Bagaimana Memilih Software E-Commerce yang Sesuai Bagi Toko Online untuk Bisnis UKM

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0



Adanya layanan Web Hosting Indonesia dengan harga murah di IDCloudHost dapat membantu teman-teman pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam mengembangkan bisnisnya. Teman-teman dapat membuat toko online sendiri sambil belajar meningkatkan strategi pemasaran dengan efisien dan efektif dengan melakukannya secara online. Kini ada banyak open source atau software e-commerce yang dapat mempermudah teman-teman dalam membuat toko online. Mulai dari CMS seperti Prestashop dan Magento sampai open source seperti nopcommerce, oscommerce, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, bagaimana memilih software e-commerce yang sesuai bagi toko online untuk bisnis teman-teman?

Sebelum teman-teman beranjak untuk mencari, mempertimbangkan, dan memilih website yang menyediakan software e-commerce, maka ada beberapa pertanyaan yang harus teman-teman pertimbangkan sebelum memilih, yaitu:

  • Perhitungkan apakah teman-teman ingin menyewa software atau menggunakan layanan open source yang ada?
  • Apakah teman-teman ingin menggunakan jasa desainer web atau menggunakan desain yang di sediakan pada template?
  • Bagaimana kebijakan sistem upgrade software yang akan teman-teman pilih? Pastinya teman-teman ingin membayar upgrade sesuai dengan yang teman-teman perlukan saja kan.
  • Bagaimana biaya bulanan yang akan anda bayar?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus teman-teman cari tahu, sebelum teman-teman memilih software e-commerce. Karena setiap software e-commerce mempunyai kebijakan berbeda-beda.

  1. Biaya yang harus dikeluarkan, pilihlah software e-commerce yang tepat dengan harga yang sesuai dengan kemudahan dan layanan yang diberikan. Sebagai patokan teman-teman dapat ambil, kapasitas penyimpanan untuk 100 produk setidaknya butuh 3GB dan butuh bandwith sekitar 1 GB. Karena setiap software e-commerce mematok ketentuan yang berbeda-beda.
  2. Perhatikan perencanaan, Hosting, dan Website, software e-commerce yang baik adalah yang membantu dalam hal hosting, desain web, dan peluncuran produk di toko online serta ditunjang dengan fitur SEO untuk tag produk. Agar mempermudah teman-teman untuk proses marketing di google.
  3. Pelajari tentang fitur belanja dan pemasaran, website yang menarik akan lebih sering dikunjungi oleh pengunjung. Untuk itu mengapa kita harus mendesain website kita semenarik mungkin untuk mendapatkan pengunjung yang nantikan akan menjadi customer kita. Untuk itu kita harus memilih software e-commerce yang memberikan penawaran fitur terbaik untuk toko online teman-teman. Jadi pilihlah fitur-fitur yang mampu mempengaruhi pengambilan keputusan customer untuk membeli produk.
  4. Perhatikan masalah privasi dan keamanan, Ketika teman-teman memilih software, maka privasi dan keamanan penting untuk diperhatikan. Untuk itu perhatikan apakah software menyediakan fitur privasi dan keamanan. Ini bisa dilihat melalui PCI Compliance, perlindungan Secure Socket Layer (SSL), kode atau sandi khusus untuk mengamankan transaksi.

Demikian cara pemilihan software e-commerce yang sebaiknya teman-teman IDCHoster ketahui sebelum membuat toko online jika teman-teman berniat menggunakan software e-commerce. Pastikan sekali lagi untuk membuat toko online yang efektif dan efisien untuk bisnis teman-teman. Good luck yaa.

Related Post :