Instagram sepertinya ingin menjadi salah satu platform yang dipenuhi dengan berbagai fitur didalamnya, dalam merayakan 1 miliar pengguna mereka pada bulan Juni 2018 beberapa waktu lalu, Instagram merilis salah satu fitur baru yang bisa dibilang menjadi salah satu penyaing Youtube di ranah aplikasi video yaitu Fitur IG TV.

IGTV atau Instagram TV merupakan salah satu fitur yang sebenarnya tidak jauh beda dengan IG Story namun bedanya dikemas dengan sangat struktural bahkan pengguna bisa mengupload Video hingga 1 jam. IG TV memungkinkan pengguna untuk mengupload video dengan durasi yang sangat panjang sehingga fitur ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin membagikan video seperti video di youtube dan di facebook.

Hanya saja, saat ini IG TV sepertinya memprioritaskan video dengan format yang vertikal namun kita tidak tahu bahwa apakah suatu saat nanti video yang di upload bisa horizontal sehingga pengguna bisa lebih leluasa menggunakan fitur ini sepenuhnya.

Baca Juga : Instagram Down Menyebabkan Pengguna Tidak bisa Mengakses Instagram

Anda perlu menginstall aplikasi yang berbeda untuk menjalankan IGTV, dan yang perlu Anda ketahui juga bahwa fitur IGTV sendiri nantinya Anda akan mempunyai Channel dengan akun yang Anda punya. Pada saat pertama kali mendaftar maka Anda akan diminta untuk membuat Channel baru untuk akun IGTV Anda.

IGTV juga terhubung dengan akun instagram Anda sehingga Anda bisa login menggunakan akun Instagram yang Anda punya. Pada saat Anda mengakses IGTV, maka anda akan menemukan folder / directory tertentu dimana Anda dapat memilih bagaimana konten yang ditampilkan. Direktorinya sendiri dibagi menjadi 4 kategori yaitu, For You, Following, Popular, dan Continue Watching.

  • For you : merupakan konten video yang direkomendasi oleh Instagram terkait apa yang Anda sukai.
  • Following : merupakan konten video yang Anda bisa lihat berdasarkan akun yang Anda ikuti.
  • Popular : merupakan konten video yang sedang viral maupun akun yang mempunyai konten yang popular disuatu waktu. Fitur ini kurang lebih sama dengan fitur Explore pada Instagram.
  • Continue Watching : merupakan konten video dimana Anda bisa melanjutkan menonton video-video yang sudah Anda buka sebelumya tapi belum sempat Anda selesaikan.

Apakah Anda tertarik menggunakan Fitur ini ? Yuk Tulis dikomentar apa pendapat Anda mengenai fitur IGTV ini! 😀