10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Android Terbaik dan Gratis 2022

Tips & Tricks / 0 | | 3

Saat ini, desain grafis sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Tidak hanya dari kalangan profesional, tapi pemilik bisnis rumahan hingga pengguna media sosial biasa pun juga membutuhkannya. Namun, kebanyakan aplikasi desain grafis kurang praktis karena harus diinstal di PC. Berikut adalah aplikasi desain grafis Android yang bisa Anda gunakan dengan mudah melalui smartphone. 

Sudah tersedia banyak aplikas desain yang dapat menjadi pilihan Anda. Namun, banyaknya aplikasi tersebut kadang justru membuat bingung. Sebagai pengguna, Anda pasti ingin aplikasi yang memiliki fitur handal dan mendukung Anda berkreasi dengan leluasa. 

Jangan khawatir karena walaupun merupakan aplikasi mobile, rekomendasi berikut ini memiliki berbagai fitur yang tak kalah menarik dibandingkan aplikasi desain di PC. 

10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis Android Terbaik dan Gratis 2022

Desain grafis adalah bidang yang memiliki banyak peminat beberapa tahun belakangan. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, maka Anda tentunya butuh aplikasi tertentu untuk mempelajari dan menekuni minat tersebut. Berikut adalah aplikasi desain grafis Android yang dapat Anda coba!

  1. Canva

Siapa yang tak kenal aplikasi yang satu ini? Canva adalah aplikasi desain grafis di HP yang terlengkap dan dapat Anda gunakan secara gratis. Website ini sangat multifungsi dan bisa digunakan untuk mengedit poster, postingan media sosial, undangan, bahkan CV. 

Canva menyediakan berbagai template yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Terdapat lebih dari 6000 template yang ada di aplikasi ini untuk mendukung Anda membuat desain yang kreatif dan profesional. 

Saat ini, banyak orang menggunakan Canva untuk mengedit feeds media sosial, poster, dan materi promosi lainnya. Sebagian template dan elemen di Canva dapat Anda gunakan secara gratis, tapi ada juga yang mengharuskan Anda membayar layanan premium untuk bisa memakainya dalam desain Anda. 

  1. PicsArt

PicsArt adalah aplikasi desain grafis Android yang bisa Anda unduh langsung melalui Google Playstore. Aplikasi ini sudah populer sejak dulu karena fiturnya yang lengkap. PicsArt sudah didownload jutaan kali oleh pengguna Android di seluruh dunia, karena itu aplikasi yang satu ini layak untuk Anda coba. 

Tidak hanya fitur edit foto yang basic saja, PicsArt juga menyediakan berbagai tools lanjutan yang memungkinkan Anda membuat desain kreatif. Salah satu fitur unggulan yang ada di aplikasi ini adalah brush tools yang beragam untuk membuat desain Anda semakin artistik. Selain itu, ada juga fitur blend, opacity, color, dan berbagai efek menarik lainnya. 

  1. Desygner

Desygner adalah aplikasi desain grafis di HP yang cukup ringan dan ramah pemula. Tampilannya sangat user-friendly, sehingga siapapun bisa dengan mudah mempelajari cara menggunakannya. Cara kerja aplikasi ini hampir mirip dengan Canva, yakni menyediakan template yang bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan. 

Template yang ada di Desygner sangat beragam. Anda bisa menggunakannya untuk membuat kupon, iklan, banner, serta postingan media sosial. Aplikasi desain grafis Android ini memang diperuntukkan untuk mereka yang mendesain untuk keperluan media sosial. Selain menggunakan template, Anda juga bisa membuat desain dari awal dengan bebas, lho. 

  1. Posters

Posters adalah aplikasi desain grafis Android yang saat ini sudah digunakan lebih dari satu juta user di seluruh dunia. Di Google Playstore, aplikasi ini juga mendapatkan rating yang sangat tinggi, yakni 4,6/5. Seperti namanya, Posters adalah aplikasi yang difokuskan untuk membuat poster dan berbagai kebutuhan media sosial. 

Aplikasi ini memiliki beragam koleksi template, stiker, dan font yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan desain Anda. Tools yang disediakannya juga cukup lengkap dan sangat mudah digunakan. Posters sangat cocok untuk pemula dan dapat Anda gunakan untuk membantu kegiatan content marketing Anda di media sosial. 

  1. Concept

Apakah Anda pernah mendengar aplikasi Procreate sebelumnya? Aplikasi desain grafis di HP ini hanya dapat digunakan oleh pengguna iOS. Namun, bagi Anda yang pengguna Android tak usah khawatir karena ada aplikasi lain seperti Concept. Concept adalah aplikasi desain grafis Android yang dapat menjadi alternatif Procreate. 

Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat ilustrasi bebas. Berbagai tools yang disediakannya memudahkan Anda menggambar di smartphone untuk berbagai kebutuhan. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang bekerja sebagai ilustrator, product designer, atau arsitek. Karena bisa diinstal di smartphone, Anda jadi lebih mudah mengerjakan ilustrasi dimanapun dan kapanpun. 

  1. Vectonator

Memahami vector juga merupakan salah satu skill yang dibutuhkan desain grafis. Karena itu, bagi Anda yang berminat menekuni bidang ini, wajib mempelajari cara membuat vector. Vectonator adalah aplikasi desain grafis di HP yang bisa Anda gunakan. 

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang lengkap untuk membuat vektor. Anda bisa menggunakannya secara gratis. Selain membuat vector, Vectonator juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai gambar dan icon gratis yang ada di aplikasi mereka. 

  1. Infinite Design

Infinite Design adalah aplikasi desain grafis Android yang cocok untuk menggambar dengan praktis. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi ini langsung melalui Google Playstore. Aplikasi ini didesain khusus untuk orang-orang yang ingin menggambar secara digital tanpa harus repot membawa komputer atau laptop. 

Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, jangan khawatir karena fitur-fiturnya ternyata cukup lengkap dan tak kalah dengan aplikasi yang berbayar, lho. Beberapa fitur yang menjadi keunggulan aplikasi ini adalah pen tool, brush, dan berbagai tools lain yang mendukung gambar 3D. 

  1. AirBrush

AirBrush adalah aplikasi desain grafis Android yang bisa membantu Anda mempercantik foto Anda dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Aplikasi ini dirilis oleh MEITU, yang sebelumnya sudah terkenal dengan aplikasi edit fotonya yang memiliki efek menarik. 

Anda bisa mengedit foto menjadi lebih keren dengan berbagai fitur yang tersedia di aplikasi ini. Mulai dari fitur-fitur retouch seperti perfect skin, brighten eyes, lengthen, dan slim. Ada juga fitur brush yang membuat Anda bisa menambahkan gambar pada foto tersebut. 

  1. GoDaddy Studio

GoDaddy adalah aplikasi desain grafis di HP yang sudah didownload lebih dari  5 juta kali di Google Playstore. Walaupun di Indonesia aplikasi ini belum terlalu populer, tapi Anda bisa mencobanya karena GoDaddy ternyata cukup handal dan memiliki banyak fitur menarik. Aplikasi ini bahkan mendapatkan rating 4,4/5 dari para penggunanya, lho. 

GoDaddy juga cukup ringan, dengan ukuran sekitar 30MB. Aplikasi ini tidak akan memakan terlalu banyak memori ponsel Anda, juga cukup ringan ketika Anda mengoperasikannya. Sama seperti Canva, aplikasi ini menyediakan ribuan template gratis yang siap pakai. Anda bisa memodifikasi template tersebut dengan gambar, teks, dan icon sesuai kebutuhan. 

  1. Creative Cloud Express

Aplikasi desaing grafis terbaik dan paling populer kebanyakan berasal dari Adobe. Perusahaan ini membuat software Adobe InDesign, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lain-lain. Namun, aplikasi-aplikasi ini berbayar dan hanya dapat Anda gunakan lewat PC. 

Sekarang ada Creative Cloud Express yang merupakan aplikasi desain grafis Android dari Adobe. Aplikasi ini menyediakan berbagai template yang bisa langsung Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan desain, mulai dari yang kreatif hingga yang tampak profesional. Anda juga bisa memodifikasi desain template tersebut dengan beragam fitur yang lengkap di Creative Cloud Express. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang 10 rekomendasi aplikasi desain grafis Android terbaik untuk Anda. Semua aplikasi yang kami rekomendasikan dalam artikel ini dapat Anda gunakan secara gratis. Namun, beberapa mengharuskan Anda membayar layanan premium untuk menikmati keseluruhan fiturnya. Selamat berkreasi dan mendalami desain grafis! 

 

Related Post :