Windows 10 20H1 Segara Merilis Pembaruan Terbaru

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Setiap tahun, ada dua pembaruan utama yang diluncurkan Microsoft untuk produk Windows 10 mereka. Setelah merilis pembaruan 2019 November lalu yang merupakan pembaruan besar pertama untuk Windows 10 pada 2020 akan datang akhir musim semi ini. Produk yang diberi nama kode dengan 20H1 (dan juga dikenal sebagai Windows 10 versi 2004), datang dengan pembaruan yang diatur untuk mengubah beberapa hal dalam sistem operasi yang sekarang digunakan oleh 1 miliar perangkat di seluruh dunia.

Baik itu File Explorer, desktop virtual, dan beberapa opsi pengaturan dan keamanan, versi Windows berikut yang terbaru ini akan terlihat dan terasa sedikit berbeda dari Windows pendahulunya.. Berikut ini semua informasi lebih lanjut mengenai peluncuran pembaruan Windows 10 20H1 yang dinanti- nantikan banyak orang.

 

Harga dan tanggal rilis

Jangan bingung dengan pembaruan November 2019 sebelumnya, pembaruan Windows 10 20H1 dijadwalkan untuk mulai rilis pada musim semi ini. Berdasarkan pengkodean yang diperoleh dari Windows Powershell, pembaruan ini dinamakan juga sebagai pembaruan Mei 2020 yang mengikuti kode setelah bulan rilisnya sama seperti versi Windows 10 sebelumnya, namun belum ada konfirmasi yang resmi mengenai informasi ini.

Sedangkan mengenai kapan pembaruan ini akan keluar ke khalayak umum, pihak Microsoft juga belum banyak berkomentar. Windows sendiri juga tidak akan mengenakan biaya tambahan mengingat pembaruan fitur untuk Windows 10 selalu diberikan dengan gratis.

Baca Juga : Tagar Campaign #UntilTomorrow Viral di Instagram. Apa itu #UntilTomorrow dan Cara Ikutannya?

 

Perubahan pada File Explorer dan Windows Ink Workspace

Pada bagian atas daftar perbaikan besar di 20H1 adalah antarmuka pengguna yang sedikit baru untuk File Explorer. Pembaruan ini memungkinkan sudut yang lebih bulat dan sistem pencarian baru. Artinya, berkat teknologi koreksi ejaan yang ditingkatkan, Anda akan menemukan file dan aplikasi dengan lebih mudah dan efisien.

Windows Ink Workspace juga menyusutkan ukurannya dan akan membawa akses yang lebih mudah ke layanan kolaborasi serta kerjasama servis yang ditawarkan Microsoft. Servis ini termasuk Microsoft Whiteboard dan Snip and Sketch sebuah aplikasi untuk mengambail dan berbagi tangkapan layar (screenshot). Perubahan yang lebih besar dikabarkan juga akan dilakukan pada File Explorer.

 

Perbaikan fitur Cortana 

Cortana mungkin telah dipisahkan dari bilah pencarian dengan keluarnya Pembaruan Windows 10 Mei 2019 lalu, tetapi dalam rilis 20H1 asisten digital ini mendapatkan perbaikan besar-besaran. Sama seperti apa yang Anda alami dengan aplikasi Cortana di iPhone dan Android, asisten sekarang jauh lebih banyak berbicara, dengan penekanan pada teks.

Anda dapat mengetikkan perintah untuk bertanya tentang olahraga, cuaca, dan lainnya. Anda bahkan dapat menyeret Cortana ke jendela sendiri sehingga dapat mengikuti Anda ke mana-mana.

 

 

Baca Juga : Kurs Dolar ke IDR (Rupiah) Meninggi, Apa yang Seharusnya Kita Persiapkan ?

 

Mengubah otomatis ke mode Tablet

Karena semakin banyak orang beralih dari laptop tradisional ke 2-in-1 dengan layar sentuh, Microsoft menggunakan pembaruan 20H1 sebagai cara untuk mengubah mode tablet Windows 10. Dalam pembaruan ini, ketika Anda menghapus keyboard dari tablet Anda, Windows tidak akan meminta Anda untuk masuk ke mode tablet.

Sebagai gantinya, Windows sekarang akan secara otomatis mengubah pengalaman desktop dan mengubah jarak antar ikon di taskbar, serta memberi Anda versi File Explorer yang lebih ramah sentuhan (user friendly). Bilah pencarian juga akan runtuh atau berubah menjadi ikon, dan keyboard sentuh di layar akan otomatis muncul setiap kali Anda mengetuk bidang teks.

 

PowerToys kembali

Bersamaan dengan semua fitur baru di 20H1, Microsoft juga akan memperkenalkan kembali PowerToys, fitur lama dari Windows 95. Ini adalah satu set utilitas bagi pengguna  untuk menyesuaikan dan merampingkan pengalaman Windows mereka untuk produktivitas yang lebih besar.

Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan tombol ke jendela terbuka yang memungkinkan Anda membuat desktop baru, mengirim aplikasi spesifik ke desktop, atau memaksimalkan aplikasi di desktop baru. Ada juga daftar cara pintas keyboard yang dapat Anda gunakan dengan PowerToys. Proyek ini dapat dan tersedia untuk diunduh di GitHub.

Baca Juga: Cara Mengubah Kuota Internet Ruangguru dan Ilmupedia menjadi Kuota Flash Internet Telkomsel

 

Perubahan kecil ke desktop virtual dan kalender di taskbar

Bagi mereka yang menikmati pengalaman desktop virtual, 20H1 memungkinkan untuk mengubah nama ruang virtual dan menyimpannya ketika komputer sedang melakukan  reboot. Akan ada penyesuaian pada kalender untuk memungkinkan Anda menambahkan jadwal acara dari taskbar.

Related Post :

popup image