10 Ide Startup Tahun 2022

Informasi, Startup & Bisnis / 0 | | 1

Anda ingin membangun bisnis, tetapi masih kesulitan menentukan ide startup. Jika Anda ingin menjadi pengusaha atau CEO sebuah perusahaan, tentu harus memperhatikan atau memilih sebuah ide yang tidak hanya Anda ketahui dan sukai tetapi juga ide yang berpotensi berkembang seiring berjalannya waktu. Untuk tahun 2022 perlu diingat, pebisnis juga harus mempertimbangkan kondisi new normal karena pandemi COVID-19 telah mengubah cara kebanyakan orang dalam membeli dan menggunakan barang ataupun jasa.

Muncul dengan ide-ide startup yang brilian mungkin terasa sulit bagi calon pengusaha terutama ketika tampaknya semua orang sudah mendapatkan ide yang sama seperti yang Anda pikirkan. Namun ada solusi lain yang mungkin dapat Anda terapkan seperti mencoba meningkatkan produk yang sudah ada atau memberikan sentuhan unik pada ide-ide lama. Salah satu dari manfaat berwirausaha salah satunya adalah Anda dapat membuat upaya peluncuran startup Anda sendiri. Selain kebebasan yang didapat dari menjadi bos bagi usaha yang Anda miliki, memulai bisnis dapat memberikan kepuasan kerja yang lebih besar dan potensi penghasilan yang lebih tinggi.

Disisi lain, mencoba untuk memulai sebuah startup telah menjadi keinginan banyak orang saat ini terlebih anak muda. Banyak anak muda yang terinspirasi untuk menjadi CEO atau pengusaha meskipun masih di usia yang junior. Namun jangan ragu, karena sebenarnya siapapun dengan usia berapapun dan berdomisili dimanapun dapat menjadi seorang pengusaha yang hebat asal didukung dengan ide yang tepat. Berikut adalah beberapa ide startup terbaik untuk membantu Anda menemukan kesuksesan di tahun 2022 dan seterusnya!

 

Baca Juga :  Jenis-Jenis Model Bisnis Startup Media yang Perlu Kamu Ketahui

 

Mengenal Apa Itu Startup

10 Ide Startup Tahun 2022
 

 

Startup adalah perusahaan atau usaha yang berfokus pada satu produk atau layanan yang ingin dibawa oleh pendirinya ke pasar. Perusahaan-perusahaan ini biasanya tidak memiliki model bisnis yang sepenuhnya berkembang dan yang lebih umum, Startup biasanya kekurangan modal yang cukup untuk pindah ke fase bisnis berikutnya karena sebagian besar perusahaan ini awalnya didanai oleh pendiri mereka. Banyak startup yang terdiri dari banyak pendiri guna mendapatkan lebih banyak dana, termasuk keluarga, teman, dan pemodal ventura.

Setiap Startup dapat menggunakan modal awal untuk berinvestasi dalam penelitian dan mengembangkan rencana bisnis Anda. Riset pasar juga membantu menentukan permintaan akan produk atau layanan, sementara rencana bisnis yang komprehensif dapat menguraikan pernyataan misi, visi, dan tujuan perusahaan Anda, serta strategi manajemen dan pemasarannya. Jika berjalan dengan baik, sebuah startup dapat bekerja seperti perusahaan lain dimana didalamnya ada sekelompok karyawan yang bekerja sama untuk menciptakan produk yang akan dibeli pelanggan. Namun yang membedakan startup dari bisnis lain adalah cara startup melakukannya.

Perusahaan biasa menduplikasi apa yang telah dilakukan sebelumnya. Calon pemilik restoran dapat mewaralabakan restoran yang sudah ada. Artinya, mereka bekerja dari template yang sudah ada tentang bagaimana bisnis seharusnya bekerja. Sebuah startup di sisi lain bertujuan untuk membuat template yang baru. Contohnya dalam industri makanan, startup mungkin menawarkan perlengkapan makan, seperti Blue Apron atau Dinnerly yang menyediakan hal sama seperti restoran lain tetapi dengan kenyamanan dan pilihan yang tidak dapat ditandingi oleh perusahaan biasanya. Dengan strategi yang baik dan benar, sebuah startup dapat memperoleh puluhan juta pelanggan potensial bahkan bukan hanya ribuan.

Hal-hal Ini dapat menunjukkan faktor kunci lain yang membedakan startup dari perusahaan lain seperti kecepatan dan pertumbuhannya. Startup bertujuan untuk membangun ide dengan sangat cepat. Mereka sering melakukan ini melalui proses yang disebut iterasi di mana mereka terus meningkatkan produk melalui umpan balik dan data penggunaan. Seringkali, sebuah startup akan memulai dengan kerangka dasar produk yang disebut produk minimal yang layak Minimum Viable Product (MVP) yang akan diuji dan direvisi hingga siap dipasarkan. Sementara mereka meningkatkan produk mereka, perusahaan rintisan juga umumnya ingin memperluas basis pelanggan mereka dengan cepat. Ini membantu mereka membangun pangsa pasar yang semakin besar, yang pada akhirnya memungkinkan mereka mengumpulkan lebih banyak uang yang kemudian memungkinkan mereka mengembangkan produk dan audiens mereka lebih banyak lagi.

Semua pertumbuhan dan inovasi yang cepat ini biasanya secara implisit atau eksplisit untuk mencapai tujuan akhir yaitu go public. Ketika sebuah perusahaan membuka diri untuk investasi publik, itu menciptakan peluang bagi investor awal untuk menuai hasilnya sehingga baik Anda sebagai pemilik perusahaan dan investor yang mendanai akan sama- sama meraih keuntungan.

 

Baca Juga :  Startup : Sejarah Singkat dan Cara Kerjanya

 

10 Ide Startup untuk Tahun 2022

10 Ide Startup Tahun 2022
 

 

Untuk memulai sebuah startup, Anda harus menemukan ide yang cocok dengan preferensi dan kemampuan atau skill yang ada miliki. Berikut 10 rekomendasi ide startup dibawah ini semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

  • Layanan kurir medis

    Jika Anda memiliki mobil yang dapat dimanfaatkan dan keterampilan manajemen waktu yang solid. Orang-orang membutuhkan jenis layanan ini sekarang lebih dari sebelumnya. Sebagai pengemudi, Anda akan bertanggung jawab untuk mengangkut barang-barang medis seperti spesimen laboratorium, obat resep, dan alat kesehatan. Anda dapat memulai layanan kurir Anda atau menyewa pengemudi lain untuk bekerja untuk Anda.

  • Layanan perawatan di rumah

    Perawatan dan keramahtamahan dapat sangat bermanfaat dalam membantu manula yang tinggal di rumah yang membutuhkan perawatan di rumah. Ini juga layanan yang akan mendapat permintaan meningkat. Menurut National Institute on Aging, populasi global yang berusia 85 tahun ke atas diperkirakan akan tumbuh 351 persen antara tahun 2010 hingga 2050, sedangkan jumlah centenarian (orang yang berusia di atas 100 tahun) diperkirakan akan tumbuh sepuluh kali lipat. Banyak yang akan membutuhkan perawatan dan dukungan dari rumah. Untungnya, Anda tidak memerlukan riwayat dalam perawatan kesehatan untuk membantu orang tua sambil tetap mengembangkan bisnis yang menguntungkan. Banyak warga lanjut usia membutuhkan bantuan dengan berbagai pekerjaan kecil, contohnya tugas-tugas ringan di rumah. Namun disisi lain keahlian yang cukup, Anda dapat mengembangkan ide-ide startup ini untuk membantu para manula dalam transisi dari rumah mereka ke fasilitas tempat tinggal yang baru. Terkadang manula membutuhkan bantuan seperti pengepakan, transportasi, penyiapan barang-barang, atau penyimpanan furnitur mereka.

  • Layanan penitipan anak

    Ada krisis penitipan anak yang terjadi sekarang. Paparan virus corona, penutupan penitipan anak, dan kenaikan biaya membuat orang tua tidak punya pilihan selain merawat anak-anak mereka di rumah. Meningkatnya permintaan akan layanan penitipan anak dengan pasokan yang semakin berkurang merupakan perpaduan yang sempurna untuk memulai bisnis baru. Jika Anda senang mengasuh anak dan bisa mendapatkan izin yang sesuai, bisnis penitipan anak dapat menjadi ide bisnis startup yang bagus untuk Anda.

  • Delivery makanan

    Orang-orang di seluruh dunia beralih ke takeaways ketika restoran favorit mereka tutup karena pandemi. Bahkan sekarang ketika restoran dan bar mulai buka kembali, orang-orang masih tetap menyukai makanan untuk dibawa pulang atau diantarkan kurir. Hal ini telah menyebabkan pengiriman makanan menjadi industri yang menguntungkan. Anda dapat memutuskan untuk membuat alternatif lokal baru yang berkelanjutan selain contoh yang sudah ada seperti Gofood, Grabfood, dan Shopeefood.

  • E-niaga

    Banyak orang saat ini memilih untuk berbelanja secara online, dengan 2,14 miliar orang di seluruh dunia membeli setidaknya satu barang secara online selama tahun ini. Sistem eCommerce atau pasar online tidak hanya akan memperluas pilihan yang dimiliki pembeli tetapi juga memungkinkan penjual untuk menjual barang dagangannya kepada pelanggan baru, siapapun dan dimanapun mereka berada. Maka dari itu membuat sebuah platform e-commerce dapat menjadi ide startup yang diperhitungkan saat ini karena dapat berpeluang berkembang pesat.

Baca Juga :  Cara dan Langkah Memulai Startup yang Sukses

  • Keamanan siber

    Karena banyak orang yang bergantung pada internet untuk berbelanja, bekerja, dan berkomunikasi dengan orang lain, risiko kejahatan dunia maya pun meningkat. Diperkirakan satu dari tiga bisnis menjadi korban serangan siber seperti phishing, ransomware, dan malware di tahun-tahun yang lalu. Departemen pemerintah, badan amal, dan bahkan sekolah sekarang tidak luput dari sasaran kejahatan siber sehingga akhirnya perusahaan akan menghabiskan banyak waktu dan uang untuk memperbaiki keadaan. Ini membuat startup keamanan siber menjadi pilihan yang baik. Tidak hanya banyak orang dan bisnis yang akan menggunakan layanan Anda, tetapi Anda juga membantu menjadikan internet tempat yang lebih baik dan lebih aman. Anda juga dapat fokus pada layanan proaktif seperti pengujian penetrasi atau reaktif, tergantung dimana keahlian Anda berada. Diperkirakan bahwa pasar keamanan siber global akan bernilai luar biasa hampir 5 kuardriliun rupiah pada tahun 2026 .

  • Membuat pasar Software as a Service (SaaS)

    Pertumbuhan teknologi cloud dan peningkatan orang yang bekerja dari rumah membuat pasar SaaS semakin menarik. Hal menarik tentang SaaS adalah banyaknya audiens target yang dapat Anda tarik, mulai dari perangkat lunak penjadwalan media sosial untuk influencer hingga perangkat lunak akuntansi untuk bisnis. Jenis startup ini juga mudah untuk dikembangkan dan dapat menjamin tingkat pendapatan pasif yang baik. Jika Anda ingin pindah ke dunia SaaS, hal terbaik yang harus dilakukan adalah berbicara dengan audiens target Anda dan mengidentifikasi titik kesulitan mereka. Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka menghemat waktu, uang, dan menjadi lebih efisien? Ini akan membantu Anda membuat layanan berlangganan perangkat lunak yang ingin dibeli calon pelanggan.

  • Internet of Things (IoT)

    Dari bola lampu pintar dan sistem keamanan rumah hingga mobil yang dapat mengemudi sendiri, Internet of Things menjadi semakin berpengaruh dalam semua kehidupan manusia. Dengan Wi-Fi dan teknologi 5G, semua kebutuhan harian dapat dilaksanakan dengan lebih gampang. Ide-ide startup berbasis IoT benar-benar dapat menuai manfaat pada tahun 2022. Ada banyak cakupan juga dengan pasar IoT. Anda tidak perlu membuat perangkat IoT baru untuk masuk ke industri ini. Sebagai gantinya, Anda dapat meningkatkan produk yang sudah ada, atau membuat aplikasi atau layanan SaaS yang mendukung perangkat IoT. Ini berarti Anda tidak perlu pengalaman teknologi tinggi untuk melakukan hal-hal hebat bidang ini. Selain itu, berita baiknya bahwa pendanaan startup IoT meningkat 15% dari tahun ke tahun. Buat rencana bisnis Anda dan dapatkan investor untuk bergabung dengan rencana Anda.

  • Layanan kebugaran

    Mirip dengan perawatan kesehatan, banyak orang sekarang ingin melakukan lebih olahraga rutin untuk tidur mendapat lebih yang nyenyak, hidup lebih lama, dan menyesuaikan diri dengan pandemi covid 19. Namun salah satu masalah utama orang dewasa adalah tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Hal ini berarti dapat menjadi ide startup untuk menghemat waktu yang bermanfaat bagi banyak orang. Anda dapat menawarkan kelas online, aplikasi pelacakan makanan, atau bahkan pengalaman gym realitas virtual melalui aplikasi kebugaran.

  • Perencana acara virtual

    Perencanaan acara virtual adalah ide bisnis yang menguntungkan jika Anda senang mengatur dan menghubungkan orang. Tumbuh sebesar 23% per tahun, kenaikan signifikan dalam acara bisnis dan adopsi alat virtual untuk melakukan rapat akan menjaga pertumbuhan pasar ini tetap tinggi. Sebagai perencana acara virtual, Anda akan bertanggung jawab untuk membuat konferensi virtual, peluang jaringan, dan sesi pendidikan untuk perusahaan di seluruh dunia. Jika Anda menginginkan keamanan kerja untuk masa depan, perencanaan acara virtual adalah cara yang baik.

 

Baca Juga :  Manfaat Menerapkan Alur Kerja/Workflow Strategy yang Baik Untuk Bisnis dan Startup

 

Kesimpulan dan Penutup

Berkat kombinasi teknologi, investor, dan kemampuan untuk menguji ide dengan cepat, membangun startup yang sukses mungkin saja dapat menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Ide bisnis kecil yang tercakup di atas bahkan dapat digabungkan dalam berbagai cara untuk memulai startup unik milik Anda. Tidak masalah apakah Anda memilih salah satu dari ide bisnis startup ini atau ada ide yang datang dari diri sendiri, pasti akan ada banyak peluang berlimpah bagi Anda yang termotivasi untuk menghasilkan uang dan memulai usaha sendiri.

Dunia wiraswasta bisa jadi menantang, tetapi dengan sedikit kerja keras dan pengetahuan, Anda dapat mewujudkannya. Semoga artikel ini dapat sedikit memberikan Anda motivasi ataupun gairah yang positif dalam memulai tahun 2022 ini menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Mulai berjuang untuk langkah-langkah kecil yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya lebih baik daripada hanya berangan-angan. Selamat mencoba!

Related Post :