Unique Selling Proposition (USP), Kenali Pengertian Serta Manfaatnya

Business, Marketing / 0 | | 2

Para pebisnis pasti tahu mengenai bagaimana persaingan adalah tatanan alami dalam bisnis. Persaingan ini berlaku pada jenis bisnis apa saja termasuk dalam persaingan di e-commerce seperti marketplace karena brand tidak hanya bersaing dengan pesaing lokal tapi juga brand dari mancanegara.

Ini jelas tidak terhindarkan dalam bisnis yang berjualan online. Ditengah banyaknya brand, pelanggan menjadi kewalahan dengan banyaknya pilihan yang ada sedangkan pembeli hanya ingin cepat memahami apa yang membuat satu produk atau merek berbeda dari yang lain dan segera membelinya.

Karena itu, dengan mengetahui cara yang tepat untuk memposisikan diri Anda dan produk Anda menjadi lebih menonjol di antara banyaknya brand yang juga menjual produk yang sama. Itulah mengapa sangat penting bagi semua pengusaha untuk memahami cara mengidentifikasi Unique Selling Proposition (USP) dalam membantu memandu keputusan yang dibuat brand dan strategi pemasaran.

 

Memahami Pengertian Unique Selling Proposition (USP)

Unique Selling Proposition (USP), Kenali Pengertian Serta Manfaatnya
 

 

Unique Selling Proposition atau USP merupakan konsep yang sangat penting digunakan pada saat perusahaan mempromosikan produknya melalui iklan baik itu di TV maupun media cetak. Pada akhirnya apapun pemasaran iklan Anda, ini harus mampu menarik konsumen untuk membeli produk tertentu.

Kunci untuk meningkatkan penjualan produk secara efektif melalui iklan adalah dengan menonjolkan USP produk tersebut. Kecuali Anda menonjolkan USP, konsumen tidak akan tergoda untuk membeli produk Anda. Setiap produk harus memiliki USP sendiri, yang membuatnya berbeda dari produk lain dalam kategori serupa.

USP berbeda untuk setiap produk karena USP merupakan komponen yang sangat penting dalam mengembangkan produk. Dengan adanya proposisi penjualan unik yang kuat membuat Anda menonjol dan juga memainkan peran penting dalam branding produk Anda. Tapi, USP sendiri bisa menjamin kesuksesan suatu produk.

Kualitas produk yang unggul dan layanan yang setara, baik sebelum maupun setelah penjualan sangat penting dalam menciptakan kondisi pasar untuk suatu produk. Ingatlah selalu, dengan USP yang berbeda, perusahaan bahkan tidak perlu repot dengan persaingan karena jika Anda telah mengembangkan sesuatu yang belum dikembangkan oleh orang lain, maka Anda adalah satu-satunya pemain atau pemimpin pasar dalam kategori produk tertentu itu.

 

Baca Juga  :      Tips Digital Marketing Terbaik 2022

 

Manfaat Menggunakan Unique Selling Proposition (USP) Bagi Bisnis

Sebuah UPS yang unik adalah pesan pemosisian utama yang disajikan oleh perusahaan atau perwakilan penjualan kepada prospek. USP Anda menjelaskan mengapa produk atau layanan Anda lebih besar, lebih baik, atau berbeda dari alternatif yang ditawarkan pesaing Anda. Keuntungan USP termasuk diferensiasi yang jelas, peningkatan pendapatan, pelanggan setia, dan penjualan yang lebih sederhana.

  • Menghapus Diferensiasi

    Diferensiasi adalah atribut perusahaan atau produk yang membedakan Anda dari pesaing. Proposisi penjualan yang unik membuat perbedaan Anda jelas bagi prospek dan memaksa mereka untuk mempertimbangkan merek Anda dengan kuat. Tanpa USP, Anda membiarkan keputusan pembelian prospek menjadi sangat arbitrer sehingga membuat produk dengan harga terrendah sering kali menang. Fitur unik, bahan berkualitas, gaya yang lebih baik, layanan elit, dan reputasi merek adalah atribut umum yang digunakan perusahaan untuk menciptakan USP.

  • Membantu meningkatkan Pendapatan

    Ketika Anda menawarkan proposisi penjualan yang unik dan prospek melihatnya dengan jelas, pendapatan Anda biasanya meningkat atau melebihi harapan. Orang membeli produk atau layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, dan yang menawarkan kombinasi manfaat dan harga terbaik. Semakin signifikan USP Anda, semakin besar potensi keuntungan pendapatan Anda. Prospek yang cerdas mungkin membayar harga kelas atas untuk merek terkemuka dengan bahan yang mereka pandang sebagai kualitas tertinggi atau paling tahan lama.

  • Membangun Basis Pelanggan Setia

    Saat Anda mempromosikan USP dan memberikan proposisi nilai yang menarik, pembeli kemungkinan akan kembali untuk kebutuhan di masa mendatang. Seorang pembeli mungkin ingin mengulang pembelian mobil dengan dealer atau tenaga penjualan yang sama setelah sebelumnya mendapatkan harga yang bagus.
    Setiap pengalaman positif yang berulang-ulang akan berkontribusi pada munculnya sentimen yang menguntungkan. Pada titik tertentu, pembelian berulang berkembang menjadi perasaan loyalitas terhadap bisnis Anda. Lalu loyalitas dapat memperkuat ikatan, memberi Anda peluang untuk meningkatkan pendapatan dan mendorong penjualan yang di dapat dari review pelanggan yang telah menggunakannya lebih dulu.

  • Membuat Penjualan Lebih Mudah

    Perwakilan penjualan mendapat manfaat ketika perusahaan mengembangkan dan menawarkan proposisi penjualan unik yang menarik. Lebih mudah bagi seorang pebisnis untuk menyampaikan nilai secara tulus ketika dia mengenalinya sendiri. Jika Anda selaku pemilik bisnis menggunakan produk dari brand Anda sendiri, ini akan lebih mudah untuk menjual nilai dengan penuh semangat dan persuasif kepada prospek pembeli karena Anda mengetahui nilai baik dari produk Anda.

 

Baca Juga  :     Panduan Sukses Memasarkan Produk Dengan Go-To-Market Strategy

 

Contoh Penggunaan Unique Selling Proposition (USP) Dalam Bisnis

Unique Selling Proposition (USP), Kenali Pengertian Serta Manfaatnya
 

Bisnis dan perusahaan memiliki banyak cara untuk mengembangkan proposisi penjualan yang unik mereka masing-masing. Mungkin bisa saja dengan menawarkan harga terendah atau kualitas tertinggi untuk memuaskan pelanggan sehingga i ini akan membantu membedakan produk mereka di pasar dan persaingan. Secara umum USP bisa dilakukan dalam beberapa bentuk yang berbeda yakni :

  • Harga

    Harga yang murah menjadi salah satu daya tarik utama bagi konsumen, terutama yang berbelanja dengan anggaran tertentu yang membuat faktor harga merupakan dimensi yang menarik untuk digunakan. Untuk memuaskan kebutuhan mereka, konsumen membandingkan nilai yang mereka rasakan untuk produk dengan harganya. Jika harga lebih tinggi dari nilai yang dirasakan, mereka tidak puas dan cenderung menghindari produk tersebut. Sebaliknya, jika harganya lebih rendah, pelanggan jelas akan membeli dan merasa puas.

  • Kualitas produk

    Dalam hal ini, bisnis harus membuat produk bebas dari cacat dan kekurangan sehingga dapat menghindari komplain. Kualitas adalah tentang fitur fisik dan elemen non-fisik seperti kinerja, daya tahan, dan keandalan.

  • Etika

    Meningkatnya kesadaran lingkungan mendorong lebih banyak orang untuk membeli produk dari perusahaan ramah lingkungan. Seringnya para pelanggan membeli bukan karena alasan harga tetapi siapa produsennya tetapi karena mereka ingin membayar harga premium jika produk sesuai dengan nilai yang mereka percayai.

  • Kenyamanan dan layanan pelanggan

    Menghemat waktu dan kenyamanan adalah salah satu cara untuk menciptakan diferensiasi yang efektif. E-commerce dan toko online adalah contoh yang tepat karena metode ini telah menjadi pilihan yang nyaman di antara konsumen modern seperti sekarang.
    Pembeli dapat membeli produk dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengunjungi toko retail serta juga dapat menghemat biaya, seperti biaya transportasi ke toko ritel. Beberapa toko online kemudian juga menawarkan pengiriman gratis. Ini adalah beberapa alasan mengapa e-commerce mendapatkan popularitas dan mengalahkan pengecer tradisional toko fisik.

 

Baca Juga  :      Tips Menjalankan B2B Marketing yang Sukses Tahun 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Suatu produk dikatakan sukses ketika menawarkan sesuatu yang istimewa. Ini bisa saja dengan berhasil memuaskan pelanggan dibandingkan dengan produk serupa dari merek kompetitor. Dengan begitu, konsumen tidak akan menemukan manfaat yang sama dan lebih baik pada produk pesaing Anda.

Makan dengan menciptakan USP adalah cara yang efektif untuk membuat bisnis menonjol. Jika Anda berhasil membuat USP dari produk Anda, Anda akan mendapatkan penjualan yang sukses loyalitas pelanggan. Karenanya, rancang tujuan UPS Anda dengan seksama untuk tetap dapat memenangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan ketat di dunia bisnis.

 

 

 

Related Post :