Mengenal Apa Itu Figma dan Fitur-Fitur Terbaiknya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Kebutuhan akan desainer sangat meningkat, terlebih lagi Anda saat ini berada di dunia serba digital. Semua orang berlomba untuk menampilkan karyanya di internet. Termasuk persaingan antar bisnis, hampir semua bisnis membutuhkan seorang desainer. Baik itu untuk mendesain website atau postingan sosial media.

Anda yang tertarik untuk terjun ke dunia desain, Anda harus mencoba aplikasi Figma. Aplikasi Figma bisa Anda gunakan secara gratis tanpa perlu membeli lisensi. Anda bisa membuat banyak hal, seperti desain UI/ UX website, desain email marketing, logo, dan masih banyak lagi. Figma menjadi salah satu aplikasi desain yang populer karena keunggulannya.

Figma unggul karena fitur-fitur yang disediakan sangat canggih dan membantu para desainer untuk membuat karya sesuai keinginan. Anda bisa mendapatkan berbagai fitur menarik di figma. Artikel ini akan menyajikan informasi seputar fitur-fitur yang terdapat di Figma beserta plugin yang bisa membantu Anda dalam membuat desain. Simak artikel berikut ini sampai tuntas.

 

Apa Itu Figma dan Fitur-Fitur Menariknya

Mengenal Apa Itu Figma dan Fitur-Fitur Terbaiknya
 

 

Figma merupakan aplikasi desain yang bisa Anda gunakan secara gratis. Berbagai fitur disediakan untuk membantu Anda dalam membuat berbagai desain sesuai dengan keinginan Anda. Kegunaan fitur-fitur yang sangat beragam membuat Figma menjadi sangat populer terutama di kalangan desainer. Berikut ini adalah fitur-fitur menarik Figma yang bisa Anda coba.

  • Pustaka Komponen Figma

    Ada fitur yang sangat berguna di figma, salah satunya adalah pustaka komponen figma yang mempermudah Anda dalam merapikan variasi duplikat dari komponen yang sama dan menggabungkannya untuk mengatur pustaka aset tim Anda. Pustaka komponen figma sangat membantu Anda untuk berkolaborasi dengan anggota tim desain Anda.

  • Bulleted Lists

    Anda dapat dengan mudah membuat daftar penting untuk membuat sebuah desain vektor menggunakan Bulleted Lists. Dalam bulleted list, Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat proyek desain UI/UX website bisnis Anda. Terlebih lagi, fitur Bulleted Lists ini bisa membuat Anda melakukan modifikasi modifikasi warna visual melalui warna teks, goresan, dan efek.

  • Menghubungkan Beberapa Akun Figma

    Anda bisa mengakses akun figma, working space, dan profil komunitas dalam satu layar. Hal canggih lainnya dari figma adalah fitur dimana Anda bisa mengakses 10 akun figma. Jika Anda ingin menambah akun figma, Anda bisa klik di sudut kanan atas untuk membuka pengalih akun. Ini sangat membantu Anda jika Anda memiliki banyak proyek desain bisnis yang harus Anda jalankan dalam waktu yang bersamaan.
     
    Baca Juga   :   Apa itu React : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Kerjanya

  • Inspect Tab

    Inspect tab atau Tab Inspeksi mulai menggantikan panel kode figma. Anda bisa sangat mengandalkan fitur ini untuk mendapatkan nilai dan kode dari desain yang sedang Anda kerjakan. Inspect tab sangat menguntungkan bagi para developer, bahkan anggota tim Anda juga bisa mengekstrak data tersebut menjadi nilai dan kode dari sebuah desain. Data yang bisa diekstrak seperti warna, varian, properti, bayangan, konten, bayas, dan tipografi dari tab ini.

  • Instance Swap Menu

    Instance swap menu diluncurkan pada tahun 2020 untuk menyertakan menu gaya push. Fitur ini dapat memungkinkan Anda, khususnya desainer dalam menjelajahi antar komponen dengan mudah. Anda bisa melakukan drop-down untuk beralih di antara pustaka tim Anda. Selain itu, ada thumbnail ramping untuk pratinjau komponen.

  • File Komunitas Figma dan Pustaka Plugin

    Figma merupakan salah satu aplikasi desain yang memungkinkan Anda untuk bergabung dalam komunitas desain. Anda bisa mendapatkan banyak dukungan dari desainer lain untuk mengerjakan proyek desain Anda. Bahkan Anda juga bisa berkontribusi untuk figma dengan membuat template atau ilustrasi bagi para desainer lainnya. Hal-hal yang bisa Anda dapatkan juga antara lain adalah ilustrasi, sprint desain jarak jauh, template figma, dan plugin figma. Ada lebih dari 40 plugin yang tersedia untuk Anda, bukan sampai di situ, plugin yang tersedia juga akan terus bertambah karena setiap orang bisa mendistribusikan plugin mereka ke dalam figma.

 

Baca Juga  :    Wireframe : Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Membuatnya

 

Daftar Plugin Penting yang Terdapat di Figma

Mengenal Apa Itu Figma dan Fitur-Fitur Terbaiknya
 

Selain fitur-fitur yang canggih, ada beragam plugin yang tersedia di figma. Plugin bisa menjadi alat bantu Anda dalam mendesain karya Anda. Semua plugin tersebut tersedia secara gratis dan bisa langsung Anda install ke figma Anda. Berikut ini adalah plugin penting yang terdapat di figma.

  • Wireframe

    Anda sebagai desainer bisa memiliki lebih dari 350 grafik atau kartu wireframe yang dibuat khusus untuk digunakan. Anda tidak perlu menjadi seseorang yang pro dalam menggunakan figma, wireframe adalah plugin yang bisa digunakan oleh siapa pun, bahkan pemula sekalipun. Anda bisa membuat banyak prototipe atau hanya untuk melakukan kesenangan dengan mendesain sesuatu di figma, semua itu dapat dilakukan.

  • Palet Warna

    Anda yang memiliki jiwa artistik pasti akan sangat menyukai plugin yang satu ini. Plugin palet warna atau color palette tersedia di figma. Anda bisa menggunakan warna yang ingin Anda gunakan, ada banyak daftar warna palet yang tersedia. Anda cukup memasukkan nomor palet atau nama warna, lalu Anda bisa melihat bagaimana indahnya desain Anda ketika sudah Anda berikan warna yang sesuai.

  • Ilustrasi

    Bagi Anda yang ingin membuat desain yang menarik serta menambahkan ilustrasi yang unik, Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan plugin Ilustrasi yang ada di figma. Ada sekitar 250 ilustrasi berkualitas tinggi yang tersedia secara gratis. Ini semua karena ilustrasi ini berada di bawah lisensi creative commons. Dengan satu kali klik, Anda bisa menambahkan ilustrasi menarik ke dalam desain figma Anda.

  • Figmotion

    Anda tidak perlu menggunakan platform lain seperti Principle, Haiku, Motions, atau After Effects untuk membuat animasi yang bergerak atau motion graphics. Anda bisa dengan mudah untuk membuat animasi bergerak dengan menggunakan plugin Figmotion. Anda bisa membuat animasi bergerak hanya dengan plugin yang satu ini. Sekarang Anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk membuat animasi bergerak, semua bisa dilakukan dengan figma.

  • Unsplash

    Apakah Anda ingin menambahkan berbagai gambar ke dalam desain Anda? Anda bisa melakukannya dengan plugin Unsplash. Sebenarnya, Unsplash merupakan platform fotografi dengan stok foto yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Figma menghadirkan plugin Unsplash untuk semakin memudahkan Anda berkreasi dengan ide yang Anda buat. Anda bisa dengan bebas mencari yang fotografi yang bagus sesuai keinginan Anda.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa itu API (Application Programming Interface) : Fungsi dan Cara Kerjanya

 

Kesimpulan dan Penutup 

Figma merupakan aplikasi desain yang memudahkan siapa saja untuk mendesain banyak hal, mulai dari UI/UX website bisnis hingga Anda hanya ingin mendesain gambar karena hobi. Figma bisa Anda unduh secara gratis, walau figma bisa Anda gunakan secara gratis, fitur-fitur yang ada sangat beragam dan bisa membantu Anda untuk membuat desain yang menarik. 

Fitur-fitur tersebut yang menarik adalah pustaka komponen figma, bulleted lists, menghubungkan beberapa akun figma, the revamped inspect tab, dan masih banyak fitur menarik lainnya. Selain fitur yang canggih, ada juga plugin menarik, seperti wireframe, ilustrasi, palet warna, figmotion, dan unsplash. Semua itu bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan figma. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Post :