Saat ini penggunaan virtualisasi semakin berkembang dengan adanya peningkatan penggunaan hardware yang disediakan oleh berbagai vendor software dipasaran. Saat ini adanya banyak platform virtualisasi seperti VMWare vSphere/ESXi, XenServer, Microsoft Hyper-V, dan Proxmox VE.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan lebih detail kepada Anda mengenai proxmox VE yang merupakan platform server manajemen open-source untuk membantu mengontrol virtual machines (VMs) dan mengintegrasikan dengan tools disaster recovery (DR). Jika Anda ingin mengetahui lebih mendalam mengenai platform virtualisasi yang satu ini dan bagaimana kegunaan serta manfaat yang diberikan, maka perhatikanlah artikel berikut ini!

Apa Itu Proxmox VE?

Perusahaan Proxmox Server Solution pada awalnya didirikan pada tahun 2005 yang digunakan sebagai perangkat lunak keamanan untuk melindungi server email dari spam, virus, trojan, dan serangan phishing. Namun pada April 2008 diluncurkan layanan platform virtualisasi open-source yang gratis yaitu Proxmox Virtual Environment (VE).

Pada dasarnya, proxmox VE terintegrasi dengan KVM Hypervisor dan Linux Containers (LXC). Lebih lanjut, layanan ini juga memiliki user-interface yang terintegrasi sehingga Anda dapat mengelola VMs dan containers, cluster dengan ketersediaan yang tinggi, dan terintegrasi dengan tools disaster recovery (DR) yang mudah digunakan.

Adanya proxmox VE dapat menjadi layanan bagi perusahaan untuk memvirtualisasikan infrastruktur IT, mengoptimalkan resource yang ada, dan meningkatkan efisiensi dengan meminimalkan kemungkinan beban. Lebih lanjut, melalui proxmox VE juga akan membuat perusahaan lebih mudah menyesuaikan dengan pertumbuhan data dalam operasional bisnis.

Fungsi Proxmox VE

Sebagai salah satu layanan open-source, tools ini memiliki fungsi khusus sebagai virtualisasi appliance dan operating sistem. Dengan demikian, berikut telah kami rangkum fungsi dari proxmox VE:

  1. Mengelola virtual mesin (membuat VM-VM quest dalam satu fisik mesin, mengubah setting, menghapus, dan berbagai fungsi lainnya)
  2. Mengelola storage yang dapat diintegrasikan dengan external storage (SAN/NAS)
  3. Mengelola cluster (membuat satu logic server dari beberapa server fisik)

Manfaat Proxmox VE

Setelah mengenal proxmox VE dan fungsi yang diberikan, maka perhatikanlah manfaat dan keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Proxmox VE yakni sebagai berikut:

  • Gratis

Proxmox VE adalah layanan gratis sehingga penggunanya bisa mendownload, menginstal, dan menggunakannya tanpa memerlukan pembayaran tertentu. Lebih lanjut, proxmox VE juga menghadirkan klaster data dan berbagai fitur secara gratis. Meskipun demikian, jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dukungan support atau menginginkan update aplikasi versi yang yang lebih lengkap, maka Anda dapat membayar untuk mendapatkan layanan yang lebih eksklusif namun secara umum layanan ini adalah gratis.

  • Mendukung Open vSwitch

Open vSwitch adalah virtual switch yang digunakan dalam lingkungan virtual. Dengan demikian, proxmox VE mendukung secara penuh terhadap layananan Open vSwitch.

  • Built in Firewall

Pada layanan proxmox VE dapat digunakan pada cluster dan high availability server. Lebih lanjut layanan ini memiliki firewall sendiri yang berfungsi untuk melindungi cluster di setiap virtual machines.

  • Mendukung LXC (Linux Container)

Jika pada virtualisasi biasa suatu host bisa dipakai maksimal 100 VM maka pada dengan menggunakan LXC Host dapat digunakan hingga 100 VM tanpa mengorbankan kinerja. Dengan demikian, LXC merupakan virtualisasi terbaru yang lebih efisien.

  • Mendukung KVM

KVM adalah modul yang ditambahkan pada kernel linux untuk menjalankan virtualisasi. Proxmox VE menyediakan virtualisasi yang stabil pada KVM. Hal tersebut terjadi karena virtual machine dalam KVM tidak bergantung pada host operating system.

Adanya KVM akan memungkinkan Anda untuk menjalankan Windows maupun Linux pada virtual machines dengan setiap VM memiliki perangkat keras pribadi yang tervirtualisasi.

  • Mendukung Tampilan Grafis (GUI)

Selain menggunakan command line, pada tampilan proxmox VE juga mendukung tampilan graphical user interface (GUI) yang memudahkan dalam memanajemen perangkat-perangkat virtual.

  • Terdapat Berbagai Plugin Pada Storage

Pada dasarnya, dengan storage dapat digunakan untuk penyimpanan berbagai hal seperti disk image, ISO, templates, dan sebagainya. Adapun pada proxmox mendukung local directory, iSCSI, LVM, NFS, Glusterfs, Ceph RBD, dan ZFS.

Kekurangan Proxmox VE

Setelah mengetahui manfaat proxmox VE, maka Anda juga perlu mengetahui kekurangan yang terdapat dalam proxmox VE yakni sebagai berikut:

  1. Shot node virtual machine yang kadang tidak berjalan semestinya.
  2. Manajemen jaringan host virtual machine yang kurang dinamis untuk operasi on the fly.
  3. Kekurangan lainnya adalah performance proxmox belum maksimal dan masih jauh dibandingkan dengan solusi virtualisasi lain seperti VMware ESX, Microsoft Hyper-V maupun Oracle VM.
  4. Tidak (atau belum) mendukung DRS (Distributed Resource Scheduler). Artinya distribusi workload antara host-host dalam satu cluster harus dilakukan secara manual. Sampai saat ini Proxmox VE belum mendukung DRS.

Spesifikasi Minimum Proxmox VE

Setelah mengetahui mengenai Proxmox VE dan Anda memiliki ketertarikan untuk menggunakannya dalam operasional bisnis, maka Anda perlu mengetahui persyaratan sistem yang ditetapkan. Melalui persyaratan ini akan ditetapkan spesifikasi minimum hardware yang dapat menjadi pedoman Anda. Dengan demikian, perhatikan poin-poin berikut:

  • Processor pentium 4 dan harus memiliki kemampuan 64 bit
  • Kapasitas harddisk minimal 20 GB
  • Memory RAM minimum 1 GB
  • Jika akan menggunakan model full virtualization CPU harus menggunakan mainboard yang mendukung intel VT (Virtualization Technology) atau AMD-V.
  • NIC (Network Interface Card)

Penutup

Proxmox VE adalah server manajemen open-source yang dapat dijadikan tools dalam virtualisasi. Layanan ini banyak direkomendasikan untuk para profesional IT yang ingin meningkatkan servernya, mengurangi kompleksitas administrasi, dan melakukan efisien dengan budget bisnis. Selain tools, Anda tentunya juga butuh layanan server yang tepat dan handal demi kelancaran bisnis Anda.

Tidak perlu bingung mencari, karenaa IDCloudHost menawarkan berbagai produk cloud seperti Bare Metal Server yang akan memberikan Anda server single-tenant eksklusif dengan performa yang terbaik. Dengan banyak pilihan data center, serta keamanan maksimal dan dukungan tim teknis 24/7, Anda tak perlu khawatir akan keamanan dan performa website maupun aplikasi Anda.