logo Pentingnya Brand Identity dan Tips Mudah Membangunnya

Pentingnya Brand Identity dan Tips Mudah Membangunnya

Pentingnya Brand Identity dan Tips Mudah Membangunnya

Sebagai seorang pemilik bisnis Anda pasti menginginkan brand identity Anda dikenal khalayak ramai. Sehingga ketika konsumen membutuhkan produk tertentu maka dia akan mengingat brand kita. Ada berbagai bentuk yang dilakukan perusahaan dalam meningkat brandnya seperti pembentukan nama, logo, slogan, dan berbagai bentuk lainnya.

Ketikan konsumen memahami brand yang kita miliki maka secara tidak langsung kita berhasil memperkenalkan perusahaan kita kepada konsumen. Dengan demikian, ketika kita menjalankan sebuah bisnis maka brand merupakan aset berharga yang harus kita jaga dalam keberlangsungan perusahaan. 

Baca Juga: Apa itu Brand Ambassador? Jenis dan Skill yang Diperlukan

Apa Itu Brand? 

Brand adalah suatu sekumpulan elemen yang biasanya berupa nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasi dari semuanya yang bertujuan mengidentifikasikan suatu produk dan menjadi pembeda dengan produk yang lainnya. Dengan demikian, brand merupakan suatu pemberian makna tertentu melalui berbagai media terhadap perusahaan, produk, atau jasa untuk menciptakan persepsi tertentu terhadap konsumen.

Suatu brand yang melekat terhadap suatu perusahaan akan menjadi identitas perusahaan tersebut. Lebih lanjut, melalui identitas brand tersebut akan menjadi hal yang dipertimbangkan konsumen sehingga mempengaruhi pola perilaku pembeliannya. 

Pentingnya Membangun Brand Identity

Identitas brand merupakan pandangan khusus yang telah melekat oleh konsumen terhadap perusahaan kita. Pandangan tersebut dapat diidentifikasikan melalui nama, logo, gambar dan sebagainya. Ketika suatu bisnis berhasil membangun identitas brandnya maka akan membentuk loyalitas konsumen. Selain itu, brand juga dianggap media penting yang dipertimbangkan oleh konsumen sebagai suatu kepercayaan.

Ketika suatu bisnis membangun brandnya dengan baik maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga menjadikan brand tersebut sebagai alasan kuat mereka untuk bertahan ditengah banyak brand produk sejenis yang bermunculan. Dengan demikian, membangun brand suatu perusahaan dapat dikatakan sama dengan membangun aset perusahaan. 

Baca Juga: Apa Itu Brand Collateral? Pengertian, Jenis dan Manfaat/Kelebihannya

Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan Dalam Membangun Brand Identity

Setelah memahami pentingnya membangun brand, Anda tentunya ingin mengetahui bagaimana caranya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. 

  • Identifikasi Segmen Pasar

Dalam membangun sebuah brand sangat penting untuk mengetahui klasifikasi target konsumen berdasarkan karakteristik dan kebutuhan tertentu sehingga perusahaan mampu memahami dengan baik perilaku target utama konsumennya.

Perusahaan juga dapat menyesuaikan brandnya sesuai dengan segmentasi pasar yang telah diidentifikasi. Misalnya ketika suatu perusahaan mengetahui bahwa segmen pasarnya adalah generasi Z maka logo bisnis yang aesthetic dan kekinian akan menjadi pilihan tepat.

Selain itu, ketika membangun privilege dalam brand akan jauh lebih tepat jika segmen perusahaan tersebut adalah generasi Z dibandingkan generasi X.  Dengan demikian, sangat penting bagi perusahaan atau bisnis mengetahui pangsa pasar utamanya sehingga dapat menjadi acuan dalam membangun brand yang kuat. 

  • Pahami Nilai Bisnis Anda

Dengan mengetahui nilai menonjol yang dimiliki suatu perusahaan akan menjadi kekuatan dalam membangun brand. Ketika perusahaan tersebut membangun brand sesuai dengan kekuatan dan karakteristik perusahaannya maka akan menjadi identitas yang melekat pada perusahaan tersebut.

Dengan keunikan yang dimiliki perusahaan tersebut akan menjadi pembeda dengan produk serupa lainnya yang bisa ditonjolkan. Misalnya ketika Anda memiliki perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi dan memiliki keunikan berupa kecepatan mesin yang lebih tinggi.

Dengan demikian, berdasarkan keunikan dan nilai tersebut Anda dapat membangun slogan yang berhubungan dengan kekuatan perusahaan Anda seperti “tercepat dari yang cepat”. Dengan slogan tersebut, secara tidak langsung Anda memberi tahu konsumen Anda kelebihan yang dimiliki perusahaan dan membangun identitas produk yang ditawarkan berupa kekuatan mesin yang cepat. 

  • Ciptakan dan Kembangkan Brand Anda

Ketika Anda mengetahui segmen dan kekuatan utama perusahaan Anda, maka langkah selanjutnya memulai research yang sesuai dengan karakteristik yang telah diidentifikasi tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan dalam membuat menciptakan sebuah brand:

Bentuk yang menarik

Pastikan ketika Anda membuat bentuk yang menarik dan menarik perhatian konsumen. Bentuk tersebut dapat juga mengandung arti tertentu yang sesuai dengan karakteristik perusahaan Anda. 

Warna

Setiap elemen warna mengandung makna tertentu misalnya merah yang berarti pemberani dan putih yang berarti suci. Dengan adanya pemilihan warna yang tepat maka akan menciptakan identitas yang kuat terhadap brand Anda.

Template

Sangat penting bagi Anda menciptakan templat yang sesuai dengan karakteristik perusahaan Anda. Hal tersebut dapat terlihat dari jenis font yang Anda pilih atau ada bentuk-bentuk khusus yang menggambarkan perusahaan Anda. 

Baca Juga: Apa Itu Branding? Kenali Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

  • Integrasikan Dengan Digital Marketing

Di tengah perkembangan digitalisasi dan teknologi maka memperkenalkan brand melalui internet adalah hal yang tepat dilakukan. Sebagai ruang tanpa batas ruang dan waktu maka pemanfaatan internet akan menjadi media masif pengembangan brand Anda. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan melalui digital marketing yaitu sebagai berikut:

Sosial Media

Mengelola media sosial secara baik dan profesional akan mencerminkan konsistensi brand yang telah Anda bangun. Selain itu, media sosial merupakan ruang publik virtual yang sedang digandrungi semua kalangan sehingga melakukan pengenalan brand melalui sosial media dapat meningkatkan awareness konsumen.

Anda juga dapat secara konsisten menggunakan beberapa platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Tik Tok, dan sebagainya serta aktif dalam memberikan edukasi. Dengan demikian, sangat penting bagi Anda mengelola sosial media perusahaan Anda dengan bijak dan profesional. 

Memanfaatkan Jasa Influencer

Influencer merupakan orang-orang yang memiliki pengaruh yang kuat yang dapat mempengaruhi komunitas tertentu. Adanya promosi yang dilakukan oleh seorang influencer dapat menjadi pendorong seorang konsumen dalam melakukan  suatu pembelian. Dengan demikian, menggunakan jasa influencer merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengenalkan brand yang kita miliki kepada khalayak ramai. 

Pemanfaatan Website

Dengan pembuatan website Anda dapat membuat suatu sistem yang terintegrasi untuk bisnis Anda. Dalam website tersebut, Anda juga dapat membuat konten-konten yang edukatif sehingga meningkatkan pemahaman konsumen akan produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga dapat membentuk identitas brand melalui website pribadi yang di manajemen secara profesional.

Lebih jauh, Anda juga bisa menggunakan SEO Friendly sehingga website atau konten Anda mudah terdeteksi oleh mesin pencari. Anda juga bisa menggunakan SEM untuk keperluan tertentu dengan promosi berbayar melalui mesin pencari. Dengan demikian, dengan menggunakan website memberikan banyak manfaat dalam pengembangan dan pengenalan brand bisnis yang Anda miliki. 

  • Adakan Event Marketing

Dalam mengenalkan brand bisnis, Anda dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat yang sekaligus memperkenalkan brand perusahaan. Kegiatan event marketing yang bisa Anda lakukan seperti webinar yang mengundang mahasiswa atau masyarakat umum, mengadakan pelatihan gratis, atau melakukan siaran langsung secara berkala.

Dengan kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya berdampak positif terhadap masyarakat melainkan bagi brand yang Anda miliki. Sangat penting menjaga image positif perusahaan Anda sehingga masyarakat mengetahui noble purpose yang dimiliki perusahaan Anda. Dengan demikian, adanya event marketing akan akan meningkatkan brand awareness perusahaan Anda sekaligus dapat mengenalkan produk yang perusahaan Anda tawarkan. 

Baca Juga: Apa itu Brand Ambassador? Jenis dan Skill yang Diperlukan

Penutup

Demikian beberapa cara yang dapat Anda gunakan dalam meningkatkan brand awareness konsumen. Dengan memanajemen brand perusahaan Anda maka secara tidak langsung Anda sedang memanajemen aset perusahaan Anda. IdCloudHost merupakan perusahaan yang mendukung dan membantu pengembangan brand awareness berbagai bisnis dan UMKM yang ada di Indonesia.

Salah satu layanan yang diberikan IDCloudHost adalah Dedicated Server yang memungkinkan bisnis Anda memiliki layanan penyewaan server yang eksklusif secara pribadi. Dengan demikian, Anda memiliki keleluasaan untuk mengeksplorasi website, menyimpan berbagai data, dan membuat berbagai konten yang informatif dalam upaya meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image