Panduan Lengkap Google Analytics Untuk Pemula

Panduan Lengkap Google Analytics Untuk Pemula

Jika Anda adalah pemilik website atau situs online, Anda sangat memerlukan Google Analytics untuk memantau perkembangan website dan seberapa banyak pengunjung yang mampir di situs website Anda. ini adalah teknik untuk mengetahui seberapa jauh situs dan blog Anda mencapai pembaca Anda dari waktu ke waktu. Anda tidak perlu menyewa jasa lain untuk bisa melihat laporan perkembangan website Anda karena ini adalah cara yang paling praktis.

Anda bisa menghubungkan Google Analytics ke situs Anda supaya Anda bisa memantau perkembangan website Anda. Disini Anda juga bisa menganalisis apakah campaign yang Anda lakukan berhasil atau tidak, Anda bisa melihat lonjakan pengunjung website di Google Analytics dan banyak hal lainnya yang bisa Anda jadikan alat riset selanjutnya untuk meningkatkan situs web dan blog Anda.

Lalu apa saja yang bisa Anda lihat di Google Analytics? Google Analytics bisa membuat Anda melihat berapa banyak pengunjung, seberapa lama pengunjung berada di situs Anda, dan lain sebagainya. Pada artikel ini Anda akan mengetahui seluk-beluk Google Analytics karenanya simak artikel ini sampai habis.

 

Memahami Definisi Google Analytics dan Cara Kerjanya

 

 

Secara sederhana, Google Analytics menyediakan akses ke sejumlah besar data yang terkait dengan cara pengguna menemukan dan berinteraksi dengan situs Anda. Misalnya, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang mengunjungi halaman tertentu, berapa lama mereka berada di sana, di mana pengguna Anda tinggal, bagaimana kinerja kata kunci tertentu , dan seterusnya.

Untuk lebih mempermudah para pemilik situs web dan blog Google Analytics dapat diintegrasikan di situs web Anda melalui kode atau melalui plugin WordPress mereka, yakni Site Kit. Sedangkan jika Anda menggunakan Blogger, platform terkenal lainnya di samping WordPress, Anda beruntung karena ini adalah bagian dari Blogger itu sendiri sehingga memberikan jauh lebih banyak kemudahan di bagi pengguna platform ini.

 

Baca Juga  :      7 Data Utama Website yang dapat Diukur dengan Google Analytics

 

Cara Kerja Google Analytics dan Istilah-istilah Google Analytics

Jika Anda ingin memasukkan data apa pun dari situs Anda ke Google Analytics, Anda harus terlebih dahulu menempatkan tag di situs Anda. Segera setelah tag tersebut ditempatkan dengan benar, Google Analytics akan mulai mengumpulkan data. Data tersebut kemudian dimasukkan ke dalam laporan yang terdiri dari metrik dan dimensi.

Perlu Anda ketahui  yakni metrik adalah yang menghasilkan angka yang akan Anda temukan di platform. Apa pun yang dapat diukur dengan angka adalah metrik dimana ini termasuk jumlah pengguna, jumlah pembelian, nilai konversi, waktu rata-rata di situs, dll. Dimensi adalah cara metrik dapat disegmentasikan. Berikut juga beberapa istilah yang harus Anda ketahui :

  • Akun

    Tempat setiap properti berada di dasbor Anda. Anda dapat mengatur beberapa properti dalam satu akun atau memiliki beberapa akun untuk properti yang berbeda.

  • Properti

    Istilah properti ini merujuk pada situs web atau aplikasi seluler yang ingin Anda lacak, yang telah mampir ke situs web atau blog Anda.

  • ID Pelacakan

    Kode unik yang ditambahkan ke situs Anda yang memungkinkan Google Analytics untuk melacaknya.

  • Saluran/Sumber Trafik

    Ini menunjukkan asal lalu lintas atau trafik pada situs Anda, seperti rujukan atau tautan dari situs lain, mesin telusur, media sosial, dan email.

  • Sesi Durasi

    Sesuai namanya, bagian ini adalah berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs Anda.

  • Bounce Rate

    Kemudian ada bounce rate yang mengacu pada persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman lalu keluar.

  • Session

    Perilaku pengunjung tertentu, seperti saat pengunjung mengklik iklan, menonton atau menghentikan video, mendownload file, dan lainnya.

  • Penelusuran Organik

    Sedangkan yang termasuk pada penelusuran organik adalah dimana pengunjung yang mengunjungi situs Anda dari tautan di laman hasil penelusuran.

  • Segmen

    Apakah Anda mempunyai target tertentu? Maka Anda bisa mencoba mengecek apda Segmen yang merupakan cara untuk memfilter data, seperti menurut kategori dan jenis pengunjung.

 

Baca Juga  :     Memaksimalkan Google Analytics untuk SEO Website Bisnis

 

Disamping istilah- istilah diatas, ada juga jenis laporan yang tidak boleh Anda lewatkan, berikut istilah dari jenis laporan yang harus Anda ketahui :

  • Konversi

    Melacak berapa banyak pengunjung yang berkonversi menjadi pelanggan buletin, pembeli, dan pelanggan sebenarnya. Klik tab Konversi dan pilih jenis atau kategori konversi untuk melihat laporan.

  • Akuisisi

    Menunjukkan asal lalu lintas, seperti mesin telusur, media sosial, kampanye pemasaran email, dan tautan dari situs web lain. Anda akan menemukannya di bawah tab Akuisisi.

  • Kata Kunci

    Memberi tahu Anda kata penelusuran yang digunakan pengunjung untuk menemukan situs web Anda di mesin telusur. Anda akan menemukan laporan ini di tab Perilaku, di bawah Penelusuran Situs.

  • Pengguna Aktif

    Pengguna aktif memantau jumlah pengunjung yang benar-benar aktif di situs Anda dalam jangka waktu tertentu, seperti seminggu, 14 hari, atau bulan terakhir. Ini akan menunjukkan kepada Anda halaman apa yang paling banyak dikunjungi pengguna aktif sehingga Anda dapat mengetahui apa yang menarik perhatian mereka dan menerapkannya ke seluruh situs web Anda. Anda dapat menemukan laporan pengguna aktif di tab Audiens di bawah Pengguna Aktif.

  • Nilai Seumur Hidup

    Saat ini dalam versi beta, laporan Nilai Umur melacak pengunjung sepanjang masa hidup mereka, mulai dari kunjungan pertama hingga konversi, kunjungan kembali, pembelian di masa mendatang, dan seterusnya. Ini dapat membantu Anda mengetahui apa yang mengubah pengunjung ini menjadi pelanggan dan apa yang membuat mereka terus datang kembali sehingga Anda dapat menerapkan perubahan. Nilai seumur hidup terletak di bawah tab Audiens.

  • Landing Page

    Landing Page menunjukkan halaman mana yang merupakan laman landas paling sering sehingga Anda dapat melacak dari mana pengunjung tersebut berasal dan apa yang berhasil di laman teratas yang menarik pelanggan. Anda akan menemukan ini di berbagai laporan di bawah kolom halaman arahan.

 

Baca Juga  :    Google News Sitemap : Pengertian dan Cara Daftarnya

 

Cara Menggunakan Google Analytics untuk Website Anda

Panduan Lengkap Google Analytics Untuk Pemula
 

 

Sekarang setelah Anda menguasai dasar-dasarnya, berikut ini selengkapnya tentang penggunaan Google Analytics sebagai bisnis kecil. Berikut ini cara memulai menghubungkan Google Analytics ke website Anda.

 

Mulai dengan Analytics

Untuk mulai mengumpulkan data dasar dari situs web, Buat atau Masuk ke akun Analytics Anda, kemudian :

  • Buka google(dot)com/analytics
  • Lakukan salah satu dari berikut : Untuk membuat akun, klik Mulai secara gratis dan untuk masuk ke akun Anda, Klik Masuk ke Analytics.

 

Siapkan Properti

Selanjutnya adalah menyiapkan properti di akun Analytics Anda. Properti mewakili situs web atau aplikasi Anda, dan merupakan titik pengumpulan di Analytics untuk data dari situs atau aplikasi Anda. Siapkan tampilan pelaporan di properti Anda. Tampilan memungkinkan Anda membuat perspektif yang difilter dari data Anda. Misalnya, semua data kecuali dari alamat IP internal perusahaan Anda, atau semua data yang terkait dengan wilayah penjualan tertentu. Ikuti petunjuk untuk menambahkan kode pelacakan ke situs Anda, sehingga Anda dapat mengumpulkan data di properti Analytics Anda.

 

Siapkan Google Analytics di situs web Anda

Kode pelacakan < script > diperlukan untuk melacak situs web Anda. Anda akan dibawa langsung ke bagian Kode Pelacakan setelah menyiapkan akun Anda. Kode pelacakan harus ada di setiap halaman yang ingin Anda lacak. Ada beberapa cara untuk melakukan ini :

  • Salin dan tempel kode langsung ke template situs web Anda.
  • Buat file “analyticstracking(dot)php” dengan kode tersebut dan tambahkan <? php include_ once(“analyticstracking(dot)php”) ?> setelah tag < body > template Anda.
  • Periksa host web, pembuat situs web, atau platform blog Anda untuk integrasi Google Analytics. Misalnya, ada beberapa plugin di WordPress yang secara otomatis menambahkan kode pelacakan ke setiap halaman. Beberapa pembuat situs web memiliki halaman atau bidang tertentu tempat Anda cukup memasukkan ID pelacakan. Ini seperti Blogger dan Squarespace, hanya memerlukan ID properti web atau nomor akun Google Analytics Anda, serangkaian angka yang diawali dengan huruf UA yang mengidentifikasi situs web Anda.

 

Baca Juga  :    Panduan Cara Membuat Website dengan Google Sites yang Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Google Analytics cukup lengkap karena menyediakan akses ke sejumlah besar data yang terkait dengan cara pengguna menemukan dan berinteraksi dengan situs Anda. Disini Anda dapat melihat berapa banyak orang yang mengunjungi halaman tertentu, berapa lama mereka berada di sana, di mana pengguna Anda tinggal, bagaimana kinerja kata kunci tertentu , dan seterusnya. Bahkan Google Analytics dapat diintegrasikan di situs web Anda melalui kode atau melalui plugin WordPress jika Anda adalah pengguna platform terkenal ini.

Jika Anda ingin memasukkan data apa pun dari situs Anda ke Google Analytics, Anda harus terlebih dahulu menempatkan tag di situs Anda. Segera setelah tag tersebut ditempatkan dengan benar, Google Analytics akan mulai mengumpulkan data. Data tersebut kemudian dimasukkan ke dalam laporan yang terdiri dari metrik dan dimensi. segmentasikan.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update