Apa Itu Page Builder? Manfaat dan Rekomendasi Page Builder Terbaik!

Web & Development / 0 | | 0

Ketika Anda ingin memiliki sebuah website, namun tidak memiliki pengalaman dalam membuatnya dari awal, Anda mungkin memerlukan CMS atau Content Management System, yang bisa memberikan Anda website tanpa harus menulis kode dari awal. 

Salah satu CMS yang paling banyak orang gunakan adalah WordPress. WordPress menawarkan Anda pengembangan website yang mudah serta efisien, dan dapat Anda kostumisasi. Salah satu fitur menariknya adalah WordPress Page Builder.

Merupakan fitur seret dan lepas yang mudah Anda gunakan dalam membuat website. Apapun tingkat kemampuan Anda saat ini, baik sebagai pemula, hingga pengembang yang sudah memiliki beragam pengalaman pun, pasti bisa menciptakan website indah dan fungsional dengan alat ini.

Anda juga tidak perlu menulis kode apapun, serta jika Anda merasa ingin mengeksplorasi pilihan lain, Anda dapat menambahkan plugin. 

Selain itu, Anda juga tidak perlu menulis kode, atau memiliki keahlian pemrograman tertentu untuk mengkostumisasi kiriman dan halaman. Ekstensi juga menggantikan, atau melengkapi editor standar, serta menawarkan elemen pengembangan yang bisa Anda kostumisasi seperti galeri, tombol, dan area teks yang bisa Anda atur dengan leluasa.

Tertarik untuk mempelajari Website Page Builder lebih lanjut? Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai manfaat, fungsi, hingga rekomendasi plugin. Simak artikelnya hingga akhir, ya!

Baca Juga: CMS (Content Management System) : Definisi dan Cara Kerjanya

Manfaat WordPress Page Builder

manfaat page builder

Tentu saja ada banyak sekali manfaat WordPress Page Builder jika Anda ingin mencobanya. Beberapa contohnya seperti menghemat waktu, karena Anda tidak repot menulis kode untuk setiap hal yang Anda butuhkan. Penjelasan lebih lengkap mengenai manfaatnya, akan kami jelaskan pada bagian ini.

  • Menghemat Waktu

Salah satu manfaat WordPress page builder adalah Anda dapat menggunakan fitur seret dan lepas, akan sangat memangkas waktu yang Anda perlukan dalam mengembangkan web. Anda tidak harus menulis kode dari awal, ataupun memiliki keahlian khusus. Karenanya, fitur ini harus Anda coba untuk mempercantik web Anda.

  • Pembuatan Mockup Lebih Cepat

Saat pengembangan website akan Anda mulai, Anda mungkin akan membuat mockup website untuk mendapatkan gambaran yang Anda inginkan. Menggunakan fitur seret dan lepas, manfaat WordPress page builder selanjutnya adalah mempercepat proses pembuatan, serta mendukung Anda untuk mencoba berbagai opsi yang tersedia.

  • Penggunaan WordPress Page Builder Bisa Berulang

Anda bisa menggunakan ulang template yang telah Anda buat. Anda juga bisa menggunakan page Builder, untuk membangun template website. Jadi, tidak hanya pembangunan website yang menjadi mudah, tapi juga memberikan Anda kesempatan untuk membuat template yang bisa Anda gunakan berulang.

  • Penyuntingan Website yang Lebih Cepat dan Mudah

Apabila klien mempunyai permintaan untuk menyunting, Anda bisa mengimplementasikan perbaikannya dengan lebih cepat. Ada banyak sekali fitur, dan mungkin akan membingungkan dan membutuhkan waktu banyak, sekalipun Anda berpengalaman dalam bahasa pemrograman.

Membuat dan mengimplementasikan fitur kompleks, membutuhkan waktu yang sangat banyak. Tema serta Page Builder WordPress dengan alat seret dan lepas, memasukkan fitur rumit lewat blok yang Anda bawa ke desain yang Anda telah buat. Karenanya, Anda bisa menawarkan lebih banyak jasa serta fitur ke klien Anda.

Baca Juga: Tips dan Trik WordPress Terbaik Tahun 2022

Fitur-Fitur Penting Dalam WordPress Page Builder

fitur wordpress page builder

Ada banyak sekali fitur-fitur yang membantu Anda dalam pengembangan website, terutama jika Anda ingin membuat tampilan yang lebih kompleks dan menari. Selanjutnya, kami akan membahas fitur-fitur tersebut, berikut kegunaannya.

  • Desain Pre-built

Blok atau modul desain pre-built bisa Anda seret, dan lepas. Modul-modul tersebut berisi, paragraf, foto, grafik, dan fitur-fitur website yang lebih kompleks lagi. Contohnya adalah galeri foto, widget yang bisa Anda kostumisasi, penghitung waktu mundur, serta carousel. Selain itu, halaman juga beris opsi layout seperti kolom.

  • Pilihan Style yang Instan

Anda bisa mengandalkan page builder untuk memberikan fitur kustomisasi, dalam satu kali klik, Anda pun bisa mengganti banyak elemen, seperti font, warna, gaya, ukuran, dan pilihan antara slider atau dropdown. Selain itu, apabila memiliki klein, Anda juga bisa menawarkan pilihan yang luas mengenai tren terkini. 

  • Ragam Template

Pada kebanyakan plugin WordPress page builder, terdapat beberapa template yang bisa Anda pilih. Karenanya, selagi Anda mendesain sebuah website dari awal, dan menggunakan blok atau modul visual, Anda juga bisa memilih template atau tema untuk proses desainnya. Add-on juga memperluas fungsionalitas apabila Anda membutuhkannya. 

  • Dapat Menyimpan Blok atau Modul

Manfaat terakhir adalah, Anda bisa mengkostumisasi blok atau modul, kemudian menyimpannya untuk penggunaan berulang. Setelah Anda memasukkan modul, dan sudah puas dengan halaman yang ada, Anda bisa menyimpan blok atau kombinasi modul yang Anda gunakan sebagai template. Ini sangat praktis untuk Anda gunakan lagi.

Rekomendasi Plugin WordPress Page Builder

Plugin pada WordPress Page Builder umumnya seseorang gunakan apabila ingin membuat tampilan yang lebih personal, atau ingin mengkostumisasi lebih banyak elemen. Ada beberapa plugin populer yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • WPBakery Page Builder

WpBakery page builder merupakan salah satu rekomendasi plugin WordPress yang paling populer, dan paling banyak orang gunakan. Sebelumnya, plugin ini memiliki nama Visual Composer.

Namun, sejak pemisahan terjadi dan keduDulu disebut Visual Composer, keduanya terpecah dan WPBakery menjadi plugin tersendiri. WpBakery Page Builder dapat Anda gunakan sebagai page builder back-end, serta front-end yang memungkinkan kreasi dengan desain responsif. Dengan pilihan template yang tersedia, serta fleksibilitas nya, WPBakery merupakan pilihan solid.

  • Visual Composer Website Builder

Rekomendasi plugin WordPress page builder selanjutnya adalah Visual Composer Website Builder. Setelah sebelumnya pengembang merilis WPBakery Page Builder, akhirnya Visual Composer juga mengalami pengembangan. Visual Composer telah mendapatkan penggubahan, dan tidak hanya menjadi page builder WordPress, tetapi juga menjadi site builder secara penuh.

Ini artinya, Anda tidak hanya bisa mengganti konten tanpa pengetahuan tentang pemrograman, atau tentang menulis kode, tapi Anda juga bisa mengganti area layout lain, seperti footer dan header.

  • Elementor

Berbeda dari 2 opsi sebelumnya, Elementor gratis untuk Anda gunakan. Meskipun Elementor juga menawarkan pilihan premium, versi gratisnya tetap menawarkan manfaat yang cukup menarik, seperti akses ke editor drag and drop website, 40 widget, 30 template, serta penyuntingan premium.

Apabila Anda mengambil pilihan premiumnya, Elementor merupakan rekomendasi plugin WordPress yang menawarkan opsi yang lebih mantap lagi. 

  • Beaver Builder

Beaver Builder merupakan rekomendasi plugin WordPress yang dapat menyederhanakan proses pembangunan website. Plugin ini menawarkan page builder serta tema framework, sehingga pengembang dapat menciptakan website secara cepat dan mempersingkat alur kerjanya.

Beaver Builder bisa Anda andalkan, karena selain simpel, apabila Anda bandingkan dengan page builder lainnya, plugin ini fokus pada performa dan stabilitas.

Baca Juga: 10 Tips Terbaik WordPress 2022 Bagi Pengguna Pemula

Kesimpulan dan Penutup

Saat Anda memiliki keinginan untuk mengembangkan website, Anda mungkin akan mencari CMS atau Content Management System, agar Anda bisa membangun website tanpa perlu menulis kode, atau mempunyai banyak pemahaman mengenai bahasa pemrograman. Salah satu CMS yang paling banyak orang gunakan adalah WordPress. 

WordPress memberikan fitur menarik seperti page builder. Yaitu fitur seret dan lepas, yang Anda bisa gunakan untuk menata website Anda. Bagaimana pun pengetahuan, atau kemampuan Anda, Anda tetap bisa menciptakan website yang menarik dan baik dengan fitur tersebut. 

 

Related Post :