Apa Sih Potensi dan Tantangan Chatbot di Era Modern Ini?

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

LINE adalah salah satu perusahaan teknologi berbasis chat messenger yang turut melirik penggunaan chatbot. Bahkan, LINE telah menyelenggarakn kompetisi LINE BOT Awards untuk mendorong inovasi LINE chatbot di Indonesia. Sejumlah pemain besar di ranah digital seperti WeChat, Telegram, Facebook, hingga Amazon berbondong-bondong membenamkan chatbot ke dalam platform masing masing. Tren penggunaan chatbot muncul seiring tingginya intensitas percakapan digital, dimana kegiatan komunikasi dengan menggunakan aplikasi mobile atau layar komputer sudah lumrah terjadi.

Seiring penggunaannya, chatbot tak hanya difungsikan sebagai medium automasi pesan saja, tetapi juga dimanfaatkan para pelaku bisnis untuk menjangkau konsumen di lingkup yang lebih personal. Dari banyak inovasi, secara tak langsung mendorong LINE ikut menerapkan LINE chatbot. Perkembangan developer di Indonesia sangat memungkinkan bagi ruang inovasi dan juga pertumbuhan ide yang menarik untuk dieksplorasi.

Mengenai permasalah ide, pihak LINE telah mengupayakan beragam stimulus untuk memicu pengembangan chatbot, seperti menyelenggarakan kompetensi LINE chatbot yang juga didukung langkah pembelajaran komprehesif melalui kolaborasi bersama pihak Dicoding. LINE tak hanya mecoba memfasilitasi developer peminat chatbot tetapi juga memperkenalkan potensi chatbot ke masyarakat luas. Beberapa chatbot local yang sudah bisa dinikmati pengguna LINE antara lain seperti Bang Joni, serta layanan Hi Yuri yang memenangkan kompetensi LINE Indonesia Developer Challenge pada April 2017.
Masa depan LINE chatbot tergantung dari kreativitas developernya.

Jika kegunaannya dipertimbangkan lebih luas, chatbot bahkan bisa berkembang luas tak hanya sekedar menjadi mesin automasi percakapan atau hiburan saja, tetapi bisa menjadi seperti platform transaksi pembayaran, pengembangan jasa dan sebagainya. LINE berniat akan terus mengadakan LINE BOT Competition untuk memicu kemunculan ide ide baru. Dengan demikian, diharapkan akan semakin banyak orang yang mengenal fungsi chatbot dan menggunakannya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Related Post :

popup image