Apa Itu Domain Parking? Fungsi dan Bagaimana Cara Settingnya

Apa Itu Domain Parking? Fungsi dan Bagaimana Cara Settingnya

Domain Parking merupakan praktik mendaftarkan domain (alamat situs web) tanpa membangun situs web diatasnya. Domain ini ditampilkan secara sederhana, umumnya berisi iklan untuk menghasilkan pendapatan pasif.  Pemilik domain dapat membangun situs web nantinya, menjual, atau memanfaatkannya untuk keuntungan lain. Jadi, parking domain memiliki sejumlah manfaat bagi pemilik website. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini artikel akan mengulas secara lengkap mulai dari apa itu domain parking, jenis-jenis, serta fungsinya.

Apa Itu Domain Parking?

Domain parking adalah istilah yang digunakan untuk mengamankan nama domain yang telah didaftarkan namun tanpa mengembangkan atau mempublikasikan konten apapun di bawah nama domain tersebut. Sehingga domain tersebut tidak memiliki web yang aktif. Oleh karena itu, sering dimanfaatkan perusahaan atau individu yang ingin membeli dan menyimpan domain namun belum memiliki rencana untuk membuat situs web pada domain tersebut.

Fitur ini juga bermanfaat jika Anda memiliki domain dengan ekstensi yang berbeda, namun tampilan websitenya ingin disamakan. Misalnya, Anda melakukan parked domain idcloudhost.com ke idcloudhost.co.id. Ketika Anda mengakses website idcloudhost.com akan sama tampilannya seperti di idcloudhost.co.id.

Baca juga: Perbedaan Sub Domain, Addon Domain, Parked Domain & Redirect Domain

Jenis-Jenis Domain Parking

Setiap jenis domain parking memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda-beda. Ada berbagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan Anda yakni:

Standard Parking

Standard parking adalah jenis parking domain yang paling umum dan mudah digunakan. Pada standard parking, halaman domain yang terparkir hanya menampilkan iklan-iklan yang relevan dengan kata kunci atau topik terkait dengan domain tersebut. Iklan yang disajikan melalui jaringan iklan yang bekerja sama dengan penyedia layanan parking domain. Kelebihan utama standard parking ini adalah sederhana dan mudah digunakan, monetisasi yang cepat, beragam pilihan iklan, dan dapat disesuaikan dengan target audiens dan niche domain.

Adult Parking

Adult parking atau parkir dewasa adalah jenis parking domain yang dirancang khusus untuk domain yang berisi konten dewasa. Halaman parkir domain jenis ini menampilkan iklan-iklan yang relevan dengan industri dewasa, seperti iklan situs web kencan, produk layanan dewasa, dan konten hiburan dewasa lainnya.

Kelebihan utama adult parking ini adalah potensi pendapatan yang tinggi karena, umumnya konten dewasa memiliki tingkat konversi dan nilai iklan yang tinggi dibandingkan dengan industri lain, menjangkau audiens dewasa secara langsung, dan pilihan iklan yang beragam seperti, iklan teks, gambar, dan video.

Zero-Click Parking

Zero-click parking atau parking tanpa klik adalah jenis parking domain yang dirancang untuk domain dengan traffic sangat rendah. Halaman parking domain ini menggunakan teknologi yang memungkinkan iklan-iklan dipasang tanpa memerlukan klik dari pengunjung. Pengunjung yang mengakses domain akan melihat iklan ditampilkan secara otomatis dan pemilik domain akan mendapatkan penghasilan dari tayangan iklan tersebut.

Kelebihan domain parking jenis ini adalah monetisasi domain tidak menghasilkan traffic signifikan melalui iklan, menghasilkan pendapatan tanpa perlu interaksi dari pengunjung, dan menggunakan teknologi modern untuk menayangkan iklan.

Placeholder Parking

Placeholder parking adalah jenis domain parking yang digunakan untuk domain yang sedang dalam tahap pengembangan atau untuk domain yang tidak terpakai. Halaman parkir placeholder biasanya berisi informasi sederhana tentang domain tersebut, seperti nama domain, deskripsi singkat, dan cara untuk menghubungi pemilik domain.

Kelebihan utama parking jenis ini adalah memberikan informasi kepada pengunjung tentang status domain dan cara untuk menghubungi pemiliknya, menunjukkan profesionalisme pemilik domain dan memberikan kesan bahwa domain sedang dikembangkan atau akan digunakan di masa depan, dan mencegah domain tidak terpakai untuk tujuan yang tidak diinginkan, seperti penipuan atau konten ilegal.

SEO Parking 

SEO Parking adalah jenis domain yang dirancang khusus untuk domain yang ingin dioptimalkan untuk mesin pencari. Halaman parkir SEO memanfaatkan teknik-teknik SEO canggih untuk meningkatkan peringkat domain di hasil pencarian mesin pencari, seperti Google dan Bing. Kelebihan parking domain jenis ini adalah meningkatkan visibilitas domain di mesin pencari sehingga menghasilkan pengunjung potensial, mendatangkan traffic organik, meningkatkan potensi konversi pengunjung menjadi pelanggan.

Baca juga: Cara Mengatur Parked Domain pada cPanel

Fungsi Domain Parking

Mungkin banyak yang bertanya tentang fungsi dari membeli domain yang tidak didaftarkan untuk situs, sehingga digunakan untuk apa? Berikut ini beberapa fungsinya, sebagai berikut:

Melindungi Nama Domain

Salah satu fungsi pentingnya adalah untuk melindungi nama domain. Ketika Anda memiliki nama domain yang berharga namun belum siap untuk membangun situs web di atasnya, domain parking dapat membantu Anda menjaganya agar tidak diambil alih oleh orang lain. Memarkir domain Anda akan mencegah pihak lain mendaftarkan nama domain yang sama atau menggunakannya untuk tujuan jahat seperti, phising atau penipuan. Domain yang terparkir akan menampilkan halaman web sederhana dengan informasi tentang domain, sepert nama pemilik dan cara menghubunginya.

Sumber Passive Income

Selain melindungi nama domain, ternyata juga dapat digunakan untuk menghasilkan passive income dari domain yang tidak digunakan. Ketika Anda memarkirkan domain, Anda dapat menampilkan iklan di halaman parkir dan mendapatkan penghasilan dari setiap klik yang dilakukan pengunjung pada iklan tersebut. Jumlah pendapatan yang dihasilkan dari domain parking tergantung pada beberapa faktor, seperti traffic domain, relevansi iklan, dan tingkat konversinya.

Menjadi Investasi Domain

Banyak orang yang memandang, investasi domain yang berpotensi menguntungkan. Praktik ini dapat menjadi investasi cerdas untuk memanfaatkan nama domain yang berpotensi berharga. Anda dapat memilikinya dan menjaganya agar tidak diambil oleh pihak lain, sambil menunggu nilainya meningkat seiring waktu.

Beberapa alasan mengapa praktik ini menjadi investasi yang menarik adalah permintaan akan nama domain yang berkualitas tinggi terus meningkat seiring dengan pertumbuhan internet, biaya yang rendah jika dibandingkan Anda investasi seperti saham, real estate, dan potensi keuntungan yang tinggi jika Anda berhasil memilih dan memarkir domain yang tepat.

Menyimpan Domain Sebelum Kadaluarsa

Terakhir adalah menawarkan solusi praktis untuk menyimpan domain sebelum kadaluarsa. Ketika domain Anda mendekati tanggal kadaluarsa, Anda dapat melakukan praktik ini untuk mencegah domain tersebut dihapus atau diregistrasi ulang oleh orang lain. Domain parking memungkinkan Anda untuk mempertahankan kepemilikan domain tanpa harus segera membangun situs web di atasnya. Sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu untuk merencanakan dan mengembangkan situs web Anda.

Cara Setting Domain Parking

domain parking

Berikut ini cara settingnya melalui cPanel hosting:

  • Masuk ke akun hosting atau domain.
  • Setelah mengakses cPanel, kemudian bagian domain cari menu aliases atau parked domain.
  • Kemudian pada bagian Create a New Alias, masukkan nama domain alias yang ingin Anda arahkan ke domain utama lalu pilih Add Domain.
  • Setelah berhasil memasukkan nama domain, Anda akan diberikan beberapa pilihan konfigurasi. Beberapa penyedia layanan mungkin menawarkan opsi untuk menampilkan iklan terkait atau konten lainnya pada halaman parkir.
  • Setelah berhasil mengatur konfigurasi domain sesuai dengan keinginan, simpan pengaturan tersebut.
  • Perubahan DNS memerlukan waktu untuk diproses dan memakan waktu kurang lebih 48 jam.
  • Setelah berhasil, saatnya mengecek domain yang sudah terparkirkan. Caranya cukup akses park domain melalui web browser dan lihat apakah domain tersebut berhasil mengarahkan ke domain yang dituju. Jika muncul, artinya domain telah berhasil; terparkirkan.

Baca juga: Ini Dia Penyebab Domain Tidak Bisa Diakses

Penutup

Domain parking adalah solusi praktis untuk mengelola domain yang belum atau tidak terpakai. Dengan melakukan praktik ini, pemilik domain mendapatkan berbagai keuntungan yang telah disebutkan di atas. Jika Anda ingin membeli domain yang terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. Anda bisa mendapatkan domain berkualitas di IDCloudHost. Dengan berbagai pilihan domain populer dengan harga yang terjangkau serta tim ahli yang siap membantu 24/7. Yuk Buruan coba!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update