Apa Itu Work From Home? Keunggulan dan Kelemahannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Wabah virus corona yang dari hari ke hari semakin membahayakan serta begitu cepat penyebarannya membuat Presiden Indonesia Joko Widodo menginstruksikan segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19.

Menurut Jokowi sudah saatnya masyarakat menerapkan social distancing. Yaitu kerja dari rumah, belajar di rumah, dan ibadah dirumah. “Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).

Jika semuanya dilakukan dari rumah, maka itu artinya Work From Home (WFH). Cara ini digunakan untuk meminimalisir penyebaran virus, dengan tidak terlalu banyak berinteraksi ditempat umum. Lalu seperti apakah itu Work From Home? Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Apa Itu Work From Home?

 

Bagi programmer maupun editor pasti sudah tidak asing dengan kata work from home, nah namun biasanya bisa juga disebut kerja remote. Work From Home merupakan sebuah langkah dimana karyaan dapat melakukan pekerjaannya dirumah. Biasanya orang yang bekerja dari rumah akan mendapatkan jam kerja yang fleksibel.

Mengapa demikian? Karena biasanya bekerja dari rumah akan membutuhkan keseimbangan anatara kehidupan kerja dan keluarga. Sehingga harus menyelesaikan pekerjaan pada hari yang sama membuatnya harus lebih fleksibel dalam memanajemen waktu.

Apalagi ditengah wabah virus corona, dan virus ini juga telah ditetapkan sebagai pandemi. Sehingga harus dimusuhi oleh berbagai negara, guna mengatasi wabah mematikan ini bersama – sama. Virus Corona ini merupakan wabah yang tingkat penyebarannya paling tinggi dan cepat. Sehingga dapat membuat bisnis maupun pekerjaan akan terganggu.

Maka dari itu, dengan di anjurkannya work from home akan membuat anda tetap mengerjakan pekerjaan anda, dan juga membantu meminimalisir penyebaran virus corona. Seperti yang kita ketahui, di indonesia sendiri sudah ratusan orang yang positif terkena corona, dan ratusan lainnya suspect corona.

Hal ini sangat mengkhawatirkan bagi para karyawan untuk bekerja dan bertemu orang banyak seperti dikantor maupun acara publik.

Baca Juga : Apa Itu Work From Home? Keunggulan dan Kelemahannya

 

Keuntungan Work From Home (WFH)

 

Lalu, apa saja keuntungan dari Work From Home yang memiliki fleksibilitas kerja ini? Yuk, simak penjelasan berikut ini :

 

  1. Susun Jam Kerja Secara Teratur

    Ini adalah langkah pertama untuk memastikan produktivitas saat work from home. Memang sangat menggoda untuk memberi kamu fleksibilitas total saat memulai, istirahat, dan santai. Tetapi, kamu akan rugi sendiri jika tidak menjaga dirimu untuk tetap konsisten. Menetapkan jam kerja secara teratur membuat kamu bertanggung jawab kepada diri sendiri dan atasanmu. Ini membuat kamu lebih mungkin untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

  2. Rencanakan Alur Kerja Anda

    Sebelum kamu mulai bekerja, pastikan kamu tahu apa prioritas untuk hari itu, berapa lama kamu pikir bisa menyelesaikan semuanya, dan apa yang akan kamu kerjakan jika punya waktu ekstra.

  3. Istirahat Sejenak

    Merencanakan untuk istirahat juga perlu dilakukan saat work from home. Pastikan kamu mendapatkan cukup istirahat, mengonsumsi camilan sehat, dan berhubungan dengan orang lain di rumah jika memungkinkan. Semua kegiatan ini memungkinkan kamu untuk me-refresh, membuat aliran darah lancar, dan memastikan kamu siap menangani tugas-tugas berikutnya.

  4. Berpakaian Bebas

    Bahkan jika kamu tak akan berinteraksi dengan orang lain sepanjang hari karena work from home, penting untuk berpakaian rapi dan bagus. Ini termasuk mandi dan menyikat gigi. Hal tersebut bisa memberi tahu otak Anda bahwa itu adalah waktu kerja, bukan waktu relaksasi, dan itu akan memberi kamu lebih banyak energi. Celana olahraga dan T-shirt mungkin lebih nyaman, tetapi kamu juga mungkin merasa lamban, mengantuk, atau tidak termotivasi.

  5. Cari Inspirasi

    Keuntungan work from home adalah kamu tidak bisa mengalihkan perhatian ke rekan kerja. Silahkan mencari inspirasi yang lebih menenangkan seperti mendengarkan musik instrumental, atau bahkan dengan membiarkan jendela terbuka untuk membiarkan suara dari luar masuk.

  6. Melamar Pekerjaan Lebih Fleksibel

    Ada lebih banyak pelamar pekerjaan untuk pekerjaan tertentu dengan orang-orang tertentu yang memiliki kendala. Seperti lokasi rumah jauh dari tempat kerja maupun pekerja dengan disabilitas. Selain itu, orang tua yang memiliki anak masih bisa bekerja tanpa harus meninggalkan anak-anak mereka.

  7. Keseimbangan Hidup

    Ada lebih banyak keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan dunia kerja. Banyak orang mengklaim bahwa suasana yang lebih tenang atau hangat ditemukan di rumah yang membantu berkonsentrasi pada pekerjaan sehingga mereka dapat menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan dengan cepat.

  8. Penghematan Listrik

    Ada banyak penghematan sehubungan dengan biaya infrastruktur kantor seperti ruang, tagihan listrik dll.

 

Kekurangan Work From Home (WFH)

 

Dengan bertambahnya Kasus Corona, Kini banyak Perusahaan Teknologi Ini Izinkan Karyawan Kerja dari Rumah. Berikut ini kekurangan work from home :

 

  1. Selalu ada masalah dengan memonitor pekerjaan.Biasanya juga rentan terjadi kesalah pahaman  pekerjaaan dan kurangnya komunikasi.
  2. Selalu ada masalah keamanan dengan data yang ditransfer dan yang tidak dapat dipantau.
  3. Tidak semua pekerjaan cocok untuk pekerjaan dengan konsep Work From Home. Terkadang masalah komunikasi antar karyawan membuatnya bermasalah untuk suatu pekerjaan.
  4. Kurangnya bersosialisasi dengan konsep kerja Work From Home juga dapat merugikan manusia yang dasarnya adalah makhluk sosial. Serta kurangnya keterbukaan saat sharing seputar pekerjaan.
  5. Bisa menimbulkan masalah terkait dengan memonitor pekerjaan.
  6. Biaya infrastruktur teknologi yang diperlukan untuk mengimplementasikan konsep tersebut di rumah.
  7. Bisa timbul masalah keamanan dengan data yang ditransfer dan yang tidak dapat dipantau dengan mudah.
  8. Tidak semua pekerjaan cocok untuk pekerjaan dengan konsep bekerja dari rumah. Terkadang masalah komunikasi antar karyawan juga bisa membuat suatu pekerjaan menjadi bermasalah.

Baca Juga : Yuk, Kenali Gejala Virus Corona Dari Hari Ke Hari

 

Kesimpulan dan Penutup 

Setelah mengetahui apa itu work from home, tentu saja anda dapat menyimpulkan bahwa dizaman yang serba digital ini dapat memudahkan pekerjaan anda, sekolah anak anda hingga berinteraksi melalui media teknologi. Lalu, bagaimana penerapannya didalam perusahaan? IDCloudHost merupakan perusahaan yang mempunyai beberapa sistem kerja yang fleksibel.

Sehingga ada beberapa orang yang bekerja hanya dari rumah. misalnya seperti programmer, maupun technical support atau costumer service. Social Distance sangat cocok untuk diterapkan apabila ada bencana wabah atau hal tak terduga yang melanda suatu negara. Anda dapat menggunakan Cloud Storage dari IDCloudHost.

Secara prinsip kerja, IDCloudHost sama dengan Google Drive tetap disini Anda bisa mendapatkannya dengan harga lebih terjangkau, fitur- fitur dan keunggulan yang sama dengan kebutuhan penyimpanan dan berbagi file. Anda dapat memesan Next Cloud ini di Layanan Pemesanan IDCloudHost.com/cloud-storage .

 

Cloud Storage Indonesia | IDCluodHost

Related Post :

popup image