Update Beasiswa Indonesia di Tahun 2021 yang Bisa Kamu Ikuti

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Tahun ajaran 2021 baru saja dimulai, di beberapa jenjang pendidikan sudah membuka program beasiswa untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama hingga Perguruan Tinggi. Kabar baik ini membawa angin segar bagi para pejuang beasiswa, apalagi jika beasiswa ini terbuka bukan hanya untuk peserta yang memiliki banyak prestasi namun juga diperuntukan kepada siswa maupun mahasiswa yang berstatus kurang dalam ekonominya. Beasiswa adalah dukungan finansial yang diberikan kepada seorang siswa atau mahasiswa, berdasarkan prestasi akademik dan kriteria lain yang mungkin mencakup kebutuhan finansial, untuk tujuan pendidikannya.

Dua jenis beasiswa yang paling umum biasanya beasiswa berdasarkan prestasi dan berdasarkan kebutuhan finansial, masing-masing jenis memiliki syarat yang hampir mirip hanya saja beasiswa yang berdasarkan kebutuhan finansial biasanya membutuhkan surat keterangan tidak mampu atau sejenisnya. Nilai bantuan pendidikan yang diberikan sama, tanpa membedakan beasiswa prestasi dengan beasiswa kurang mampu.

Beasiswa juga ada yang di dalam maupun luar negeri, biasanya beasiswa luar negeri ditujukan kepada mahasiswa jenjang Strata 2 namun tak jarang ada beasiswa luar negeri untuk siswa SMP dan SMA. Beasiswa yang dibuka pun beragam, Anda bisa memilih sesuai dengan status pendidikan yang dijalani. Contohnya seperti pelamar yang baru akan menempuh perguruan tinggi atau pelamar yang sudah kuliah (on going).

 

Beasiswa 2021 Jenjang SMP/MTs

Update Beasiswa Indonesia di tahun 2021 yang Bisa Kamu Ikuti
 

Beasiswa ini umumnya diperuntukan pada pelajar atau lulusan SMP yang sedang mencari beasiswa menuju jenjang SMA, beasiswa semacam ini biasanya dibatasi untuk beberapa wilayah yang dekat dengan Yayasan yang membuka program beasiswanya. Ada beberapa beasiswa yang bisa di simak bagi Anda pelajar Sekolah Menengah Pertama.

 

  1. Beasiswa Anak Teladan Indonesia (BATI)

    Yayasan Solidaritas Bina Insan Kamil (YASBIL) sedang menyelenggarakan program Beasiswa Anak Teladan Indonesia periode kedua, beasiswa ini diperuntukan bagi siswa lulusan SMP/MTs untuk melanjutkan jenjang SMA Negeri maupun Swasta di daerah Depok, Bogor, Tangerang Selatan dan Bandung. Sekolah yang dituju nantinya dipilih langsung oleh Yasbil.

     Beasiswa Anak Teladan Indonesia ini diselenggarakan dengan harapan mewujudkan cita-cita lulusan SMP/MTs di Indonesia yang ingin melanjutkan studi yang berkualitas, beriman dan bertakwa, menguasai ilmu pengetahuan, serta menjunjung semangat toleransi yang tinggi.
     
    Cakupan beasiswa ini berupa biaya pendidikan, pembinaan dan uang saku, tempat tinggal, full-day meal, dan pembinaan karakter. Setelah berkas dan persyaratan disiapkan Anda bisa mendaftarkan melalui link yang tersedia. Hasil scan berkas yang ada dikirimkan pada email yang tersedia, pendaftar akan menjalani seleksi ujian dan wawancara lalu menunggu hingga hasil seleksi tersebut keluar.

  2. SMP Gratis Sekolah Cendekia BAZNAS

    Sekolah Cendekia BAZNAS merupakan salah satu sekolah unggulan yang bebas biaya dan berasrama dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Program pendidikan ini memiliki motto untuk membangun karakter hingga mengoptimalkan potensi. Selain siswa bisa menempuh pendidikan formal dalam kurikulum dinas pendidikan, mereka akan dibina juga dalam karakter islam, Qur’an Hadist serta pengembangan potensi siswa sesuai dengan minat dan bakat yang dipilih.
     
    Sekolah gratis ini pendaftarannya juga dilakukan melalui pengisian formulir secara online, pendaftaran tidak dipungut biaya apapun, Anda diharapkan untuk mendaftarkan diri sesuai dengan link yang tersedia. Setelah formulir Anda isi, Anda bisa masuk ke grup WhatsApp yang disediakan.

  3. SMART Ekselensia

    Ini merupakan salah satu program di bawah Dompet Dhuafa pendidikan dengan visi menjadi sekolah model yang melahirkan generasi berkepribadian islam, berjiwa kepemimpinan, pribadi mandiri, berprestasi, dan berdaya guna. Sekolah ini berdiri sejak 2004, mereka merekrut siswa siswi terbaik dengan tingkat intelektual tinggi namun memiliki keterbatasan finansial.
     
    Pendaftaran beasiswa ini dilakukan dengan mengunduh formulir pendaftaran dari link yang ada, berkas-berkas administrasi yang diperlukan berupa rapor, sertifikat, akte kelahiran, kartu keluarga, KTP orang tua/wali, dan pernyataan tidak merokok. Berkas lainnya dilengkapi setelah pengumuman seleksi mata pelajaran usai.

 

Baca Juga  :   Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Ekonomi Terbaik di Indonesia

 

Beasiswa 2021 Jenjang SMA/MA dan Mahasiswa

Bagi Anda yang sedang menempuh jenjang SMA maupun Mahasiswa, ada banyak kesempatan beasiswa yang dibuka oleh berbagai media. Baik dari segi pendidikan formal hingga instansi pemerintah dan penerbitan, semua beasiswa itu bisa Anda coba untuk menunjang biaya pendidikan yang sedang ditempuh.

  • Beasiswa Sejuta Cita

    Sejuta Cita adalah salah satu aplikasi yang menyediakan event untuk Anak Muda Indonesia, baru-baru ini sedang dibuka beasiswa untuk jenjang SMP hingga Strata dua. Cakupan beasiswa ini berbeda untuk tiap jenjangnya, untuk siswa SMP dan SMA uang saku yang diberikan senilai Rp 2.500.000, sedangkan untuk mahasiswa Diploma tiga hingga Strata dua menerima uang saku senilai Rp 5.000.000. Selain uang saku, Anda yang lolos beasiswa ini juga mendapatkan relasi dan koneksi serta keanggotaan eksklusif SahabatCita bersama pemuda-pemudi terpilih di seluruh tanah air. Pendaftaran beasiswa ini dilakukan melalui Aplikasi Sejuta Cita yang sudah terupdate versi terbaru, tentu saja beasiswa ini tidak dipungut biaya apapun.

  • Beasiswa Mizan

    Beasiswa ini cukup rutin dibuka oleh Mizan, lebih spesifiknya beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi akhir yakni yang sedang menggarap skripsi, tesis, maupun disertasi yang bertema studi keislaman yang ditinjau dari berbagai aspek seperti ajaran, teks filsafat, sosial, politik, ekonomi, budaya, sejarah, teknologi, sains, dan sebagainya. Bantuan yang diberikan berupa dana penelitian dan karya tulisnya berkesempatan untuk diterbitkan.

  • Beasiswa PPA – BPP PPA

    Program beasiswa dari Kemenristekdikti ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang berkuliah, mahasiswa yang mendaftar minimal sedang menempuh semester dua dan maksimal berada di semester delapan. Persyaratan yang diajukan menyesuaikan dengan kebijakan kampus di masing-masing Universitas, jadwal pendaftaran pun bisa berbeda-beda namun biasanya beasiswa ini dibuka pada awal tahun akademik baru.

  • Beasiswa KIP Kuliah

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, ini merupakan program bantuan pendidikan yang diperuntukan kepada siswa-siswi lulusan SMA, SMK sederajat yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk dapat melanjutkan ke jenjang Universitas atau akademi. Beasiswa ini merupakan program pengganti Bidikmisi yang sudah diluncurkan sebelumnya oleh pemerintah. Tidak hanya untuk siswa yang akan melanjutkan kuliah, program ini juga diberikan kepada mahasiswa penerima Bidikmisi yang berstatus on going. Pendaftaran beasiswa ini dilakukan secara online dengan mengakses link di laman KIP Kuliah.

 

Baca Juga    :    Jurusan Favorit untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

 

Beasiswa Luar Negeri

Tak hanya beasiswa di Indonesia, program beasiswa juga dibuka untuk ke Luar Negeri. Syarat beasiswa ini akan lebih banyak daripada syarat beasiswa dalam Negeri, salah satu yang paling sering ada adalah tes TOEFL. Sertifikat dari tes kemampuan Bahasa Inggris bagi penutur asing ini sudah diakui di ribuan institusi pendidikan dan industri di 90 negara, sehingga menjadi salah satu syarat untuk melamar beasiswa dan persyaratan kerja di perusahaan.

 

  1. Beasiswa Monbukagakusho

    Bantuan beasiswa dari pemerintahan Jepang ini terdiri dari biaya kuliah yang ditanggung sebesar seratus persen, termasuk dengan biaya sekolah persiapan, tiket pesawat Indonesia-Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, serta diberikan tunjangan bulanan.

  2. Beasiswa OTS

    Orange Tulip Scholarship dikhususkan untuk warga negara Indonesia yang berniat untuk melanjutkan studi ke Universitas di Belanda. Beasiswa ini tersedia dalam bentuk pengurangan dari biaya studi parsial atau potongan biaya kuliah secara keseluruhan. Perlu Anda ingat pendaftaran beasiswa dengan pendaftaran kuliah di Belanda dilakukan secara terpisah, Anda harus sudah terdaftar di Universitas yang dituju dengan skema yang ditawarkan baru kemudian mendaftar beasiswa. Beasiswa ini dibuka pada periode November 2020 hingga Mei 2021, Anda bisa mengakses seluruh syarat dan dokumen di laman yang mereka sediakan.

 

Baca Juga   :   Jurusan Populer untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

 

Beasiswa Gratis IDCloudHost 2021

Update Beasiswa Indonesia di tahun 2021 yang Bisa Kamu Ikuti
 

Program beasiswa IDCloudHost merupakan program resmi dan sudah berkolaborasi dengan Seleksi Masuk Bersama (SMB) Telkom University. Beasiswa yang sudah bergerak sejak 2015 ini memiliki rata-rata pendaftar sebanyak 15.000 di tiap tahunnya, salah satu kelebihan dari beasiswa ini adalah sifatnya yang gratis. Anda bisa melaporkan pada email yang tersedia jika ada yang meminta biaya pendaftaran.

Beasiswa dari IDCloudHost tidak mewajibkan serta mengikat pesertanya untuk bekerja di IDCloudHost, Anda bisa melakukan pekerjaan sampingan di IDCloudHost jika menginginkannya selama tidak mengganggu aktifitas perkuliahan. Jika Anda berminat untuk mengikuti pendaftaran beasiswa IDCloudHost di tahun 2021, Anda bisa mendaftarkan diri melalui https://idcloudhost.com/beasiswa/

Related Post :

popup image