Ilustrasi adalah bagian yang sangat penting dalam berbagai karya desain. Elemen visual yang satu ini membuat desain Anda jadi lebih hidup dan mampu membantu menjelaskan konteks dari desain itu sendiri. Jika ingin menambahkan ilustrasi pada desain Anda, semuanya dapat dilakukan dengan mudah menggunakan website ilustrasi gratis berikut ini!

Coba bayangkan desain beriis teks saja tanpa adanya ilustrasi. Terasa hampa, bukan? Orang yang melihatnya pun mungkin akan bosan dan tidak memperhatikan karena kurang menarik. Dengan adanya ilustrasi, desain Anda bisa tampil lebih menarik. Namun, terkadang tidak semua orang memiliki kemampuan dan waktu untuk menggambar dari awal. Karena itulah, Anda bisa menggunakan website-website ini untuk membantu Anda. 

Baca Juga: 5+ Website Belajar Digital Marketing Online Gratis 2022

8 Rekomendasi Website Ilustrasi Gratis dan Terbaik 2022

Saat ini, desain sudah menjadi keperluan banyak orang dari berbagai bidang. Terutama dengan berkembang pesatnya media sosial, kini banyak yang membutuhkan desain untuk feeds media sosial mereka. Entah itu untuk akun pribadi, organisasi, hingga bisnis. Untuk mendukung desain tersebut, tentu diperlukan ilustrasi yang sesuai. Simak rekomendasi website ilustrasi gratis yang bisa Anda gunakan berikut ini!

1. Stubborn

Stubborn adalah website ilustrasi gratis pertama yang bisa Anda coba. Dengan website ini, Anda dapat membuat ilustrasi karakter dengan menggunakan elemen-elemen siap pakai yang ada di dalamnya. Buatlah karakter Anda dengan memadupadankan elemen-elemen tersebut, mulai dari pose, pakaian, rambut, dan lain-lain.

Website ini memberikan keleluasaan bagi Anda untuk membuat ilustrasi yang sesuai dengan berbagai keperluan desain. Alasannya, karena pilihan elemen vektor yang luas dan gratis. Website ini juga cocok untuk desainer UI/UX yang ingin membuat ilustrasi dengan cepat untuk kebutuhan aplikasi. 

2. Humaaans

Humaaans adalah website ilustrasi gratis yang sangat populer dan memiliki banyak pengguna. Website ini dibuat oleh Pablo Stanley dan menyediakan perpustakaan berisi ribuan ilustrasi gratis yang bisa digunkan untuk berbagai keperluan.

Seperti namanya, Humaaans hanya berfokus pada ilustrasi manusia saja, ya. Semua elemen ilustrasi yang ada di website ini dapat Anda gunakan secara gratis untuk keperluan pribadi maupun komersial. Berbagai elemennya sangat mendukung kreatifitas Anda, karena Anda bebas menggabungkan posisi, warna, gaya rambut, bahkan latar belakang.

Baca Juga: 8 Website Belajar Coding Online Gratis dan Terbaik 2022

3. Whoosh

 

Apakah Anda ingin menyisipkan ilustrasi flat yang terkesan modern dalam desain Anda, maka website ilustrasi gratis yang satu ini wajib Anda coba. Anda yang berjualan di e-commerce atau memiliki website toko online pasti akan sangat terbantu dengan berbagai ilustrasi untuk pemilik bisnis yang tersedia di website ini.

Mulai dari ilustrasi pembeli, pengantaran barang, pesan error, sistem pembayaran, dan lain-lain. Ilustrasi ini dapat Anda unduh dalam bentuk PNG secara gratis. Namun, jika ingin memiliki file untuk Figma, Sketsa, ataupun Adobe XD Anda harus membayar. 

4. Undraw

UnDraw adalah website ilustrasi gratis yang sudah ada sejak tahun 2017 dan dibuat oleh Katerina Liimpitsouni. Website ini menyediakan perpustakaan berisi ribuan ilustrasi dengan berbagai kategori. Semua ilustrasi yang Anda temui di website ini dapat Anda gunakan secara gratis, lho. Anda juga akan mendapatkan file SVG yang memberikan Anda keleluasaan untuk mengedit ilustrasi tersebut sesuai keinginan Anda. 

5. DrawKit

DrawKit adalah website ilustrasi gratis yang dapat memudahkan desainer dan pemilik bisnis untuk mencari ilustrasi yang sesuai dengan desain yang sedang Anda kerjakan. Anda akan menemukan puluhan ilustrasi gratis dengan dua gaya berbeda di website ini.

Semua ilustrasi tersebut dapat Anda gunakan secara gratis untuk keperluan personal maupun komersil. Selain itu, Anda akan mendapatkan file SVG yang bisa Anda edit sesuai kebutuhan. Namun, jika Anda menyukai karya ilustrator di website ini dan ingin mendapatkan ilustrasi lebih banyak dari mereka, Anda bisa berlangganan paket premium. 

Baca Juga: 7+ Website Penyedia Gambar Gratis 2022

6. Ouch!

Ouch! adalah website ilustrasi gratis yang diciptakan oleh Icons8. Website ini menyediakan berbagai ilustrasi yang ciamik dan modern untuk kebutuhan desain media sosial, website, atau aplikasi Anda. Ada berbagai gaya ilustrasi karya para ilustrator handal yang dapat Anda pilih sesuai keinginan.

Dengan website ini, Anda bisa mendapatkan file PNG dari ilustrasi-ilustrasi yang ada di dalamnya secara gratis. Namun, jika ingin mendapatkan file vektor asli yang bisa diedit, Anda harus membayar layanan premium. 

7. Absurd

Absurd adalah website ilustrasi gratis dengan gambar khas ilustrator Diana Valeanu. Website ini sangat coock bagi Anda yang sedang mencari ilustrasi hitam putih dengan gaya unik. Sesuai namanya, website ini juga menyediakan berbagai ilustrasi abstrak yang dapat digunakan untuk desain Anda. Absurd sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat desain kreatif dan mengkomunikasikan pesan yang kuat secara visual. Anda dapat mengunduh berbagai ilustrasi yang ada di website ini dalam format PNG. 

8. ManyPixels

ManyPixels adalah website ilustrasi gratis terakhir yang bisa Anda coba dalam rekomendasi ini. Dalam website ini, Anda bisa memilih ilustrasi dari berbagai kategori, kemudian memilih warna default sesuai keinginan Anda.

Ada sangat banyak ilustrasi yang bisa Anda unduh secara gratis, sesuai kebutuhan. ManyPixels memungkinkan Anda untuk mengunduh file SVG yang bisa Anda edit sesuai keinginan. Anda bebas menggunakan ilustrasi-ilustrasi yang ada di website ini baik untuk keperluan pribadi maupun komersil. 

Baca Juga: 10 Website Merangkum Bacaan Terbaik dan Gratis

Penutup

Demikianlah website ilustrasi gratis yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan berbagai ilustrasi keren yang dapat mempercantik desain Anda. Anda bisa menggunakannya untuk desain media sosial, aplikasi, maupun website.

Untuk website, selain desain yang apik, Anda tentunya juga butuh hosting yang handal agar akses website selalu lancar bagi pengguna. Gunakan Cloud VPS IDCloudHost dengan performa tinggi dan sistem pay-as-you-go yang fleksibel!