Berbicara mengenai bisnis retail, terdapat berbagai jenis bisnis yang dapat Anda pilih. Sebab Anda bisa membuka bisnis sendiri baik dalam bentuk toko retail online atau toko fisik menggunakan semua modal yang Anda miliki. Namun masih ada pilihan lain untuk membangun sebuah bisnis, salah satunya yaitu bisnis franchise. Bisnis satu ini memang sedang tren karena memiliki peluang yang besar dan keuntungan yang menggiurkan bagi pelakunya.

Bisnis franchise adalah sebuah metode membuka bisnis menggunakan nama, merek dagang sampai produk maupun bahannya dari bisnis yang sudah ada. Contoh bisnis sistem franchise yang sudah sangat populer di dunia, diantaranya Pizza Hut, McDonald’s, Dunkin’Donuts dan lain-lain. Semua merek bisnis ini tidak hanya populer tetapi juga memiliki kualitas produk dan pelayanan yang terpercaya. Tak heran jika aneka franchise populer tersebut selalu diminati konsumen dari waktu ke waktu.

Membangun sebuah bisnis perorangan atau pribadi memang berbeda dengan bisnis franchise. Dimana untuk franchise biasanya mempunyai beragam aturan, sistem serta membutuhkan keterampilan yang berbeda. Bagi Anda yang berminat ingin memulai bisnis dengan sistem waralaba, sebaiknya ketahui peluang, cara kerja hingga keunggulan bisnis satu ini. Jadi Anda semakin yakin menjalankan bisnis tersebut dan tentunya mendatangkan banyak keuntungan.

 

Peluang Bisnis Franchise

 

Bisnis franchise dapat dikatakan sebagai salah satu bisnis berpeluang besar karena yang minim resiko. Sebab bisnis yang Anda jalankan sudah memiliki brand, sistem kerja serta produk yang berkualitas. Bagi Anda yang berminat ingin mencoba menjalankan bisnis sistem franchise, berikut berbagai peluang franchise yang bisa Anda pilih :

 

  1. Makanan

    Makanan merupakan kebutuhan primer yang selalu dicari oleh konsumen kapan saja dan dimana saja. Terutama jenis makanan ringan atau cemilan yang seolah tidak ada matinya. Berbagai brand makanan hadir dengan menawarkan aneka jenis makanan yang bisa Anda pilih sesuai target pasar.

  2. Minuman

    Bisnis franchise minuman memang selalu dibutuhkan dan dijamin menguntungkan. Jenis minuman yang selalu dicari oleh konsumen diantaranya kopi kekinian, es teh berbagai varian, minuman coklat dan lain-lain.

  3. Minimarket

    Bagi Anda yang memiliki modal besar, cobalah untuk memilih bisnis minimarket secara franchise. Dimana bisnis tetap menguntungkan karena menyediakan berbagai jenis kebutuhan sehari-hari sehingga pasti akan dicari oleh konsumen.

  4. Ekspedisi Pengiriman Barang

    Jumlah pelaku bisnis online di Indonesia saat ini semakin meningkat. Tentunya bisnis online tersebut membutuhkan ekspedisi pengiriman barang untuk memudahkan pengantaran barang hingga tiba di alamat konsumen. Untuk itulah Anda bisa membuka bisnis ekspedisi pengiriman barang secara franchise.

  5. Pendidikan

    Dari waktu ke waktu, masyarakat semakin sadar akan pentingnya pendidikan. Banyak orang tua dan siswa yang menginginkan pendidikan tambahan di luar jam sekolah. Sehingga peluang bisnis bimbingan belajar juga semakin besar. Bahkan Anda bisa memulai bisnis tersebut secara franchise dari lembaga bimbingan ternama.

Baca Juga :     Mengenal Bisnis Franchise : Tips & Trick, Syarat, Cara Membuka di Indonesia

 

Cara Kerja Bisnis Franchise

Secara umum bisnis franchise merupakan cara menjalankan bisnis dengan mendistribusikan dan memperluas barang ataupun jasa menggunakan lisensi dagang. Sebagai pelaku bisnis, nantinya Anda akan berperan sebagai pemegang franchise setelah membayar royalti dan biaya awal kepada pihak pemilik merek franchise tersebut.

Selanjutnya Anda memperoleh hak memakai merek dagang, sistem bisnis, logo, bahan baku, peralatan, menjual produk, hingga memperoleh dukungan dari pemilik franchise. Bahkan keuntungan yang Anda peroleh dari penjualan produk, sepenuhnya menjadi milik Anda tanpa perlu bagi hasil dengan pemilik merek franchise. Bisnis franchise memiliki dua bentuk, pertama yaitu produk dan merek dagang. Pihak pemilik franchise melisensikan atau menjual hak untuk memakai merek dagang tertentu kepada mitra yang ingin bergabung.

Sedangkan yang kedua yaitu franchise dengan format bisnis dimana pemilik bisnis akan menyediakan dukungan serta layanan kepada pemegang franchise. Namun kebanyakan bisnis franchise justru menggabungkan dua bentuk bisnis tersebut untuk memaksimalkan penjualan produk-produk bagi para mitra. Jadi dapat dikatakan bahwa memulai bisnis ini merupakan sebuah kesempatan bekerja untuk diri sendiri tetapi tidak sendiri.

Baca Juga :   Mengenal Apa itu Shopify : Fungsi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

 

Keunggulan Bisnis Franchise

Bisnis franchise adalah bisnis jalan pintas yang tidak membutuhkan perencanaan bisnis dari awal dibandingkan dengan membangun bisnis sendiri. Menjalankan bisnis secara franchise memiliki peluang sukses yang lebih besar karena bisnis ini memiliki berbagai keunggulan. Berikut keunggulan bisnis secara franchise yang perlu Anda ketahui.

 

  • Manajemen Bisnis Sudah Terbentuk

    Bisnis franchise biasanya sudah mempunyai manajemen yang berjalan baik. Nantinya sebagai pelaku bisnis, Anda tidak perlu repot memikirkan ide bisnis, brand dan sistem kerja. Setelah Anda bergabung dengan sebuah merek franchise, maka Anda bisa langsung praktik di lokasi yang baru.

  • Modal Kecil

    Anda bisa memiliki bisnis modal kecil hanya dengan bergabung bersama bisnis franchise. Meski modalnya kecil, Anda juga berkesempatan memperoleh sarana yang lengkap seperti bahan baku, peralatan hingga banner untuk promosi. Kemudian tugas Anda sebagai mitra franchise hanya berpromosi dan berjualan produk franchise tersebut.

  • Mempunyai Brand yang Terkenal

    Bisnis franchise kebanyakan sudah memiliki brand terkenal di kalangan masyarakat. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk berpromosi serta memperoleh konsumen baru.

  • Manajemen Keuangan yang Mudah

    Bisnis dengan sistem franchise memang sudah memiliki mitra sehingga manajemen keuangan di dalamnya sudah diatur dengan baik. Hal ini dapat memudahkan para pelaku bisnis untuk mengatur manajemen keuangan secara lebih mudah.

  • Dukungan Franchisor dan Kerja sama Partner

    Dengan menjalankan bisnis franchise maka Anda akan memperoleh kemudahan untuk membuat serta menjual produk. Sebab pihak partner akan memberikan supply bahan baku, cara pembuatan produk hingga strategi marketing setelah Anda mendaftar. Selain itu, pihak franchisor sebagai pemegang lisensi franchise juga aka memberikan pelatihan khusus serta kiat-kiat sukses menjalankan bisnis bagi setiap mitranya.

  • Risiko Rugi yang Minim

    Dengan memiliki nama brand yang sudah dikenal oleh masyarakat, sehingga untuk mencari konsumen dan meningkatkan penjualan dapat dilakukan secara lebih mudah. Hal ini tentu membuat risiko rugi sangat minim dibandingkan bisnis pribadi. Tak heran sistem franchise ini banyak diminati oleh masyarakat terutama bagi para pelaku bisnis pemula.

Baca Juga :     Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020

 

Kesimpulan dan Penutup

Bagi Anda yang berencana ingin belajar berbisnis namun terkendala modal, ide dan sistem manajemen, maka sebaiknya pilih bisnis franchise saja. Dimana bisnis satu ini sudah memiliki paket lengkap mulai dari bahan baku produk, pembuatan produk, sistem manajemen hingga sarana promosi. Apalagi kebanyakan merek franchise tersebut sudah dikenal masyarakat sehingga akan semakin memudahkan Anda memperoleh konsumen baru dan meningkatkan penjualan.

Saat ini peluang bisnis franchise memang sangat menjanjikan dan bervariasi. Sehingga Anda bisa memilih jenis produk maupun brand sesuai target market dan modal yang dimiliki. Selain itu, agar bisnis tersebut dapat dijalankan secara lancar dan sukses pastikan Anda memahami betul cara kerjanya. Bahkan kini sudah banyak franchisor yang memberikan kiat sukses serta pelatihan bagi mitra franchisenya secara cuma-cuma.

Jumlah brand franchise di Indonesia memang semakin bervariasi dari waktu ke waktu. Meski tingkat persaingannya cukup besar, namun dengan brand dan kualitas yang sudah dikenal oleh masyarakat menjadikan bisnis tersebut tetap dicari oleh konsumen. Akan tetapi agar bisnis tersebut bisa bersaing dengan baik, pilihlah lokasi strategis yang jauh dari kompetitor serta berikan pelayanan terbaik bagi konsumen.