Bagaimana Membuat Website yang Mobile Friendly?

Informasi / 0 | | 0

Sejumlah orang menganggap bahwa situs halaman web mobile friendly itu penting. Hal yang satu ini sama artinya dengan situs web tak hanya harus ramah untuk pengguna PC atau laptop, namun juga dengan ponsel. Maka dari itu, hal ini pun bisa Anda pertimbangkan terlebih dulu.

Memang informasi yang mengatakan bahwa halaman web mobile friendly menjadi satu hal yang sangat penting untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui informasi yang ada hubungannya dengan hal satu ini, maka Anda pun bisa mengoptimalkan pengaturan web.

Baca Juga : Alasan Anda Harus Memiliki Website Mobile Friendly

Google dan Notifikasi Halaman Web Mobile Friendly

Informasi tentang halaman web mobile friendly tampaknya menjadi satu hal yang menggelitik untuk diulas oleh sejumlah orang. Pasalnya, sejak bulan November tahun 2014 yang lalu Google sudah mengumumkan bahwa mereka menambahkan “Mobile-Friendly” label di hasil pencarian ponsel. Label ini menunjukkan bahwa website tersebut seperti berikut.

  1. Link yang diletakkan terpisah jauh, sehingga pengguna bisa mengklik tautan yang tepat dengan mudah.
  2. Teks tak perlu diperbesar agar bisa dibaca pada perangkat mobile.
  3. Tak mempunyai aplikasi yang kurang umum dalam perangkat mobile, misalnya Flash.

Beberapa hal di atas ternyata tak berhenti sampai di sana. Pada awal tahun 2015, Google sudah mengirimkan notifikasi massa untuk para webmaster yang jalamannya tak ramah terhadap perangkat ponsel. Hal inilah yang menggelitik pembahasan tentang halaman web mobile friendly.

Notifikasi dari Google bisa ditemukan pada email dan pesan Webmaster Google milik Anda. Dengan pemberitahuan ini Google mengingatkan para Webmaster agar cepat melakukan upgrade situs webnya agar bisa ramah pada perangkat ponsel. Situs website yang ramah pada perangkat ponsel akan memberi pengalaman yang lebih baik untuk pengguna ponsel atau tablet dalam mencari produk, jasa, atau informasi. Maka dari itu, nantinya pemakai ponsel atau tablet pun jumlahnya akan meningkat dari hari ke hari.

Cara Mengecek Apakah Halaman Web Mobile Friendly Atau Tidak

Bahasan tentang halaman web mobile friendly ternyata bisa Anda perkuat dengan pembuktian apakah halaman web Anda sudah mobile friendly atau belum. Anda bisa melakukan pengecekan dengan sangat mudah, yaitu pergi ke Mobile-Friendly Test. Bila situs web Anda ramah pada penggunaan ponsel, maka alan ada keterangan “Page is mobile-friendly”. Akan tetapi, Anda juga melihat di bagian bawah gambar pada “How Googlebot sees this page”. Bila tak ada kata-kata atau kalimat di bawah gambar, maka Anda aman.

Bagaimana Cara Membuat Halaman Web Mobile Friendly?

Bila halaman web mobile friendly pada situs Anda masih belum diterapkan, maka alat ini menunjukkan daftar apa yang ada baiknya diperbaiki. Kini, Anda bisa memperbaiki situs web dengan beberapa cara. Ini dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

  1. Melakukan backup data
    Ada baiknya Anda melakukan back up situs milik Anda sebelum mengubah atau memperbarui apa pun itu. Bila tak yakin untuk melakukan back up situs, maka Anda bisa menghubungi penyedia CMS atau menghubungi pihak Google.
  2. Update CMS menuju versi paling baru
    Pada beberapa kasus, update menuju versi paling baru akan menerapkan upgrade keamanan secara otomatis yang diperlukan serta menjadikan halaman Anda mobile friendly. Bila proses ini tak dipicu dengan otomatis, pastikan Anda melakukan update secara manual agar mencegah terjadinya pelanggaran keamanan.
  3. Bila CMS menawarkan tema yang kusom, pastikan temanya mobile friendly
    Dari panel administratif CMS, cek tema halaman Anda dan cari istilah seperti “responsif” atau “seluler” pada dokumentasi. Bila template demo sudah tersedia, lakukan copy paste URL template pada Pengujian Situs Mobile Friendly agar bisa dipastikan bahwa halaman web mobile friendly. Pastikan template tersebut cepat dimuat dengan cara mengecek bagian kecepatan yang ada di PageSpeed Insights serta memastikan bagian tersebut tak mempunyai masalah yang ditandai bahwa Harus Diperbarui.
  4. Tinjau forum dukungan CMS
    Hal ini bisa Anda lakukan untuk bisa mengecek masalah yang dialami oleh orang lain dalam versi seluler halaman mereka. Anda bisa mengunjungi forum web master Google untuk mendapatkan dukungan tambahan dan panduannya.
  5. Pakailah Pengujian Situs Mobile Friendly
    Hal ini dilakukan agar Anda bisa memastikan bahwa halaman web mobile friendly. Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan mulai dari Aplikasi pengecekan dari Google atau aplikasi lain yang kiranya bisa kita cari details pada pencarian Google. Baca Juga : Test Responsive Website Anda Secara Online

Apakah Halaman Web Mobile Friendly Itu Harus?

Sejumlah orang mulai menanyakan apakah halaman web mobile friendly itu harus. Hal ini menjadi sebuah pertanyaan yang sangat wajar, mengingat ada banyak Webmaster yang mungkin masih belum begitu familiar dengan hal satu ini. Mereka mementingkan tampilan web yang menarik pada PC, namun tidak untuk ponsel.

Jika melihat sejumlah artikel online mengenai SEO, maka halaman web mobile friendly adalah sesuatu yang bersifat wajib. Hal ini dikarenakan terdapat update, namun hal ini tak berhubungan dengan Penguin atau Panda. Dengan demikian, Anda bisa menyebut Google bisa membuat algoritma baru yang berdampak negatif pada web yang tak mobile friendly.

Di samping itu, sejumlah orang sudah kehilangan trafik organik dari para pengguna ponsel, sebab web mereka tidak human friendly. Hal terakhir yang mengharuskan halaman web mobile friendly adalah karena Google mengirim notifikasi untuk membuat web Anda lebih human friendly, sehingga hal ini menjadi bentuk penegasan tersendiri untuk Webmaster.

Itulah ulasan tentang apakah halaman web mobile friendly itu harus dan beberapa hal penting lain yang terkait. Anda sudah menyimak ulasan di atas dan mengetahui beberapa hal yang bisa membantu penerapan halaman web agar lebih mobile friendly seperti di atas.

Related Post :

popup image