5 Langkah Mudah UMKM Sukses Bangun Website Pertamanya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Meningkatnya pengguna internet setiap tahun tentunya para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) harus berbenah diri. Termasuk didalamnya membangun website. Namun, seringkali UMKM tidak mengerti bagaimana wawasan dan persiapan apa yang harus dimiliki ketika membangun website untuk usahanya.

Berikut ada 5 (lima) langkah mudah agar UMKM memiliki wawasan dan persiapan dalam membangun webistenya :

1. Pertimbangkan Tampilan Website dan Kebutuhannya.

Salah satu elemen penting dalam membangun website adalah tampilannya. Sedari mungkin ketika ingin membangun tampilan website usaha anda. Carilah referensi sebanyak – banyak mungkin, sesuaikan dengan warna dan inti bisnis yang dijalani. Jangan sampai nanti ketika tidak memiliki referensi. Website berjualan barang elektronik memiliki tampilan website seperti sedang berjualan kebutuhan fashion tentu ini sangat disayangkan. Tampilan website juga berkaitan erat dengan branding usaha anda. Data juga kebutuhan yang diinginkan. Apakah ada menu penjualan online dan apa impact yang diinginkan dari website usaha yang anda bangun.

Baca Juga : Alasan Kenapa UMKM Harus Punya Website dan Toko Online

2. Fitur Website dan Elemen Multimedia

Fitur website dan elemen multimedia juga penting. Dari kecanggihannya dan kemudahan akses oleh para penggunanya. Misalnya tambahan plugin tertentu. Ingin menampilkan gambar, video, foto atau dokumentasi lain. Bahkan memasukkan unsur suara dan music. Diskusikan kembali kebutuhan dan kecanggihan yang ingin dihadirkan di website yang ingin anda bangun.

Pelajari juga trik – trik untuk menambah fitur tertentu di website anda kedepannya. Misalnya menambahkan gambar agar ringan diakses, menambahkan fitur video, link, dan sebagainya.

3. SEO Friendly dan Responsif

Siapa yang tidak ingin berada di page one mesin pencari ? Siapapun yang memiliki website ingin websitenya dikunjungi bukan? Nah untuk itu tehnik SEO (Search Engine Optimatizion) banyak diajarkan agar website kita mudah ditemukan dan diakses banyak orang.

Carilah template atau website referensi yang ramah SEO kemudian pelajari trik – trik menggunakan keyword agar website usaha anda mudah dikenali. Sering lakukan update dan juga pilih yang responsive dan ringan. Ditambah lagi pengguna smartphone semakin meningkat tentunya usahakan website yang kita miliki mobile-friendly sehingga mudah diakses dimanapun dengan tampilan yang enak dilihat.

Salah satu trik lainnya menggunakan aplikasi tambahan untuk meninjau sejauh apa SEO di website anda bekerja dengan baik. Misalnya Google Analytics. Coba gunakan berbagai aplikasi lainnya untuk mendapatkan trend terbaru yang bisa menjadi bahan anda untuk membuat konten berkualitas dan mudah ditemukan.

4. Tools Media Sosial

Saat ini kita sudah tidak asing berjualan dengan media social. Salah satu yang bisa mendongkrak penjualan dan brand awareness usaha kita dengan begitu cepat dan mudah. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang memudahkan kamu mengupdate konten secara berkala tanpa harus stand by sepenuhnya di handphone kamu.

Ada aplikasi buffer atau hootsuite. Aplikasi ini memudahkan anda untuk bisa mengupdate konten terbaru, promosi, layanan, dan berbagai konten secara realtime dan dapat disettings dengan waktu yang diinginkan. Selain itu kita juga mendapatkan stasistik bagaimana konten kita di mata para followers sejauh apa efektifitas dan engagementnya.

5. Penyedia Layanan Cocok

Layaknya mencari jodoh. Kita harus bisa memilah penyedia layanan yang tentunya sesuai dengan kebutuhan kita. Baik dari penyedia layanan membangun website, penyedia layanan hosting dan domain dan juga klien iklan yang juga mendukung rencana anda untuk membangun website dan mengoptimalisasinya untuk usaha anda. Hal ini penting karena sangat berkaitan dengan keinginan anda dalam membangun website. Apa lebih meningkatkan layanan support sehingga mudah diakses, bisa juga untuk meningkatkan penjualan atau juga meningkatkan citra baik / branding usaha yang anda miliki.

Nah itu 5 (lima) langkah bagi anda para pelaku UMKM, pebisnis yang ingin membangun website pertamanya dan berhasil mengoptimalisasi website pertamanya. Semoga bermanfaat!

Related Post :

popup image