10 Daftar Framework Terbaik Untuk Developer

10 Daftar Framework Terbaik Untuk Developer

Pengembangan aplikasi dan website baik itu front end maupun back end saat ini pasti menggunakan kerangka kerja atau framework. Adapun kerangka kerja atau framework adalah struktur yang ditetapkan di mana tugas dilakukan atau diselesaikan. Biasanya, kerangka kerja mengacu pada struktur yang sering berlapis yang menunjukkan jenis program apa yang dapat atau harus dibangun dan bagaimana mereka akan terhubung satu sama lain.

Pada dasarnya, kerangka kerja berfungsi sebagai semacam struktur pendukung untuk sesuatu yang akan dibangun di atasnya. Ini merupakan perangkat lunak adalah abstraksi di mana perangkat lunak yang menyediakan fungsionalitas generik, dapat diubah secara selektif oleh kode yang ditulis pengguna tambahan, ini menyediakan perangkat lunak atau software khusus aplikasi.

Software kerangka kerja biasanya dirancang untuk bersifat universal, dan dapat digunakan kembali untuk menyediakan fungsionalitas sebagai bagian dari platform perangkat lunak yang lebih besar, yang kemudian memfasilitasi pengembangan aplikasi perangkat lunak, produk, dan solusi. Sederhananya, kerangka kerja perangkat lunak harus melayani tujuan membuatnya mudah untuk membuat perangkat lunak baru.

 

Tips Memilih Framework Bagi Pengembang

 

Sebagai platform yang menyediakan landasan untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak, framework bisa dianggap layaknya template program kerja yang dapat dimodifikasi secara selektif dengan menambahkan kode. Adapun yang termasuk dalam template ini adalah dalam menggunakan sumber daya bersama seperti perpustakaan, file gambar, dan dokumen referensi dan menyatukannya dalam satu paket. Paket tersebut dapat dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan spesifik proyek yang ingin dibuat.

Dengan framework, developer dapat menambah atau mengganti fitur untuk memberikan fungsionalitas baru pada aplikasi. Oleh karena itu, jika Anda sedang mencari sebuah kerangka kerja, maka tips, fitur dan dukungan dalam sebuah framework yang baik seharusnya memiliki :

  • Cukup sederhana untuk dipahami, konsisten, dan mudah diterapkan.
  • Memungkinkan pengembang untuk membangun komponen yang dapat digunakan kembali.
  • Framework dapat diperpanjang dengan menambahkan kode tambahan untuk menyediakan fungsionalitas yang berbeda.
  • Memiliki perilaku default yang berguna dan melakukan sesuatu. Seharusnya tidak mengandung kode berlebihan yang tidak menjalankan fungsi.
  • Berisi kode kerangka default yang tidak dapat dimodifikasi, hanya diperpanjang.
  • Menggunakan semua praktik kerangka kerja terbaik terdahulu namun dengan kemampuan untuk berkembang di masa depan.
  • Alur kontrol ditangani oleh kerangka kerja yang artinya kerangka kerja mengendalikan urutan pemrosesan, bukan pemanggil (caller).

 

Baca Juga  :   Laravel Framework : Manfaat Penggunaan dan Cara Install Cepat dan Mudah

 

10 Daftar Framework/Kerangka Kerja Terbaik

10 Daftar Framework/Kerangka Kerja Terbaik Untuk Pengembang
 

Mengingat ada banyaknya beragam framework diluar sana, maka bagi programmer yang ingin menggunakan software framework untuk pengembangan, adalah dengan mempelajari framework baru atau bahasa pemrograman berdasarkan kebutuhan aplikasi yang akan dikembangkan. Berikut ini 10 rekomendasi kerangka kerja yang populer diantara para pengembang.

 

Laravel

Dibuat oleh Taylor Otwell pada tahun 2011 dan seperti semua framework modern lainnya, Laravel juga mengikuti pola arsitektur MVC. Laravel menghargai Keanggunan, Kesederhanaan, dan Keterbacaan. Menariknya, pengembang pemula dapat segera mulai belajar dan mengembangkan Laravel dengan Laracasts yang memiliki ratusan tutorial di dalamnya.

 

CodeIgniter

Dikembangkan oleh EllisLab, CodeIgniter adalah kerangka aplikasi web terkenal untuk membangun situs web dinamis. Framework ini secara longgar didasarkan pada arsitektur MVC karena kelas Pengontrol diperlukan tetapi model dan tampilan bersifat opsional. CodeIgniter menjanjikan kinerja yang luar biasa, konfigurasi hampir nol, dan tidak ada perpustakaan monolitik skala besar.

 

Django

Django adalah kerangka kerja lain yang dapat membantu dalam membangun aplikasi web berkualitas. Diciptakan untuk memenuhi tenggat waktu ruang redaksi yang bergerak cepat sambil memenuhi persyaratan sulit dari pengembang web berpengalaman. Pengembang Django mengatakan aplikasi mereka sangat cepat, aman, terukur, dan serbaguna sehingga bisa di andalkan.

 

Ruby on Rails

Selanjutnya Ruby on Rails adalah kerangka kerja aplikasi web yang sangat produktif yang ditulis oleh David Heinemeier Hansson. Seorang pengembang dapat mengembangkan aplikasi setidaknya sepuluh kali lebih cepat dengan Rails daripada kerangka kerja Java biasa. Selain itu, Rails mencakup semua yang diperlukan untuk membuat aplikasi web berbasis database karena framework ini menggunakan pola Model-View-Controller.

 

AngularJS

Angular adalah kerangka kerja oleh Google yang awalnya dikembangkan oleh Misko Hevery dan Adam Abrons dengan tujuan membantu pengembang dalam membangun aplikasi web yang kuat. Ini adalah kerangka kerja untuk membangun aplikasi web berskala besar dan berkinerja tinggi sambil menjaganya tetap mudah dirawat sehingga tidak mengherankan ada banyak sekali aplikasi web yang dibuat dengan AngularJS.

 

Baca Juga  :   8 Alasan Menggunakan PHP Framework Untuk Pengembangan Website

 

Express Js

Express atau Express Js adalah kerangka kerja minimal dan fleksibel yang menyediakan serangkaian fitur tangguh untuk aplikasi web dan seluler. Menariknya, framework ini relatif minim, yang artinya banyak fitur tersedia sebagai plugin. Kerangka kerja Express dapat memfasilitasi perkembangan pesat aplikasi web berbasis Node.js dimana Express juga merupakan salah satu komponen utama dari bundel perangkat lunak MEAN.

 

Play

Play adalah salah satu framework aplikasi web modern yang ditulis dalam Java dan Scala. Kerangka kerja Play mengikuti arsitektur MVC dan bertujuan untuk mengoptimalkan produktivitas pengembang dengan menggunakan konvensi atas konfigurasi, memuat ulang kode panas, dan menampilkan kesalahan di browser. Play mengklaim diri mereka sebagai framework pengembang web cepat mumpuni dengan tagline The High-Velocity Web Framework.

 

Spring

Spring yang dikembangkan oleh Pivotal Software yang merupakan framework pengembangan aplikasi paling populer untuk perusahaan Java. Banyak sekali pengembang di seluruh dunia menggunakan Spring untuk membuat aplikasi Web berkinerja tinggi dan tangguh. Kerangka kerja Spring membantu dalam menciptakan sistem dan aplikasi berbasis JVM (Java Virtual Machine) yang sederhana, portabel, cepat, dan fleksibel.

 

ASP.NET

ASP.NET adalah kerangka kerja yang dikembangkan oleh Microsoft, yang membantu pengmbang dala membangun aplikasi web yang kuat untuk PC, serta perangkat seluler. Sebagai kerangka kerja kinerja tinggi dan ringan untuk membangun aplikasi web menggunakan .NET, secara keseluruhan, kerangka kerja dengan daya, produktivitas, dan kecepatan.

 

Meteor

Meteor atau MeteorJS adalah kerangka kerja lain yang memberikan cara yang sangat sederhana untuk membangun aplikasi seluler dan web waktu nyata. Framework ini akan memungkinkan pembuatan prototipe cepat dan menghasilkan kode lintas platform (Web, Android, iOS). Platform cloud dari Meteor yanki Galaxy, sangat menyederhanakan penerapan, penskalaan, dan pemantauan yang akan mempermudah pekerjaan pengembang.

 

Baca Juga  :    7 Framework CSS Untuk Membuat Web Responsif

 

Kesimpulan dan Penutup

Dewasa ini, kerangka kerja sangat membantu pengembang dalam merancang produk dengan lebih efisien dan praktis. Framework yang tepat dapat menyediakan infrastruktur yang telah menemukan detail tingkat rendah, memungkinkan pengembang untuk fokus pada detail unik dari proyek tertentu. Pengembang juga harus menulis lebih sedikit kode dimana lebih sedikit kode berarti lebih sedikit peluang untuk bug dan lebih sedikit waktu pengembangan, yang menghemat uang.

Meskipun kerangka kerja mungkin membosankan atau sedikit rumit untuk dipelajari pada awalnya, seiring waktu framework menjadi lebih berharga dan akan sangat membantu pekerjaan Anda. Proyek menjadi lebih cepat dan lebih mudah untuk diselesaikan sehingga lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat menghasilkan produk yang sesuai dengan prediksi yang diharapkan.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update