VPS sebagai Teknologi Mutakhir Pengganti Shared Hosting

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Kebanyakan orang berfikir bahwa shared hosting yang digunakan sudah lebih dari cukup, dan ketika blog atau website mereka mendapat trafik yang besar, provider hosting memberi peringatan kemudian melakukan terminasi. Hal inilah yang biasanya menjadi pro dan kontra dari share hosting. Ketika kita meminta backup kepada provider hosting, dan kita tidak memiliki akses ke cPanel/* untuk mengambil backup, terkadang proses sangat menyulitkan dan dibutuhkan cost yang banyak untuk backup data. Nah, disinilah kita diperkenalkan dengan VPS. Apakah VPS itu?

VPS atau Virtual Private Server masih mirip dengan shared hosting, hanya saja dengan resource yang lebih besar, dan virtualisasi pada setiap server. Dengan virtualisasi, kita memiliki Sistem Operasi sendiri untuk hosting yang kita pesan. Kelebihannya kita bisa melakukan instalasi software tambahani. Software virtualisasi yang cukup populer pada VPS adalah OpenVZ, XEN, KVM, dan Parallel Virtuozo. Setiap software virtualisasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kita dapat memilih sesuai kebutuhan.

VPS memiliki empat kelebihan dari shared hosting ,yaitu:

  • Pertama: Kontrol. VPS memberikan access root untuk system, hal tersebut juga mengijinkan anda untuk memodifikasi file server konfigurasi, install aplikasi atau memodifikasi software sistem, dalam sebuah shared environment Anda harus berdasarkan pada server setting, hal tersebut ‘best fit’ untuk semua client dan ini bisa tidak memenuhi yang Anda perlukan.
  • Kedua: Keamanan. Dengan VPS, file system Anda tidak akan bisa diakses oleh pemilik VPS lain, tidak seperti shared environment dimana siapapun dengan file access dapat mencari jalan ke file Anda, sebuah VPS memastikan privacy dan keamanan penuh untuk Anda.
  • Ketiga: Pemisahan. Dalam shared hosting environment, Anda adalah ‘held hostage’ untuk tindakan lainnya. Jika shared account lainnya menjalankan sebuah script yang tidak cocok dengan server maka website Anda akan terkena dampaknya. Dengan menggunakan VPS Anda memiliki resource yang terpisah sehingga jika VPS lain melakukan sesuatu tidak akan mempengaruhi server Anda.
  • Terakhir: Performa. Pada shared environment, resources akan menuju ke website besar yang menyerap semua resource dan membuat performa web mu menjadi tidak stabil. Dengan VPS, set dari resources tersebut menjamin VPS lain tidak akan mempengaruhi performa website Anda.

Tertarik menggunakan VPS ? Kamu bisa order pada halaman VPS IIX Murah Indonesia | IDCloudHost

Related Post :