Beberapa Penyebab Mengapa Server Kamu bisa Down

Development & Security, Web Security / 3 | | 0

Kita yang baru mengalami sering panik ketika hal ini terjadi. Siapa sih yang ga panik ketika websitenya tidak bisa diakses. Ternyata banyak faktor loh mengapa server yang kamu miliki down. Sebelum buru – buru menghakimi penyedia layanan. Ada banyak sekali penyebab mengapa Server Anda terkadang bisa terjadi down. Dalam hal ini banyak kita temukan server yang tidak bisa diakses sebagai mana mestinya, selain itu juga server down biasanya juga terjadi pada website yang aksesnya sangat lama.

Ada beberapa kemungkinan yang harus kita crosscheck dulu mengapa server down atau website kita down ?

  1. Traffic Membludak [ Viral Effect ]
    Bisa saja konten yang kamu sajikan di website sedang viral sehingga kebanjiran banyak pengunjung. Hal ini menyebabkan down website yang sedang diakses. Solusinya menaikkan kapasistas dari web hosting kamu. Bisa juga terlebih dahulu bertanya kepada penyedia layanan untuk memberikan solusi tepat hosting spesial untuk website kamu.
  2. DNS Bermasalah
    DNS yang bermasalah juga bisa menjadi penyebabnya. Coba pastikan lagi apa hosting kamu terpasang DNS dengan benar. Karena jika DNS anda bermasalah maka sama seperti server tidak ditemukan atau tidak terintegrasi dengan benar yang menyebabkan tidak bisa diakses sama sekali

    Baca Juga : Pengertian DNS Management

  3. IP Akses Terblokir
    Kalau terlalu banyak mengakses server disangka melakukan DDOS sehingga IP kamu terblokir oleh firewall server yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi server Anda. Sistem ini biasanya bekerja secara otomatis dimana jika sistem mendeteksi aktifitas yang mencurigakan makan akan terblokir secara otomatis. Jika ini terjadi kamu bisa bertanya kepada penyedia layanan agar IP komputer kamu tidak diblokir.

    Baca Juga : Cara Mengatasi Website yang Terkena Malware

  4. Data Center yang Down
    Banyak yang tidak kita ketahui banyak proses yang terjadi di Data Center. Backup data, sinkornisasi data dan banyak hal lain. Di balik itu semua akan banyak hal yang terjadi. Di IDCloudhost sendiri kita berupaya keras agar menjaga hal itu dengan berbagai langkah preventif. Jika terjadi sesuatu yang tak bisa diatasi kita akan memberitahukan kepada pelanggan kami dengan cepat.
  5. Hacker attack
    Hacker adalah seseorang yang dengan sengaja masuk atau mengambil alih sistem dan bahkan mematikan layanan system yang kamu miliki. Serangan dari hacker ini sangat sering terjadi pada sistem yang memiliki celah keamanan. Ini mungkin diakibatkan kelalaian kamu untuk password atau juga lupa me-log out aplikasi atau website yang kamu akses. Pastikan kamu menghapus history dan cache ketika login system website kamu di tempat publik.
  6. Power Outage
    Power outage atau pemadaman listrik mendadak jadi kondisi sangat berbahaya bagi infrarastruktur TI. Power outage bisa terjadi pada sebuah data center maupun lokasi pada jaringan internet. Seperti yang terjadi pada e-commerce besar di Indonesia, tokopedia, jd.id, maupun Bukalapak sebelumnya. Menurut berita yang beredar, power outage jadi alasan mengapa layanan tidak bisa diakses untuk sementara. IDCloudhost berupaya keras ini agar terhindar dari hal semacam ini dengan berbagai langkah – langkah preventif.
  7. Natural Disaster.
    Natural disaster atau sebuah bencana. Seseuatu yang terjadi tanpa kita bisa prediksi sebelumnya. Salah satunya adalah bencana alam, gempa, tsunami, longsor dan lain halnya. Dengan ketidakmampuan untuk memprediksi terjadinya natural disaster, menyiapkan perencanaan recovery jadi hal terbaik yang bisa dilakukan. Perencanaan recovery bencana ini biasa disebut dengan Disaster Recovery Plan (DRP) bagi sebuah penyedia layanan. Dengan adanya perencanaan DRP yang tepat, kerugian dari matinya layanan bisa diminimalisir bahkan dihindari. Misalnya dari penempatan lokasi data center yang jauh dari kemungkinan mendapatkan natural disaster.
  8. Plugin / Aplikasi Bajakan
    Bisa juga pengguna yang nakal menggunakan aplikasi bajakan yang terinstal di website bisa juga mempengaruhi kestabilan hosting atau website yang kita miliki. Jangan sembarangan meninstall aplikasi yang belum memiliki kejelasan ke dalam hosting dan website kita. Hal ini berkaitan dengan kinerja yang dihasilkan akan mempengaruhi hosting lainnya. Sehingga penyedia layanan mau tidak mau menutup akses hosting yang bermasalah tersebut. Coba crosscheck kembali web hosting yang kita miliki.
  9. Kelemahan Sistem / Single point of failure (SPOF)
    Single point of failure (SPOF) adalah satu titik kelemahan dari sebuah sistem. Jika ada titik kelemahan akan terjadi failed, error atau gagal berjalan maka yang akan terjadi seluruh system tersebut akan berhenti berfungsi. Cara menghilangkan SPOF ini bisa dilakukan dengan merancang desain perencanaan yang baik, kemudian perencanaan pemilihan hardware, software serta monitoring dan kontrol yang dispilin pada sistem yang berjalan.

Hal diatas adalah beberapa kemungkinan – kemungkinan yang terjadi apabila sebuah server down. Beberapa hal ini semoga bisa membantu kita agar lebih tenang dan juga lebih bijak memilih penyedia layanan juga membuat perencanaan system yang baik dan stabil.

Related Post :