Apa itu Domain : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Setelah sebelumnya membahas tentang apa itu hosting, tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas sahabat dekat dari hosting, siapa lagi kalau bukan domain. Pasti Anda sudah sering mendengar kata domain ini. Apakah pernah Anda mendengar “Coba ketikkan domain ini untuk masuk ke websitenya”. Dari perkataan tersebut saja kita bisa menebak dan mengambil makna bahwa domain seperti sebuah alamat pengenal bagi sebuah website di internet. Sebuah alamat website atau domain ini mempermudah kita untuk menemukan, mengenali, hingga mengingat suatu website.

Sekarang memang tidak bisa dipungkiri jika setiap orang dalam sehari pasti melakukan konsumsi terhadap konten-konten yang terdapat di internet. Salah satu media yang sering mereka pakai adalah website. Website adalah sebuah wadah yang berisi beragam informasi yang dapat diakses secara digital. Website berbentuk sebuah situs/halaman di internet. Banyak sekali manfaat website jika kita mempelajari lebih detail, dari sisi ekonomi website bisa sebagai media marketplace, sedangkan dari sisi edukasi website bisa menjadi portal media belajar yang mudah diakses, dan masih banyak lagi keuntungan-keuntungan website. Namun, apakah  Anda  tahu jika website ternyata terdiri dari komponen-komponen yang disatukan hingga website bisa muncul di internet. Salah satu komponen penting website adalah domain seperti yang sudah kita bahas tadi.

Domain merupakan komponen dalam website yang sangat penting. Selain hosting domain merupakan komponen utama agar website bisa muncul di dunia digital. Domain diibaratkan sebagai sebuah tanda pengenal website. Tanpa tanda pengenal ini apakah Pengakses bisa mengetahui website tersebut? Tentu tidak kan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika domain ini sering diketikkan di search engine agar kita masuk ke dalam website. Pertanyaanya adalah apakah Anda sudah tahu struktur dari website itu apa? Biasanya kita sering mengetikkan di search engine seperi contoh: www(dot)abcd(dot)com. Dari contoh tersebut mana yang disebut domain? Apakah www atau abcd atau bahkan .com. Jika kalian ingin menjawabnya simak penjelasan pada artikel ini.

 

Mengenal Apa Itu Domain

Apa itu Domain Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya
 

Sebuah domain adalah bukti nyata suatu website berada di Internet, seperti halaman web. Nama domain web adalah pengganti yang menggantikan alamat Internet Protocol (IP). Misalnya kita bisa mengganti IP address 123.456.789.100 dengan nama domain seperti www(dot)abcd(dot)com. Membuat terjemahan dari alamat IP ke nama domain dilakukan melalui Domain Name System (DNS). Menggunakan contoh kami sebelumnya, Anda dapat melihat bahwa jauh lebih mudah mengingat nama domain daripada alamat IP.

Penasaran tentang pertanyaan diawal? Yang manakah domain yang sebenarnya, Mari kita lihat nama domain kita lebih dekat. Nama domain seperti contoh diatas adalah www(dot)abcd(dot)com. Www adalah domain tingkat ketiga, memberi tahu browser Anda untuk mencari nama domain di web. Bagian kedua, ‘abcd’, unik dan dianggap sebagai nama domain level kedua, dan bagian .com mewakili domain level teratas, atau TLD. Jadi, penjelasan diatas sudah jelas jika domain memiliki struktur dari Third Level Domain, Second Level Domain, hingga yang paling atas Top Level Domain. TLD ini juga sering dibilang ekstensi domain, pasti Anda  sudah mengetahuinya juga, contohnya seperti .com, .net, .id, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Apa itu PPH Pasal 26 : Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitungnya 

 

Fungsi-Fungsi dari Domain

 

Apa itu Domain Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasinya
 

Alamat Protokol Internet, atau IP, berbeda dari nama domain. Alamat IP adalah sekumpulan instruksi numerik yang sebenarnya. Ini mengkomunikasikan informasi yang tepat tentang alamat dengan cara yang berguna untuk komputer tetapi tidak masuk akal bagi manusia. Nama domain berfungsi sebagai penghubung ke alamat IP. Tautan tidak berisi informasi aktual, tetapi mengarah ke tempat informasi alamat IP berada. Lebih mudah untuk menganggap alamat IP sebagai kode sebenarnya dan nama domain sebagai nama panggilan untuk kode itu. Alamat IP tipikal terlihat seperti rangkaian angka. Bisa jadi 123.456.789.100, misalnya. Namun, manusia tidak dapat memahami atau menggunakan kode itu. Singkatnya, nama domain adalah bagian dari URL, yang mengarah ke alamat IP.

Tujuan utama dari nama domain adalah untuk membantu pengunjung menemukan situs web Anda dengan sedikit usaha. Nama domain web Anda adalah identitas Anda di Internet dan harus cukup khas untuk membedakan Anda dari pesaing  sekaligus cukup deskriptif untuk menyampaikan informasi penting tentang Anda atau organisasi Anda. Dengan kata lain, situs web dengan nama domain berkualitas menciptakan gambaran tentang apa yang ada di dalamnya, mirip dengan bisnis yang memiliki jendela etalase unik dan modis. Dengan melihat ke dalam jendela (domain Anda), calon pelanggan dapat melihat sekilas tentang apa situs web Anda. Satu catatan tambahan: Anda dapat memasukkan nama domain Anda sebagai bagian dari beberapa alamat email, yang memungkinkan untuk mempertahankan pemisahan antara departemen dan layanan.

Baca Juga : Mengapa Menggunakan Server VPS Indonesia untuk Bisnis Online Anda 

 

Cara Kerja dari Domain

DNS bekerja dengan menerjemahkan alamat IP yang ditetapkan menjadi nama yang lebih mudah diingat dan sama layaknya yang Anda buat. Baik nama domain dan alamat IP terkaitnya unik, dan duplikasi tidak dapat digunakan. Jaminan non-duplikasi atau imitasi bahwa email diterima oleh penerima yang dituju dan bahwa pelanggan mencapai situs web yang diinginkan setelah memasukkan nama domain yang valid.

Sebagai fungsi tambahan, nama domain Anda tetap tidak berubah meskipun Anda mengubah server yang menghosting situs web Anda. Satu-satunya hal yang diperlukan di pihak Anda adalah memberi tahu DNS tentang server baru Anda. Dengan kata lain, jika Anda pindah dari Indonesia, Malaysia, Jepang, dan Inggris nama domain Anda tetap sama; yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungi kantor pos untuk memberi tahu mereka tentang alamat baru Anda.

 

Rekomendasi Domain Terbaik di Indonesia

Sebagai rekomendasi untuk Anda yang ingin mencari domain untuk website. Anda bisa mendapatkan domain yang murah dan layanan yang oke di IDClousHost. IDCloudHost merupakan registrar domain yang sudah populer di dunia perhostingan Indonesia. Meskipun baru berumur 5 tahun genap juni kemarin namun IDClousHost berhasil mencatatkan jumlah klien yang sangat fantastis yaitu 90 ribu. Tentu dengan jumlah yang banyak tersebut sudah tidak bisa diragukan lagi pelayanan yang diberikan IDClousHost. Berikut adalah rekomendasi domain sesuai dengan kebutuhan anda.

 

  • (dot)com merupakan domain paling populer di dunia.

    Domain ini merupakan kependekan dari commercial namun sering perkembangan waktu menjadi lumrah dipakai semua pemiliki website. untuk domain satu ini pasti Anda juga sudah tidak asing bahkan mungkin Anda merupakan penggunanya

  • (dot)net merupakan singkatan dari network atau networking.

    Ekstensi domain ini cocok bagi website yang berhubungan dengan dunia IT. Biasanya digunakan juga oleh para content writer maupun blogger. Juga bagi perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan jaringan Networking,perusahaan internet dan layanan internet lainnya.

  • (dot)id merupakan domain khusus bagi masyarakat Indonesia.

    Adapun syarat-syarat khusus jika ingin memiliki domain ini seperti:

    • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku.
    • NPWP Perusahaan/SIUP/TDP/Akta Pendirian Perusahaan/Surat izin yang setara.
    • Sertifikat Merek (bila ada)
    • Untuk nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama instansi yang mendaftarkan
  • (dot)info merupakan singkatan dari information.

    Domain ini banyak digunakan oleh website yang memberikan informasi atau blog personal. Ataupun bagi anda yang mempunyai personal blog yang kontentnya berisi konten informatif sering menggunakan domain ini. Bagi Anda pembaca juga dapat dengan mudah memilah website jika yang ingin dibaca hanya seputar informasi edukatif saja bisa googling dengan melihat kode domain ini.

  • (dot)org merupakan singkatan dari organization.

    Dimana biasanya domain ini digunakan untuk oganisasi-organisasi masyarakat. Domain ini kini berada pada tingkat atas yang digunakan dalam sistem penamaan dalam internet pengguna nya juga melonjak tajam. Bahkan sejak tahun 2012 sudah lebih dari sepuluh juta pengguna.

Baca Juga : Daftar VPN GRATIS untuk di Smartphone, PC dan Laptop Terbaik dan Terbagus 

 

Kesimpulan dan Penutup

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai apa itu Domain? Apakah Anda sudah paham mengenai tentang domain. Kebutuhan akan website memang tidak bisa dipungkiri akan terus bertambah seiring perkembangan zaman. Website adalah media yang sangat vital di era yang serba digital ini. Banyak sekali kegunaan dari website di berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, edukasi, keungan, dan masih banyak lagi. Namun, bagi Anda yang ingin membuat website harus memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan website seperti salah satunya domain.

Domain sering dikenal sebagai sebuah tanda pengenal pada sebuah website. Jadi ibaratnya domain seperti sebuah alamat rumah. Alamat ini digunakan oleh pengguna internet untuk menemukan dan mencari mereka. Domain ini sebenarnya mempermudah kita sebagai pengguna internet karena tanpa bantuan domain kita harus mengahafal alamat IP dari sebuah website. Maka dari itu peran domain sangat penting sekali. Demikianlah artikel mengenai apa itu domain, funsgi, cara kerja, dan rekomendasinya

Related Post :

popup image