WhatsApp Business : Pengertian, Keunggulan, Fitur dan Cara Kerjanya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Email dan SMS telah lama menjadi cara dan saluran paling umum yang digunakan bisnis untuk terhubung dengan pelanggan mereka. Cara ini adalah saluran yang efektif meski dengan ada kekurangannya dan di dunia omnichannel, pengiriman email dan SMS mengalami perubahan. Aplikasi perpesanan seperti WhatsApp memiliki kemampuan yang memungkinkan Anda memiliki dampak yang lebih signifikan pada kepuasan pelanggan, sekaligus memperluas jangkauan Anda, meningkatkan pengiriman, mengelola biaya dukungan, meningkatkan konversi, mempertajam keamanan, dan mencapai KPI bisnis penting lainnya.

Tentu saja, saluran perpesanan lain seperti SMS, MMS, RCS, LINE, Facebook Messenger selain juga obrolan dan suara masih memiliki peran sentral dalam strategi komunikasi bisnis apa pun, dan kemungkinan besar akan tetap ada. Namun, di beberapa negara Amerika Latin, Asia, dan Afrika, cra ini adalah aplikasi pilihan sepenuhnya yang memberikan banyak perusahaan kesempatan untuk melibatkan audiens global yang lebih luas.

Menggunakan WhatsApp Business sebagai bagian dari strategi pengiriman pesan Anda dapat menjadi pengubah permainan sebagai alat komunikasi yang diperlukan untuk membantu Anda tetap kompetitif. Disamping banyak pengguna WhatsApp dalam skala global sehingga menjadikan aplikasi perpesanan ini sebagai aplikasi terbesar saat ini. Oleh karena itu aplikasi whatsapp mempunyai inisiatif mengembangkan fitur mereka seperti Whatsapp Business.

 

Pengertian WhatsApp Business

WhatsApp Business : Pengertian, Keunggulan, Fitur dan Cara Kerjanya
 

Sederhananya, WhatsApp Business memungkinkan perusahaan untuk mengirim pesan kepada pelanggan mereka dengan aman dan aman langsung di dalam platform perpesanan WhatsApp. Satu keunggulan dibandingkan SMS adalah WhatsApp terikat langsung ke satu nomor telepon dan menyediakan profil bisnis dari brand, bukan dalam bentuk serangkaian digit. Hal ini memungkinkan konsumen untuk segera mengetahui dengan siapa mereka mengobrol atau menerima pesan.

WhatsApp juga menyediakan informasi pengiriman yang andal, memberi perusahaan manfaat tambahan untuk mengetahui pesan apa yang telah dikirim dan pada akhirnya, dibaca. Ada juga tren yang berkembang untuk menggunakan perpesanan bisnis untuk tujuan perpesanan bisnis yang memungkinkan tim penjualan dan dukungan untuk menjawab pertanyaan produk atau layanan pelanggan dengan pesan kontekstual yang kaya, yang pada akhirnya, akan memfasilitasi transaksi baru atau membuat pelanggan saat ini senang.

Sejak WhatsApp telah diinstal sebelumnya di banyak ponsel smartphone di seluruh dunia, adopsi pengguna akan platform perpesanan ini telah meroket dan terus tumbuh. Itu berarti pelanggan Anda mungkin sudah menggunakan aplikasi tersebut. Untuk membuat koneksi pelanggan yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan profil WhatsApp Business dan mengaitkannya dengan nomor bisnis Anda dan karena kehadiran bisnis Anda hanya terikat pada satu nomor telepon. Anda dapat dengan mudah memasukkannya dalam semua program pemasaran Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan agar membuat hubungan langsung secara personal dengan pelanggan Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Ke Chat Pribadi

 

Keunggulan WhatsApp Business

Jika dibandingkan dengan penggunaan WhatsApp bisa, tentu dengan adanya embel- embel Business akan membedakan setiap pengguna dan intensi mereka menggunakan platform ini. Berikut keunggulan yang bisa didapatkan dari WhatsApp Business.

 

  • Komunikasi Dua Arah yang Nyaman

    WhatsApp Business memberi perusahaan cara untuk terlibat dalam perpesanan dua arah dengan pelanggan melalui aplikasi yang kemungkinan besar sudah mereka gunakan untuk percakapan obrolan sehari-hari. Aplikasi ini menawarkan bisnis yang nyaman dan langsung ke berbagai komunikasi dan kampanye pelanggan.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

    Waktu dimana layanan pelanggan dan panggilan dukunan model lama telah berakhir dengan adanya kemudahan WhatsApp ini. WhatsApp Business memberi perusahaan lingkungan pribadi untuk mengobrol dengan pelanggan secara real-time. Dengan menyediakan informasi dan dukungan yang dicari pelanggan Anda, WhatsApp Business membantu memupuk loyalitas dan kepercayaan.

  • Percakapan yang Diverifikasi oleh Brand

    Setiap bisnis harus membuat Profil Bisnis di WhatsApp, sebuah identitas bisnis unik yang memasukkan elemen branding ke dalam percakapan WhatsApp Anda. Anda dapat menambahkan nomor kontak, URL situs web, lokasi toko, detail promosi, dan lainnya. WhatsApp Business juga memungkinkan Anda menambahkan multimedia ke pesan, termasuk gambar, video, dan dokumen.

  • Jangkauan Global

    WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer di lebih dari 100 negara, dengan basis pelanggan global lebih dari 2 miliar, menjadikannya saluran yang sempurna bagi bisnis untuk menjangkau khalayak yang tertawan.

  • Memulai Lebih Banyak Percakapan Secara Otomatis

    Setelah pengguna memilih untuk menerima pesan WhatsApp dari bisnis Anda, Anda dapat membuat pesan template yang memberitahu pelanggan untuk mengambil langkah berikutnya dan memulai percakapan. Dengan memberlakukan kebijakan yang ketat untuk kualitas konten dan waktu respons, WhatsApp memastikan pengguna tidak menerima komunikasi berisi spam atau tidak relevan. WhatsApp juga mengharuskan pengguna bisnis untuk menanggapi pesan pelanggan yang masuk dalam waktu 24 jam menggunakan pesan non-template.

  • Tambahan Keamanan Dengan Keikutsertaan Pesan Pelanggan

    Mengelola berbagai peraturan dan undang-undang kepatuhan bisa menjadi masalah besar bagi bisnis yang tidak mempunyai banyak dukungan untuk melakukannya. WhatsApp memasukkan fitur keamanan seperti enkripsi end-to-end dan otentikasi dua faktor untuk menjaga keamanan konsumen dan bisnis. WhatsApp Business juga memverifikasi akun bisnis Anda setelah pendaftaran, memastikan identitas pelanggan Anda ketika mereka memilih untuk menerima teks dan komunikasi Anda.

 

Baca Juga  :     Cara Keluar dari Grup WA (WhatsApp)Tanpa Ketahuan [100% BERHASIL]

 

Fitur WhatsApp Business

WhatsApp Business : Pengertian, Keunggulan, Fitur dan Cara Kerjanya
 

Ada beberapa perbedaan penting antara Aplikasi Bisnis dan akun API. Sebagai permulaan, bisnis kecil mungkin tidak diterima untuk akun API, sementara sangat mudah untuk mengunduh Aplikasi WhatsApp Business dan mulai berkomunikasi dengan pelanggan secara gratis. Dengan Aplikasi Bisnis WhatsApp, bisnis kecil dapat mengandalkan fitur- fitur :

 

  • Buat profil bisnis

    Profil bisnis dapat merinci jam buka, alamat situs web, detail kontak, dan informasi lain tentang bisnis Anda. Pengguna WhatsApp dapat melihat ini dan diyakinkan bahwa Anda adalah bisnis, bukan pengguna pribadi.

  • Kategorikan pelanggan dan obrolan

    Beri label pada pelanggan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan kategorikan obrolan menurut apakah itu terkait pesanan, kueri pelanggan, atau hal lainnya.

  • Siapkan tanggapan otomatis

    Otomatiskan tanggapan khusus kepada pelanggan saat Anda tidak sedang berbicara di telepon, atau kirim perkenalan otomatis ke kontak untuk memperkenalkan layanan Anda.

  • Mengirim siaran ke grup pelanggan

    Jika pelanggan telah menambahkan Anda ke kontak mereka, Anda dapat mengirimi mereka pesan dengan pesan broadcast meski terbatas pada 256 penerima sekaligus.

  • Gunakan balasan cepat

    Gunakan kembali tanggapan populer untuk pelanggan di chat hanya dengan beberapa ketukan dan simpan balasan yang telah ditulis sebelumnya, ketuk untuk memilih tanggapan, dan hindari menulisnya dari awal agar lebih praktis.

  • Buat katalog produk

    Pamerkan produk atau layanan Anda dengan katalog berbasis WhatsApp tentang hal-hal yang Anda jual dalam bentuk katalog yang tersusun rapi dan struktural agar mempermudah penjualan bisnis Anda.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Stiker WA (Stiker Whatsapp) dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Kerja dan Cara Install WhatsApp Business

Cara kerja maupun cara install WhatsApp Business tidaklah terlalu rumit mengingat aplikasi ini mempunyai interface yang ramah guna dan tidak mempunyai seluk beluk yang merepotkan untuk dipahami.

 

  • Jika Anda sudah memiliki nomor bisnis yang terutama digunakan untuk WhatsApp, Anda harus membuat cadangan data obrolan Anda ke penyimpanan cloud terlebih dahulu.
  • Untuk melakukan ini, buka Chats> Chat backup> lalu tekan tombol Back Up. Pastikan unggahan ke cloud selesai.
  • Selanjutnya, unduh aplikasi dari Google Play Store, instal, lalu luncurkan dengan mengetuk ikon WhatsApp Business baru di layar beranda ponsel cerdas Anda.
  • Setelah membuka aplikasi, Anda harus memverifikasi nomor telepon bisnis Anda terlebih dahulu. Ini akan menjadi nomor yang sama yang akan Anda gunakan sebagai nomor bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda.
  • Begitu nomor Anda di verifikasi, Anda dapat memilih untuk memulihkan obrolan sebelumnya yang terkait dengan nomor ponsel. Ini akan menjadi yang Anda cadangkan di langkah 1.
  • Tetapkan nama bisnis Anda dan kemudian di area obrolan, ketuk tombol menu dan buka Pengaturan> Pengaturan bisnis> Profil. Di sini Anda akan mendapatkan berbagai bidang yang mirip dengan kartu kontak dan Anda dapat mengisi semua detail yang ingin Anda bagikan dengan pelanggan Anda.

 

Setelah Anda melakukan hal di atas, pengaturan dasar selesai. Sekarang Anda dapat mulai terhubung dengan orang-orang dari daftar kontak Anda dan menggunakan alat olah pesan untuk tetap berhubungan dengan mereka.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Link WhatsApp (WA) Agar Bisa Dishare dan Di Klik

 

Kesimpulan dan Penutup

WhatsApp Business murni ditujukan untuk kegunaan bisnis yang telah dirancang dari awal untuk menawarkan layanan seperti pelayanan cepat bagi pelanggan dan hanya akan digunakan oleh pemilik bisnis. Selain itu WhatsApp Business juga hanya menyediakan aplikasi atau platform bagi bisnis untuk berinteraksi lebih baik dengan pelanggan mereka dengan menyediakan pembaruan, dukungan, dan pada dasarnya opsi untuk menjalankan bisnis mereka dari ponsel mereka di WhatsApp, daripada menuju ke tempat lain secara online. Singkatnya, pelanggan akan menggunakan aplikasi WhatsApp biasa, sedangkan pemilik atau pengelola bisnis menggunakan aplikasi WhatsApp Business.

Hanya saja WhatsApp Business saat ini tidak mendukung pencarian bisnis di WhatsApp. Pemilik bisnis perlu memiliki nomor kontak Anda dan menambahkan Anda ke kontak WhatsApp mereka untuk memulai interaksi, atau menambahkan Anda ke grup. Meski membutuhkan beberapa langkah tetapi dengan fitur pengiriman pesan, WhatsApp Business memiliki banyak peluang untuk berubah menjadi sesuatu yang sangat besar dan adanya penambahan WhatsApp Payment seharusnya berfungsi sebagai katalis bagi kemudahan bisnis Anda.

 

Related Post :