Mengenal Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman Dart

Development & Security, Web & Development / 0 | | 1

Bahasa pemrograman digunakan untuk mempelajari pengembangan web dan aplikasi. Anda bisa memilih banyak bahasa pemrograman yang ingin Anda pelajari. Bahasa pemrograman yang saat ini cukup populer adalah bahasa pemrograman dart. Anda bisa mengembangkan web dan aplikasi dengan bahasa pemrograman dart.

Bahasa pemrograman dart dikembangkan oleh perusahaan besar yaitu Google. Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda mempelajari bahasa pemrograman dart. Mudah untuk dipelajari, Anda bisa menulis untuk satu aplikasi tertentu namun aplikasi yang Anda buat tersebut bisa digunakan di sistem operasi yang berbeda seperti Android dan iOS, dan masih banyak manfaat untuk mempelajari bahasa pemrograman dart.

Anda tidak akan menyesal untuk mempelajari bahasa pemrograman dart, manfaat tersebut akan membantu Anda dalam meningkatkan potensi Anda untuk masuk ke dalam industri digital. Artikel ini akan mengupas tuntas seputar mengenal manfaat belajar bahasa pemrograman, sebagai bahan pertimbangan Anda untuk mempelajari bahasa dart.

 

Manfaat dan Kelebihan Belajar Bahasa Pemrograman Dart

Mengenal Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman Dart
 

 

Ada banyak manfaat yang Anda bisa dapatkan ketika Anda mempelajari bahasa pemrograman dart, terlebih lagi bahasa pemrograman dart adalah bahasa yang diluncurkan oleh perusahaan terbesar yaitu Google. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda mempelajari bahasa pemrograman dart.

  • Mudah Dipelajari

    Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman dalam mempelajari bahasa pemrograman, terutama bahasa seperti C++ atau JavaScript, Anda bisa dengan mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman dart. Masa belajar bahasa pemrograman dart tergolong cukup pendek, Anda bisa mempelajarinya dengan cepat. Anda bisa mempelajari bahasa pemrograman dart walau Anda sebelumnya berasal dari bahasa pemrograman yang berbeda. Secara keseluruhan bahasa dart bisa dibilang hampir mirip dengan bahasa pemrograman C++ dan JavaScript.

  • Baris Kode yang Sama

    Keunggulan dari bahasa pemrograman dart adalah Anda bisa menulis kode yang sama untuk platform yang berbeda. Anda tidak perlu membedakan baris kode saat membangun aplikasi untuk iOS atau Android. Anda bisa dengan mudah hanya menuliskan satu kode yang sama untuk berbagai platform yang berbeda. Kemudahan ini bisa Anda dapatkan ketika Anda mempelajari bahasa pemrograman dart.

  • AOT dan JIT

    Jika Anda menggunakan Flutter, Anda bisa dengan mudah menggunakan bahasa pemrograman dart. Ini karena framework Flutter didasarkan pada Dart. Framework Flutter ini bisa mengkompilasi dengan baik dan tepat waktu. Anda yang baru mempelajari bahasa pemrograman dart dan mengembangkan aplikasi, Anda bisa dengan mudah tidak perlu menunggu kompilasi ilang. Anda cukup menyimpan dan melihat perubahannya. Itu semua karena kemampuan unik dari bahasa pemrograman dart adalah kompilasi AOT (Ahead of Time) dan JIT (Just in Time).

  • Bahasa yang Berorientasi pada Objek

    Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek dengan menggunakan bahasa pemrograman dart. Bahasa yang berorientasi objek bisa digunakan untuk mengubah satu atau lebih komponen aplikasi menjadi objek yang bisa digunakan kembali. Anda yang baru mempelajari bahasa pemrograman dart akan dimudahkan dengan sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman Swift dan Objective-C. Bahasa dart juga memungkinkan pewarisan berganda, di mana satu objek dapat mewarisi karakteristik dan fitur dari lebih dari satu objek induk.
     
    Baca Juga  :    Memahami Kelebihan dan Kekurangan CMS (Content Management System)

  • Kompiler Dart yang Cepat

    Anda tidak perlu khawatir bahwa kode yang Anda tulis dengan pemrograman dart tidak berjalan, ini karena pengetikan statis Dart kompiler Dart dapat memeriksa tugas aplikasi agar berjalan dengan semestinya. Kompiler Dart juga memperingatkan developer tentang kesalahan yang ada sebelum kode yang Anda buat benar-benar berjalan. Anda juga bisa menjalankan server pengembangan khusus untuk menguji build dan melakukan debugging kode dengan Dart Development Compiler bersama dengan Dart webdev CLI.

  • Sintaks yang Bersih

    Anda yang baru mempelajari bahasa pemrograman dart akan sangat terbantu dengan sintaks yang bersih. Terlebih lagi, jika Anda sebelumnya sudah menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti JavaScript, .NET, C++, dan C#. Bahasa pemrograman dart memungkinkan Anda untuk menulis kode variabel dan meningkatkan keterbacaan kode yang Anda tulis. Hal menarik lainnya adalah tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi untuk menyesuaikan struktur visual kode, termasuk penggunaan spasi, tab, dan jeda baris.

 

Baca Juga  :      2 Jenis/Tipe CMS WordPress dan Keunggulan Menggunakan WordPress Hosting

 

Kursus Terbaik untuk Belajar Bahasa Pemrograman Dart

Mengenal Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman Dart
 

Anda yang ingin memulai mempelajari bahasa pemrograman dart, Anda bisa memulainya dengan mencari kursus yang tepat. Anda bisa mencoba kursus online di berbagai website e-learning yang memberikan sertifikasi sekaligus pembelajaran tentang pemrograman dart. Berikut ini adalah kursus terbaik untuk belajar bahasa pemrograman dart yang bisa Anda coba.

  • Dart and Flutter: The Complete Developer’s Guide

    Kursus yang berjudul “Dart and Flutter: The Complete Developer’s Guide” menjadi salah satu kursus yang direkomendasikan untuk Anda para pemula. Anda bisa mempelajarinya di Udemy. Dalam kursus ini, Anda akan diajarkan oleh Stephen Grider, seorang ahli dalam bidang Dart dan Flutter. Anda akan mempelajari framework Flutter untuk mengembangkan aplikasi lintas platform seperti platform Android dan iOS. Bukan hanya sampai di situ, Anda juga akan memahami cara kerja dan fitur-fitur menarik dari Flutter, seperti navigasi, penyimpanan data offline, RxDart, rendering Widget, dan banyak lagi.

  • Flutter & Dart – The Complete Guide [2021 Edition]

    Masih dalam platform yang sama yaitu Udemy, Anda bisa mencoba mempelajari bahasa pemrograman dart dan Flutter dengan edisi yang baru. Anda akan dipandu oleh Maximilian Schwarzmüller, seorang instruktur hebat di Udemy. Anda tidak akan menyesal untuk mengambil kursus online ini karena Anda akan diajarkan tentang panduan lengkap untuk flutter SDK dan Flutter Framework untuk membangin aplikasi iOS dan Android. Anda tidak hanya diajarkan seputar teori, tetapi akan ada tugas praktik untuk Anda coba sehingga Anda mampu membuat aplikasi yang bisa diluncurkan di Apple AppStore atau Playstore.

  • Learn Dart: First Step to Flutter

    Ada sebuah platform yang bisa Anda gunakan untuk mempelajari bahasa pemrograman dart selain Udemy, Anda bisa mempelajarinya di platform Educative. Educative adalah sebuah platform pembelajaran yang sangat baru, Anda tidak hanya mendapat video pembelajaran dan buku panduan, tapi juga mendapat pembelajaran yang interaktif. Kenapa interaktif? Educative memungkinkan Anda untuk langsung menuliskan kode dart di browser dan menjalankannya. Cara ini terbukti efektif daripada hanya sekadar menonton video pembelajaran tersebut. Menariknya lagi, kursus ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

 

Baca Juga  :    Panduan Lengkap CMS Drupal Bagi Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Bahasa pemrograman dart dikembangkan oleh perusahaan besar yaitu Google di tahun 2011, meskipun tergolong bahasa pemrograman yang baru, keunggulannya tidak boleh diremehkan. Bahasa pemrograman dart bisa digunakan untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat dijalankan di dua sistem operasi yang berbeda seperti iOS dan Android.

Anda tidak perlu ragu untuk mempelajari bahasa pemrograman dart, karena ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mempelajarinya, seperti mudah dipelajari, baris kode yang sama, kompiler dart yang cepat, dan masih banyak kelebihan lainnya. Anda juga bisa mempelajarinya di kursus online seperti Udemy atau Educative. Jadi, Anda tidak perlu repot untuk mengikuti sekolah formal dan cukup belajar sendiri di rumah.

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Post :