Apa itu VMware : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur dan Cara Download VMware

Serba Serbi, Technology / 1 | | 0

VMware adalah penyedia perangkat lunak virtualisasi dan komputasi awan yang berbasis di Palo Alto, California. Didirikan pada tahun 1998, VMware adalah anak perusahaan Dell Technologies. EMC Corporation awalnya mengakuisisi VMware pada tahun 2004; EMC kemudian diakuisisi oleh Dell Technologies pada tahun 2016. VMware mendasarkan teknologi virtualisasinya pada hypervisor logam kosong ESX / ESXi dalam arsitektur x86.

Dengan virtualisasi server VMware, hypervisor diinstal di server fisik untuk memungkinkan beberapa mesin virtual (VM) berjalan di server fisik yang sama. Setiap VM dapat menjalankan sistem operasi (OS) -nya sendiri, yang berarti beberapa OS dapat berjalan di satu server fisik. Semua VM di server fisik yang sama berbagi sumber daya, seperti jaringan dan RAM.

Pada 2019, VMware menambahkan dukungan ke hypervisor- nya untuk menjalankan beban kerja dalam container di cluster Kubernetes dengan cara yang serupa. Jenis beban kerja ini dapat dikelola oleh tim infrastruktur dengan cara yang sama seperti mesin virtual dan tim DevOps dapat menerapkan container seperti biasanya. Untuk mengetahui inovasi canggih ini lebih lanjut, mari simak dan kenali VMware berikut ini.

 

Pengertian dan Memahami VMware

Apa itu VMware : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur dan Cara Download VMware
 

 

VMware, Inc. adalah perusahaan perangkat lunak yang diperdagangkan secara publik di Amerika Serikat dari California, AS. Perusahaan ini menyediakan dan menawarkan solusi komputasi awan dan perangkat lunak dan layanan virtualisasi. Karena inilah yang menjadikan VMware, Inc sebagai salah satu perusahaan sukses komersial pertama yang memvirtualisasikan arsitektur x86. Perangkat lunak desktop VMware berjalan pada Microsoft Windows, Linux, dan macOS, sedangkan hypervisor perangkat lunak perusahaan untuk server, VMware ESXi, adalah hypervisor logam kosong yang berjalan langsung pada perangkat keras server tanpa memerlukan sistem operasi tambahan yang mendasarinya.

 

Fungsi dari VMware

Menggunakan produk dan layanan VMware untuk membawa virtualisasi terasa lebih nyata adalah sebagian dari beberapa manfaat yang ditawarkan perusahaan asli California ini. Fungsi- fungsi tersebut termasuk :

 

  • Peningkatan laba atas investasi (ROI)

    VMware memungkinkan Anda menggunakan lebih banyak sumber daya komputer fisik. Administrator tidak suka menjalankan beberapa aplikasi mission-critical pada satu OS server karena jika satu aplikasi crash yang dapat membuat OS tidak stabil dan merusak aplikasi lain.

  • Penggunaan energi dan ruang yang lebih efisien

    VMware memungkinkan Anda menjalankan lebih banyak aplikasi menggunakan lebih sedikit server fisik. Lebih sedikit server fisik memerlukan lebih sedikit ruang di pusat data Anda dan lebih sedikit energi untuk memberi daya dan mendinginkan.

  • Dukungan untuk industri

    VMware adalah penyedia layanan virtualisasi terkemuka, dengan lebih dari 500.000 pelanggan. Sebuah jaringan yang terdiri dari 75.000 mitra mendukung pelanggan dengan berbagai macam produk dan layanan tambahan.

 

Baca Juga :     Apa itu React : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Kerjanya

 

Keunggulan dan Kekurangan Penggunaan VMware

Seperti dua sisi mata uang, semua hal mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri tidak terkecuali VMware. Sedangkan manfaat atau keunggulan menggunakan produk VMware meliputi :

 

  • Keamanan berdasarkan model tanpa kepercayaan, bersama dengan keamanan yang lebih baik daripada sistem kontainer seperti Kubernetes
  • Penyediaan aplikasi dan sumber daya yang lebih baik
  • Manajemen pusat data yang disederhanakan
  • Peningkatan efisiensi dan ketangkasan sistem pusat data.

 

Sedangkan kekurangan dalam penggunaan VMware ini adalah :

 

  • Biaya perizinan yang tinggi
  • Alternatif hypervisor Hyper-V dan Xen yang lebih baik, menurut beberapa
  • Kurangnya dukungan dan beberapa bug saat digunakan bersama produk Oracle dan
  • Masalah kompatibilitas perangkat keras karena tidak semuanya bekerja dengan baik dengan VMware.

 

Baca Juga :   Apa itu Edmodo : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Fitur dan Produk dari VMware

Apa itu VMware : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur dan Cara Download VMware
 

 

Untuk banyak lingkungan fisik, mengalami kegagalan perangkat keras berarti akan memakan waktu henti berjam-jam, penggantian yang mahal, dan produktivitas yang hilang. VMware High Availability dan Fault Tolerance bekerja untuk mengurangi biaya waktu henti dan produktivitas yang hilang dengan menciptakan lingkungan yang meminimalkan biaya kegagalan perangkat keras.

VMware High Availability and Fault Tolerance mengoptimalkan lingkungan runtime dengan menggunakan sumber daya secara dinamis dengan cara yang paling efisien. Itu semua karena adanya dukungan fitur atau produk VMware seperti :

 

  1. High Availability atau ketersediaan yang tinggi

    High Availability meningkatkan keandalan lingkungan. Tujuan dari server yang Highly Available adalah untuk mengurangi waktu henti jika terjadi kegagalan perangkat keras. VMware vSphere Hypervisor ESXi host yang diatur dalam cluster berbagi sumber daya dari mesin yang ada di dalamnya. Jika host mengalami waktu henti yang tidak terduga, mesin virtual di host tersebut secara otomatis mulai berjalan di host ESXi alternatif dalam cluster tersebut.
    Ketika HA ikut bermain, mesin dimigrasikan ke (dan dihidupkan ulang) host alternatif. High Availability menyediakan metode untuk menjaga agar mesin virtual tetap berfungsi bahkan jika terjadi kegagalan perangkat keras. Ini adalah fitur yang sangat penting untuk lingkungan yang tidak dapat hidup dengan waktu henti di mesin mereka.

  2. Fault Tolerance

    Seperti High Availability, Fault Tolerance memungkinkan mesin virtual (VM) untuk bertahan melalui kegagalan perangkat keras dengan cara memanfaatkan sumber daya sehingga jika terjadi kegagalan perangkat keras, VM dapat dihidupkan dari host baru dan instance bayangan langsung dari VM yang berjalan pada host sekunder. Fault Tolerance memungkinkan VM untuk terus berjalan, bahkan jika host gagal tiba-tiba, tanpa kehilangan data atau konektivitas ke pengguna akhir atau VM.

  3. vMotion

    vMotion adalah fitur dalam VMware yang memungkinkan migrasi langsung mesin virtual dari satu host ESXi ke host lain tanpa mengganggu layanan yang disediakan VM. Ada sedikit atau tidak ada gangguan dalam layanan saat menggunakan vMotion untuk memigrasi VM yang biasanya hanya beberapa paket yang hilang, dan pengguna akhir seharusnya tidak memperhatikan transisi tersebut. Ini memungkinkan administrator untuk menghapus VM dari host yang mungkin gagal atau tidak berkinerja sebagaimana mestinya.

  4. Penyimpanan atau Storage vMotion

    Storage vMotion adalah fitur yang mirip dengan vMotion, namun digunakan untuk melakukan migrasi data ke datastore lain pada disk yang terhubung. Fitur ini menjalankan peran yang mirip dengan vMotion, tetapi memberikan administrator kemampuan untuk mengelola masalah penyimpanan, seperti latensi tinggi, sebelum menjadi masalah dalam lingkungan.

  5. Distributed Resource Scheduler (DRS)

    Ini adalah fitur penyeimbang beban. DRS menggunakan vMotion untuk secara otomatis mengizinkan cluster host VMware ESXi mendistribusikan beban kerja komputasi ke seluruh lingkungan. DRS mengukur penggunaan gabungan vCPU dan vRAM di antara mesin virtual yang berjalan di lingkungan dan menyebarkannya ke seluruh host dengan cara yang paling efisien. Hal ini memastikan bahwa sumber daya dari masing-masing host tidak dibebani secara berlebihan, sementara host lain bekerja dengan beban yang ringan.

 

Baca Juga :    Apa itu Moodle : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Cara Download VMware

Hanya ada satu hal yang lebih baik daripada memiliki OS kedua di komputer desktop Anda yakni memiliki OS kedua yang dapat bertukar data dengan yang pertama. Di situlah VMware Tools berperan. Ini adalah bagian penting dari setiap lingkungan VMware Workstation yang memungkinkan OS tamu yang berjalan dalam hypervisor tipe 2 untuk bekerja lebih baik dengan OS host. Manfaat menginstal VMware Tools termasuk kinerja grafis yang lebih cepat dan dukungan untuk folder bersama antara OS tamu dan host. Anda dapat menggunakannya untuk menarik dan melepas file serta untuk memotong dan menempel di antara dua sistem operasi.

Untuk menginstal VMware Tools, klik VM dan kemudian Instal VMware Tools dari menu VMware Workstation. VMWare Workstation kemudian memasang drive CD-ROM virtual di OS tamu yang berisi peng- install VMware Tools. Anda  nantinya akan kemudian dapat mengakses citra CD-ROM dari dalam OS tamu dan menjalankan penginstal.

 

Baca Juga :     Mengenal Apa Itu Internet Clean Pipe Technology : Fungsi dan Manfaatnya Dalam Perlindungan Online

 

Kesimpulan dan Penutup

VMware merupakan perangkat lunak virtualisasi dan komputasi awan yang mengubah cara pikir dalam menjalankan beban kerja server dengan mendistribusikan pekerjaan server virtual tertentu ke beberapa host fisik. Ini juga memungkinkan setiap host fisik untuk menjalankan beberapa contoh server virtual. Perusahaan Anda mungkin memiliki server untuk menyimpan file, server database untuk memproses kueri, server email, dll. Bahkan perusahaan kecil biasanya membutuhkan banyak server.

Membeli dan menginstal server fisik ini seringkali merupakan masalah yang sangat besar juga sebagai biaya. Disinilah VMware dapat membantu daripada mengandalkan banyak server untuk mengelola dan menjalankan banyak tugas, VMware memungkinkan Anda untuk menggabungkan semuanya dalam satu mesin. Alih-alih membeli beberapa server fisik, kumpulkan sumber daya dari sejumlah kecil server fisik atau host dan gunakan VMware untuk berbaris di server virtual. Dari kumpulan sumber daya itu, Anda akan mengelola dan mengakses semua aplikasi yang ditemukan di seluruh jaringan Anda dari satu platform terpadu.

Related Post :