Membuat Website : Penempatan yang Teratur (Bagian 3)

Membuat Website : Penempatan yang Teratur (Bagian 3)

Baik Anda sudah memiliki situs web selama 10 tahun atau baru saja memulai, topik kali ini akan memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk merencanakan dan membuat atau membuat ulang situs untuk mencapai sasaran bisnis. Pada artikel ini kita akan mempelajari mengenai enam karakteristik situs web yang baik:

Selanjutnya pelanggan Anda akan berselancar lebih jauh di dalam website Anda. Bayangkan ini sebagai pelanggan yang masuk ke toko Anda. Pengaturan apa yang Anda lakukan terhadap toko Anda agar pelanggan mudah menemukan apa yang mereka cari? Bagaimana supaya pelanggan tidak ‘tersesat’ di dalam toko Anda? Untuk membantu pelanggan tersebut maka dibuatlah navigasi yang lebih sederhana, seperti:

  • Menu Header yang biasa terdapat di bagian atas website dan memuat menu kategori konten-konten yang terdapat di dalam website. Pastikan menu ini muncul di setiap halaman di dalam website. Pada perangkat seluler menu header ini biasanya diganti dengan drop-down menu yang lebih mobile-friendly. Berkaitan dengan menu header, pastikan tata letak konten di dalam website pun sudah
  • Kolom pencarian berfungsi untuk pelanggan yang ingin langsung mencari informasi dalam website Anda dengan kata kunci tertentu.
  • Call to action, memudahkan pelanggan Anda melakukan aksi
  • Gunakan home button untuk memudahkan pelanggan kembali ke halaman utama.

Riset menunjukkan bahwa 40% calon pembeli menunggu tidak lebih dari 3 detik sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke website lainnya. Dengan demikian kecepatan loading halaman menjadi factor penting dalam website yang mobile friendly. Untuk membuat website Anda menjadi mobile-friendly, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam website Anda: Gambar yang berukuran besar akan membuat kecepatan loading halaman semakin berat, sehingga gunakan size yang sesuai. Selain itu, pastikan resolusi gambar fleksibel dan ratio nya masih sama ketika diakses via mobile. Gunakan desain yang sederhana dan navigasi yang mudah, hindari menampilkan terlalu banyak button yang mengganggu dalam satu halaman. Kecepatan loading website juga akan semakin meningkat dengan menggunakan gambar yang sama untuk background halaman website.

Anda mungkin pernah dengar istilah, “arsitektur informasi” atau “IA”. Kedengarannya teknis, namun Anda tidak perlu menjadi desainer situs web, pemrogram, atau pun arsitek untuk membuatnya. Singkatnya, arsitektur informasi merupakan rencana untuk mengatur informasi di situs web Anda. IA memetakan bagian, halaman, dan fungsi situs Anda. Ada beberapa halaman dan bagian yang terdapat di sebagian besar situs web, termasuk: Halaman beranda, Bagian atau halaman “tentang kami”, Halaman kontak dimana Tergantung pada bisnis, Anda mungkin juga akan menyertakan bagian layanan atau produk.

Namun, bagaimana Anda mengatur info tersebut? Cara terbaik adalah dengan mempertimbangkan sasaran bisnis Anda. Pada awal pertemuan ini, Anda telah membuat daftar sasaran bisnis ANDA. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi saat merencanakan situs web.

Contoh bisnis : katakanlah Anda menjual kamera secara online. Anda membuat situs web dan ingin calon pelanggan dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah. Masalahnya – Anda memiliki BANYAK kamera. Kamera termurah Anda dijual seharga $45, dan Anda memiliki 300 opsi yang rentang harganya mencapai $2.000. Jadi, bagaimana Arsitektur Informasi dapat membantu Anda?

Arsitektur Informasi ini dapat membantu Anda mengatur kamera dengan cara membantu pelanggan menemukan yang mereka cari. Anda tahu bahwa pelanggan dikelompokkan menjadi empat kategori; “audiens.” Satu audiens berisi fotografer biasa, orang yang ingin mengambil foto bagus namun tanpa perangkat berlebihan. Audiens lainnya terdiri dari fotografer profesional yang membutuhkan kamera terbaik yang mampu mereka beli, untuk melakukan pekerjaan mereka.

Jadi, dari opsi tersebut, halaman landing manakah yang akan dipilih seorang fotografer biasa? Opsi A – benar! Dengan mengatur situs web untuk menampilkan produk berdasarkan harga, situs web Anda bisa muncul bagi pembeli yang tidak membutuhkan kamera mewah. Namun, untuk membantu audiens lain menemukan apa yang MEREKA inginkan, pikirkan cara lain untuk menampilkan info di situs Anda.

Jadi, IA akan menyusun rencana agar dapat mengatur kamera ke dalam kategori terbaik bagi target pelanggan Anda. Perhatikan: Tidak ada SATU CARA YANG BENAR UNTUK MELAKUKANNYA. Arsitektur informasi Anda mungkin akan berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu. Tetapi, memikirkannya dari awal akan memastikan situs web Anda memiliki awal yang baik.

Tentukan target audiens (Anda telah melakukannya tadi; apakah Anda punya ide baru?) Apa yang Anda harap didapatkan orang dari situs web ini? dan Tanyakan pada orang-orang apa yang ingin MEREKA dapatkan

Buat daftar kata kunci yang berkaitan dengan bisnis. Dapatkah Anda memasukkan apa saja ke navigasi/organisasi Anda? Gunakan daftar untuk membuat konten, warna, ikon, gambar pada situs tetap konsisten dengan sasaran

Buat daftar info/fitur yang Anda miliki (atau ingin dimiliki) di situs web Anda. Bagaimana mereka akan membantu mencapai tujuan bisnis Anda?

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update