Mengenal Wix: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Web & Development / 0 | | 0

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, website sudah menjadi kebutuhan pebisnis, perusahaan, organisasi, komunitas, bahkan individu. Fungsinya adalah sebagai wadah untuk berbagi dan menciptakan digital presence. Wix adalah salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat website. 

Wix berfungsi sebagai website builder. Dengan menggunakannya, Anda bisa membangun website walau tidak memiliki kemampuan coding.

Semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat karena website builder biasanya memiliki tampilan yang sederhana dan interaktif. Tertarik membangun website dengan Wix? Simak pembahasannya berikut ini. 

Baca Juga: Cara Membuat Website dan Blog Dengan Platform Instan Populer

Apa Itu Wix?

wix adalah

Wix adalah website builder berbasis cloud yang berfungsi membantu user untuk membangun dan mengembangkan website mereka dengan mudah dan cepat. Platform ini sangat cocok untuk Anda yang pemula dan belum memiliki kemampuan coding, karena Wix sangat mudah untuk digunakan dan dipelajari. Sejak awal, website ini memang ditujukan untuk orang awam yang ingin membuat website tapi tidak mengerti bagaimana caranya. 

Pengguna Wix memang didominasi oleh individu atau organisasi yang ingin membuat website dengan platform website builder yang mudah tapi memiliki performa baik. Walau ditujukan untuk pemula, ternyata banyak juga perusahaan besar yang menggunakan Wix untuk membangun website resminya. Beberapa diantaranya adalah Deloitte, CBS, Hilton, dan Hamilton Island. 

Anda dapat menggunakan Wix untuk membuat website portofolio, toko online, website resmi bisnis, ataupun website pribadi. Platform website builder ini juga dapat Anda gunakan secara gratis, tapi Wix juga menyediakan layanan berbayar jika ingin menikmati lebih banyak fitur. Wix sangat praktis karena semua komponen tampilan website sudah tersedia dan pengaturannya bisa dilakukan dengan drag and drops saja. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Landing Page Builder Terbaik Untuk Bisnis

Kelebihan Wix

kelebihan wix

Setelah mengenal Wix, Anda mungkin tertarik untuk membuat website dengan platform itu. Berikut adalah beberapa kelebihan Wix yang dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan platform ini. 

  1. Banyak Pilihan Template

Wix memiliki sangat banyak template yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan website. Berbagai template menarik dapat Anda gunakan secara gratis maupun berbayar untuk membuat website Anda tampak unik dan beda dari yang lain.

Secara keseluruhan, Wix memiliki lebih dari 800 template yang memberikan Anda keleluasaan untuk memilih. Beberapa template ini bahkan dikhususan untuk website tertentu. Misalnya, ada template yang cocok digunakan untuk toko online, ada juga template yang khusus untuk website portofolio. 

  1. SEO Friendly

Beberapa dari Anda mungkin ragu menggunakan Wix karena takut platform ini tidak memiliki tools untuk mendukung SEO. Namun, Wix sebenarnya sangat SEO-friendly dan memiliki berbagai tools untuk mendongkrak posisi website Anda pada halaman hasil pencarian.

Apakah Anda ingin menggunakan tools SEO yang lebih advance agar optimasi website lebih maksimal? Tenang saja, karena Wix memungkinkan Anda untuk menggunakan tools semacam itu. 

Memiliki website yang SEO-friendly dan mudah ditemukan oleh pengunjung maupun mesin pencari pastinya akan mendatangkan keuntungan bagi Anda sebagai pemilik website. Dengan menggunakan Wix, menerapkan SEO pada website adalah hal yang mudah. 

  1. Mendukung Multi-device

Dengan pesatnya perkembangan internet dan teknologi, saat ini website bisa kita akses darimana saja. Bahkan, lebih dari 70% traffic ke website pada tahun 2020 berasal dari perangkat mobile. 

Ini menunjukkan betapa pentingnya membuat website yang mobile-friendly dan ramah diakses lewat perangkat manapun. Dengan menggunakan Wix, Anda tidak perlu khawatir website Anda sulit dibuka lewat perangkat apapun. Platform ini mendukung pembuatan website yang responsif dan optiml, serta dapat diases dengan baik oleh perangkat apapun. 

Baca Juga: 10+ Tools untuk Periksa Kecepatan Website Terbaru 2022

  1. Konfigurasi dan Manajemen Mudah

Sasaran pengguna Wix adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan coding, tapi ingin membuat website dengan mudah. Karena itulah, tampilan Wix sangat user-friendly, bahkan memiliki fitur drag and drop untuk membantu pengguna mengkonfigurasi tampilan website. 

Mengubah font, menambahkan teks, gambar, logo, video, bisa Anda lakukan hanya dengan menggeser dan mengklik saja. Sangat mudah dan cepat, bukan? Ini tentu saja menjadi keunggulan utama Wix, karena kebanyakan website builder memerlukan proses konfigurasi yang rumit dan manual agar kita bisa menjalankannya. 

  1. Performa Cepat dan Stabil

Wix memiliki tim developer yang secara rutin melakukan update dan memastikan semua pengguna platform mendapat pengalaman terbaik ketika membangun website. Dengan begitu, Anda dapat menikmati performa website maksimal dengan waktu loading yang cepat dan stabil. 

Wix juga mendukung optimasi gambar dengan Content Delivery Network (CDN). Ini akan sangat membantu penerapan SEO website Anda, karena gambar yang teroptimasi juga merupakan salah satu kriteria yang dilihat oleh mesin pencari. 

Kekurangan Wix

kekurangan wix

Setiap platform pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah kekurangan Wix yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya.

  1. Penyimpanan Terbatas

Salah satu elemen terpenting dalam sebuah website adalah storage. Tanpa media penyimpanan ini, website tidak akan bisa berjalan karena berbagai file-nya tidak tersimpan di satu tempat. Dalam sebuah website, biasanya ada berbagai file, mulai dari teks, gambar, hingga mungkin video.

Salah satu kekurangan Wix adalah penyimpanannya yang sangat terbatas. Dalam versi gratis, Wix hanya menyediakan penyimpanan maksimal 500MB untuk pengguna. Besarnya memori penyimpanan ini sangat kecil, bahkan untuk ukuran blog pribadi.

Hanya mengupload beberapa postingan saja, penyimpanan di website Anda mungkin akan cepat penuh. Bagi Anda yang ingin membuat website untuk perusahaan, toko online, atau media, penyimpanan yang kecil tak akan cukup untuk memuat seluruh file website Anda. 

Jika penyimpanan sudah hampir penuh, performa website akan menurun dan loading jadi lebih lambat. Hal ini akan berdampak buruk pada SEO, dan membuat pengguna jadi tidak betah berada di website Anda karena aksesnya yang makan waktu. 

  1. Fitur Layanan Gratis Terbatas

Keunggulan wix adalah tersedianya layanan gratis, tapi layanan ini memiliki fitur yang sangat terbatas. Platform web builder yang satu ini juga menyediakan layanan premium yang berbayar dan akan memberikan Anda akses penuh ke semua fitur-fiturnya. Jika menggunakan layanan yang gratis, ada banyak fitur penting yang tidak bisa Anda nikmati. 

Selain keterbatasan fitur, Wix akan menampilkan iklan pada website Anda jika menggunakan layanan yang gratis. Sementara itu, untuk pengguna layanan premium tampilan website akan lebih rapi karena tak ada iklan dari platform.

Baca Juga: Alasan CMS (Content Management System) Harus Ramah SEO

Tertarik Menggunakan Wix?

Menggunakan Wix adalah cara mudah bagi Anda yang ingin memiliki website dengan praktis dan minim coding. Performanya yang stabil dan tersedianya layanan gratis membuat platform ini bisa Anda jadikan pilihan. 

Solusi lain bagi Anda yang ingin membuat website dengan mudah adalah menggunakan CMS seperti WordPress. Menggunakan layanan WordPress Hosting dari IDCloudHost, Anda dapat membuat website dengan mudah dan cepat tanpa coding. Dengan harga terjangkau mulai dari Rp 5.000,-/bulan, Anda sudah bisa membuat website menarik untuk berbagai kebutuhan.

Wordpress Hosting

Related Post :