Perkembangan teknologi saat ini begitu pesat, berbagai produk elektronik terus menghadirkan berbagai fitur untuk memudahkan penggunanya. Salah satu produk elektronik yang sering dan rutin menghadirkan fitur dan aplikasi terbaru adalah smartphone. Smartphone saat ini sudah banyak digunakan diberbagai kalangan masyarakat.

Smartphone biasanya digunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari. Selain itu, smartphone digunakan juga sebagai alat bantu menjalankan bisnis, mempermudah proses belajar atau perkuliahan online hingga mempermudah para konten kreator dalam menghasilkan konten yang bermanfaat.

Salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna smartphone saat ini adalah fitur “Screen Recorder”. Screen Recorder banyak dimanfaatkan untuk merekam aktifitas pengguna smartphone dalam bentuk video. Untuk melakukan kegiatan screen recorder diperlukan aplikasi khusus yang dapat mempermudah proses screen recorder. Berikut rekomendasi Aplikasi untuk Rekam Layar / Screen Recorder Smarphone yang Gratis dan Terbaik.

 

Pengertian Screen Recorder

 

Screen Recorder adalah sebuah aplikasi yang dapat merekam aktifitas pada layar pengguna. Biasanya screen recorder digunakan untuk mendokumentasikan kegiatan pada smartphone atau digunakan untuk demonstrasi penggunaan sebuah aplikasi lain yang terinstal pada smartphone.

Hasil dari screen recorder sendiri berupa video dalam format mp4, video tersebut biasanya dapat diputar diberbagai aplikasi pemutar video. Ukuran video dari screen recorder pun bervariasi, tergantung dari panjang durasi perekaman. Semakin lama screen recorder dilakukan, maka semakin besar pula video yang dihasilkan

 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik dan Terbaru untuk Android dan iOS (Smartphone)

 

Manfaat Screen Recorder

Semenjak fitur screen recorder hadir pada smartphone, banyak yang memanfaatkan aplikasi screen recorder. Berikut manfaat aplikasi screen recorder yang wajib anda ketahui.

  1. Sebagai fasilitas untuk demonstrasi aplikasi

    Saat ini tersedia berbagai website serta aplikasi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna smartphone. Screen Recorder dapat menjadi fasilitas demonstrasi penggunaka sebuah aplikasi atau website. Dengan membuat tutorial penggunaan melalui screen recorder, diharapkan informasi demonstrasi dapat tersampaikan dengan baik kepada pengguna.

  2. Sebagai solusi menyelesaikan masalah pada smartphone

    Ada aplikasi yang tidak berjalan dengan baik? Kebingungan dengan fitur-fitur pada smartphone? Dengan melakukan screen recording, anda dapat dengan mudah berkonsultasi dengan yang ahlinya. Sehingga, apabila timbul masalah pada smartphone anda, dapat dengan mudah ditemukan peyelesaiannya.

  3. Sebagai barang bukti

    Dengan mudahnya transaksi perbankan saat ini, mudah pula rentan dengan penipuan. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terkena penipuan online, anda dapat merekam transaksi tersebut, sehingga bisa dijadikan barang bukti apabila dibutuhkan oleh pihak yang berwajib.

 

Baca Juga:  Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas dengan Mudah

 

Rekomendasi aplikasi rekam layar

Sekarang anda tidak perlu bingung apabila membutuhkan aplikasi perekam layar atau screen recorder. Berikut rekomendasi aplikasi rekam layar atau screen recorder yang dapat anda install dan gunakan pada smartphone anda.

  1. Aplikasi rekam layar bawaan smartphone

    Dengan perkembangan smartphone saat ini, berbagai produsen smartphone mulai menghadirkan aplikasi rekam layar bawaan pada smartphone. Seperti pada smartphone Sony Xperia, pengguna dapat menekan dan menahan Tombol Power atau Tombol Kunci Layar bersamaan. Sehingga muncul menu seperti Power OFF, Airplane Mode, Take Screenshot, Record Screen, dan Restart.
    Sedangkan untuk smartphone xiaomi, pengguna dapat membuka folder yang bernama alat atau tools. Di dalam folder tersebut tersedia aplikasi rekam layar atau screen recorder.

  2. Screen Recorder & Video Recorder- XRecorder

    Inshoot merupakan aplikasi edit video yang ramai digunakan oleh pengguna smartphone. Tak hanya menyediakan aplikasi edit video, inshoot juga menghadirkan aplikasi rekam layar tersendiri yang bernama Screen Recorder & Video Recorder- XRecorder. Aplikasi ini berukuran 18mb dan memiliki beberapa fitur unggulan seperti:

    • Video Editor
    • Pilihan ekspor video yang dapat dikostumisasi hingga Full HD
    • Tidak ada watermark
    • Tidak ada batas waktu merekam
    • Tersedia timer untuk mempersiapkan layar smartphone
    • Memiliki alternative penyimpanan, melalui memori internal atau eksternal

    Selain itu, akan ada beberapa fitur tambahan yang hadir seperti mengedit video dengan menambahkan music dan text. Lalu brush tool untuk menggambar dan menandai saat merekam video.

  3. Du Recorder- Screen Recorder, Video Recorder

    Berukuran 5.3 MB, aplikasi Du Recorder ini dapat merekam hingga Full HD juga. Beberapa fitur unggulan dari Du Recorder adalah sebagai berikut.

    • Tersedia berbagai resolusi,framerate video rekaman
    • Aplikasi dapat diberhentikan dengan cara menggoyangkan smarthphone
    • Dapat membuat gif dari hasil rekaman layar
    • Dapat digunakan untuk live stream pada youtube, facebook dan twitch
  4. Mobizen

    Meraih gelar best of 2016 app, aplikasi berukuran 24 mb ini dapat merekam layar dengan mudah. Selain itu, bagi anda yang ingin merekam layar sekaligus merekam wajah, tersedia fitur face cam yang dapat merekam wajah melalui kamera depan.

  5. Screen Recorder

    Aplikasi besutan AppSmartz ini memiliki ukuran 29 mb. Fitur unik yang dimiliki aplikasi ini adalah Draw on screen atau menggambar ketika merekam layar. Praktis bagi anda yang merekam layar dan membutuhkan fasiltas menggambar saat merekam.

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari sekian banyak aplikasi rekam layar atau screen recorder yang tersedia pada play store, anda dapat memilih sesuai kapasitas smartphone anda. Selain itu, tentunya masing-masing aplikasi memiliki keunggulan tersendiri yang cocok dengan kebutuhan rekam layar yang anda lakukan. Dengan berbagai kemudahan aplikasi rekam layar, diharapkan sebagai pengguna untuk bijak dalam merekam layar. Anda dapat merekam demonstrasi aplikasi untuk edukasi, merekam permainan favorite sebagai hiburan.

Hindari merekam layar untuk perbuatan yang illegal, seperti live streaming acara berbayar atau film- film di website illegal. Karena, apabila aktfitas tersebut anda lakukan,akan berdampak negatif dan termasuk perbuatan pembajakan dan perbuatan tersebut dilarang oleh undang-undang.