumnya ukuran thumbnail yang ideal adalah 1280 × 720 piksel dengan lebar minimum 640 piksel, dan rasio ideal untuk pemutar dan pratinjau YouTube adalah 16: 9. Bersama dengan ukuran yang benar, Anda juga perlu mempertimbangkan rasio, ukuran file, dan jenis file thumbnail Anda. Berikut penjelasan lebih lanjut serta tips dan trik penerapannya.

 

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah dan Cepat

 

Ukuran Thumbnail Video YouTube

Perlu Anda ketahui bahwa gambar mini YouTube berbeda dari gambar spanduk channel Anda. Dibawah ini adalah ukuran, rasio dan format thumbnail yang bisa Anda pilih dan terapkan pada konten YouTube Anda nanti.

 

  • Ukuran thumbnail YouTube

    Ada beberapa fleksibilitas dalam ukuran gambar yang dapat Anda gunakan untuk thumbnail YouTube Anda, tetapi ada juga target yang ideal untuk mendapatkan hasil terbaik yakni dengan lebar 1280 piksel kali 720 piksel. Faktanya, ukuran thumbnail yang lebih besar itu menjaga fleksibilitas saat video disematkan di situs web eksternal serta meningkatkan kemungkinan video itu akan tetap tajam dan jernih pada layar dengan kepadatan tinggi seperti layar retina.
    Jika Anda melihat gambar dengan resolusi yang lebih rendah, gambar tersebut dapat menjadi piksel dan buram di beberapa tampilan. Pilihan 1280 x 720 piksel bukan hanya ukuran acak dan ini adalah dimensi video 720p, yang dianggap sebagai video HD dan sering kali merupakan resolusi pemutaran default.

  • Ukuran thumbnail minimum dan maximum YouTube

    Secara resmi YouTube mengatakan bahwa lebar minimum adalah 640 piksel. Dalam praktiknya, ini tidaklah sulit karena Anda sebenarnya dapat mengupload gambar yang lebih kecil dari itu, dan tetap akan diterima dan digunakan. Namun ukuran rendah tidak disarankan mengingat kualitas gambar akan menjadi buram dan menghilangkan minat menonton. Sedangkan ukuran maximum yang dapat Anda upload untuk digunakan sebagai gambar thumbnail di YouTube adalah 2MB. Jika Anda mengupload file yang lebih besar dari itu, Anda akan mendapatkan peringatan bahwa ‘File lebih besar dari 2MB’, dan itu akan ditolak oleh pihak YouTube.

  • Rasio aspek thumbnail YouTube

    Rasio aspek terbaik yang dapat digunakan untuk thumbnail kustom Anda adalah 16: 9. Anda dapat mengupload rasio aspek yang lebih tinggi dari itu yang akan tetap diterima YouTube tetapi akan ada penambahan bilah hitam di kedua sisi. Artinya, ini akan memasukkan seluruh gambar ke dalam kotak dan mengisi kelebihannya. Demikian pula, Anda dapat menambahkan gambar yang lebih sempit seperti panorama, dan secara otomatis akan menambahkan bilah hitam di bagian atas dan bawah ke pad dengan rasio aspek 16: 9.
    Aspek 16: 9 telah menjadi standar tetap untuk video HD, terutama video yang dirancang untuk penggunaan online yang mengacu pada rasio antara lebar dan tinggi gambar. Jika Anda menargetkan dimensi ideal 1280 x 720 piksel, itu sudah merupakan rasio aspek 16: 9. Lalu jika Anda mengambil bingkai dari video Anda, kemungkinan besar video tersebut telah direkam dalam 16: 9.

  • Format file yang kompatibel

    Anda bisa menggunakan format file gambar JPG (atau JPEG), PNG, GIF (non-animasi), dan BMP untuk thumbnail. Ada format gambar lain yang lebih baru yang beberapa smartphone seperti iPhone yang sekarang digunakan secara default yakni format HEIC untuk High-Efficiency Image Format.. Fungsi upload YouTube tidak memungkinkan Anda memilih file HEIC, jadi Anda harus mengkonversinya ke JPG terlebih dahulu. Anda juga tidak dapat menggunakan gambar RAW seperti image dengan ekstensi file .dng, .nef, .crw, .arw, atau .gpr. Jenis format ini harus diproses terlebih dahulu dan diunggah sebagai JPG.

 

Baca Juga  :    Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

 

Tips dan Trik Menggunakan Thumbnail YouTube

Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya
 

Dikarenakan fungsi utama dari sebuah thumbnail adalah sebagai cover atau sampul konten Anda, maka sebaiknya Anda memberi perhatian lebih pada penggunaan thumbnail ini. Sama seperti judul, jika thumbnail Anda tidak seru, maka tidak ada yang akan mampir menontonnya.

  • Buat sesederhana mungkin

    Seringnya YouTube ditonton melalui smartphone yang jauh lebih kecil dari desktop yang membuat tampilan layar menjadi kecil dan terbatas. Itulah mengapa Anda harus mencoba untuk tidak menambahkan terlalu banyak teks atau terlalu sedikit teks yang berakhir tidak dapat dibaca. Untuk memastikan Anda membuat thumbnail Anda tetap sederhana, hindari menambahkan seluruh judul video Anda ke gambar. Judul video Anda akan muncul tepat di samping thumbnail Anda. Cobalah untuk mempersingkat judul Anda menjadi hanya beberapa kata pendek, atau jika memungkinkan, Anda dapat menggunakan hanya gambar foto dengan logo.

  • Gunakan warna-warna kontras

    Banyak yang sering menggunakan perpaduan warna yang buruk seperti eks putih dengan latar belakang terang atau teks hitam dengan latar belakang gelap. Jelas ini tidak akan menarik audiens, karena selain sudah berukuran kecil, ada banyak jutaan thumbnail yang menarik dan kreatif di dunia YouTube. Jelas tidak ada yang akan memperhatikan thumbnail Anda jika Anda menggunakan perpaduan warna seperti ini.

  • Hindari gambar yang tidak relevan atau menyesatkan

    Tidak ada yang suka clickbait, itulah mengapa penting untuk memastikan bahwa thumbnail YouTube Anda secara akurat menggambarkan apa yang akan ditemukan penonton dalam video Anda. Jika tidak, reputasi atau merek Anda bisa rusak. Lebih buruk lagi, YouTube berpotensi berhenti menampilkan video Anda di hasil pencarian jika rasio bounce rate Anda terlalu tinggi. Tujuan thumbnail adalah memberikan konteks, jadi menggunakan gambar yang tidak menggambarkan apa yang sebenarnya akan dilihat penonton tidak akan menguntungkan Anda. Sebaiknya temukan poin terpenting dari video Anda dan tonjolkan dengan membuat thumbnail di sekitarnya.

 

Baca Juga   :    Cara Memperoleh View di YouTube dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

YouTube pada dasarnya adalah platform visual yang dipenuhi video. Karena itulah, thumbnail sangat berpengaruh dan harus ditonjolkan secara mencolok. Thumbnail sendiri berfungsi sebagai pratinjau visual, seperti sampul buku, dan dapat membuat perbedaan antara seseorang yang mengklik video Anda atau orang lain.

Dengan banyaknya jumlah video yang muncul di hasil penelusuran dan daftar yang direkomendasikan, memiliki gambar thumbnail yang jelas dan menarik adalah salah satu cara agar video Anda menonjol dan menarik lebih banyak pemirsa. Maka jika thumbnail Anda di desain dengan asal- asalan, tidak Anda yang akan tertarik melihat konten video Anda terlebih lagi jika isinya tidak relevan dengan judul, tampilan thumbnail maupun isinya.

 

Related Post :