Mengenal Manfaat dan Pentingnya Business Intelligence Bagi Bisnis Modern

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Mengembangkan bisnis menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari analisis pasar dan target pasar. Seorang pebisnis harus pandai dalam melihat peluang yang ada di depan mata, semua itu membutuhkan analisa yang tepat. Bagi Anda yang baru saja terjun untuk membuat bisnis, Anda bisa menggunakan bantuan Business Intelligence (BI).

Business Intelligence bisa membantu Anda dalam menganalisa bisnis, mengumpulkan data, dan lain sebagainnya yang berguna untuk membantu perusahaan Anda bisa membuat strategi bisnis berdasarkan keputusan yang sudah Anda lihat dalam Business Intelligence. Suatu kecerdasan dari BI ini memiliki manfaat yang membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi.

Sebelum Anda mengetahui manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan jika Anda menggunakan Business Intelligence, Anda akan mengetahui banyak tentang Business Intelligence dalam artikel ini. Semua akan terjawab dalam artikel ini tentang definisi Business Intelligence, cara kerja Business Intelligence, manfaat dan pentingnya business intelligence. Simak artikel ini sampai habis.

 

Definisi Business Intelligence dan Kegunaannya

Mengenal Manfaat dan Pentingnya Business Intelligence Bagi Bisnis Modern
 

 

Business Intelligence adalah sebuah software atau servis yang menampilkan data untuk memantau perkembangan bisnis suatu perusahaan. Bagi Anda yang baru memulai bisnis, Business Intelligence akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda karena Business Intelligence dapat menampilkan data beserta analisis terhadap bisnis Anda.

Hal ini akan membuat Anda bisa melihat perkembangan bisnis serta memantau bisnis yang Anda jalankan dapat berjalan lancar atau tidak. Analisis yang dilakukan oleh Business Intelligence adalah menampilkan tren market atau tren pasar untuk membantu Anda dalam melihat peningkatan dari penjualan dan pendapatan. Selain hal tersebut, berikut ini merupakan kegunaan dari Business Intelligence.

  • Identifikasi untuk Meningkatkan Keuntungan

    Anda bisa mendapatkan analisis mendalam mengenai tren pasar atau hal apa yang populer mengenai suatu produk atau layanan, Anda bisa melihat kebutuhan masyarakat serta menganalisa kira-kira produk atau layanan seperti apa yang orang-orang suka, hal ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan keuntungan. Anda bisa dengan mudah melihat peluang bisnis apa yang cocok untuk Anda kembangkan.

  • Analisis Perilaku Pelanggan

    Anda bisa melakukan analisis perilaku dari pelanggan Anda dengan Business Intelligence, Anda bisa menganalisa perilaku konsumen, apa yang konsumen suka, dan lain sebagainya. Analisis perilaku pelanggan ini akan sangat membantu Anda dalam mengembangan bisnis yang Anda jalankan.

  • Bandingkan Data Kompetitor

    Business Intelligence memungkinkan Anda untuk membandingkan data dengan kompetitor. Anda bisa melihat perbandingan bisnis Anda dan kompetitor, hal ini akan membuat Anda bisa mengungguli kompetitor Anda dengan mempelajari apa saja kelebihan dan kekurangan dari kompetitor Anda. .

 

Baca Juga  :      3 Fitur dan Kelebihan Business Menerapkan Process Management

 

Mengapa Business Intelligence Penting untuk Bisnis Modern

Anda sudah mengetahui definisi dari Business Intelligence dan keunggulannya, sekarang saatnya Anda mengetahui mengapa business intelligence ini penting untuk bisnis modern. Terlebih lagi persaingan antar bisnis saat ini sangat ketat. Bagi Anda yang masih ragu untuk mencoba Business Intelligence, Anda harus mengetahui alasan penting di bawah ini mengapa Business Intelligence diperlukan.

  • Kemampuan untuk Melihat Profil Pelanggan

    Business intelligence sangat diperlukan untuk melihat profil pelanggan. Anda tidak mungkin langsung membuka bisnis tanpa melihat siapa target market Anda. Business intelligence dapat membantu Anda dalam pengambilan keputusan untuk meluncurkan produk atau layanan Anda. Business intelligence dapat memungkinkan Anda untuk menentukan segmen pasar karena Anda bisa melihat profil pelanggan berdasarkan jenis produk yang dibeli pelanggan, kapan pelanggan Anda membeli produk atau layanan tersebut. Segmentasi pasar akan membantu Anda dalam mengklasifikasi pelanggan untuk menentukan produk atau layanan apa yang ingin Anda tawarkan serta promo menarik apa yang bisa Anda berikan.

  • Visibilitas Operasi Bisnis

    Anda bisa melihat visibilitas operasi bisnis Anda dengan Business Intelligence, ini penting karena Anda bisa memperbaiki kesalahan dengan cepat, sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan efisien dan efektif. Misalnya saja, Anda memiliki bisnis jasa pengiriman barang, saat itu terjadi keterlambatan dalam pengiriman, Anda bisa langsung mengetahui kenapa terjadi keterlambatan dan penundaan pengiriman tersebut melalui business intelligence. Visibilitas operasi bisnis terbukti efektif dalam membuat keputusan yang tepat dalam mengatasi masalah Anda.

  • Menindaklanjuti Pekerjaan dengan Cepat

    Anda bisa menindaklanjuti pekerjaan Anda setelah Anda melihat persentase dari angka yang telah dianalisa oleh business intelligence. Informasi terkait laporan analisa dari business intelligence sangat akurat, oleh karena itu memungkinkan Anda untuk segera menindaklanjuti laporan dari business intelligence. Contohnya saja ketika Anda mendapat laporan bahwa persentase angka orang yang hanya memasukkan produk Anda ke keranjang belanja mereka lebih tinggi daripada metrik jumlah transaksi, maka Anda bisa menindaklanjuti masalah tersebut dengan memikirkan strategi apa yang tepat untuk membuat pelanggan Anda bisa langsung memutuskan untuk membeli produk Anda.

  • Efisiensi Bisnis Meningkat

    Alasan mengapa business intelligence penting untuk perkembangan bisnis Anda karena Anda bisa meningkatkan efisiensi dari perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan. Data yang akurat dari business intelligence bisa meningkatkan produktivitas tim Anda karena tim Anda akan langsung bekerja jika mereka menerima laporan yang menghambat berjalannya suatu pekerjaan. Tentunya akses data business intelligence harus bisa diakses oleh seluruh tim Anda.Ini akan sangat membantu tim Anda bekerja lebih cepat sehingga efisiensi bisnis meningkat.

  • Mengakses Data secara Real-time

    Business intelligence bisa menampilkan data secara real-time atau langsung, ini mengurangi risiko dari kesalahan karyawan Anda dalam melakukan pelaporan data penting. Anda bisa terus memantau perkembangan bisnis Anda secara langsung tanpa harus menunggu lama. Data yang ditampilkan secara real-time bisa membuat Anda memantau perkembangan perusahaan atau bisnis Anda setiap saat. Anda tidak perlu menunggu laporan manual yang lebih membutuhkan waktu lama.

 

Baca Juga  :     Tips Membuat Business Plan Terbaik 2022

 

Bagaimana Cara Kerja Business Intelligence

Mengenal Manfaat dan Pentingnya Business Intelligence Bagi Bisnis Modern
 

Business intelligence bekerja dengan cara memberi data yang akurat secara real-time yang diambil salah satunya dari CRM (Customer Relationship Management), ini akan membuat Anda bisa mengetahui informasi mengetahui kinerja penjualan, analitik pemasaran, kontak pelanggan, dan data-data lain yang penting untuk Anda ketahui. Business intelligence bisa membawa semua sumber data tersebut menjadi suatu tampilan yang bisa Anda baca dengan jelas. Business intelligence menyediakan laporan, dasbor, dan analisis data secara real-time.

 

Baca Juga  :     Perbedaan Antara Lean Canvas dan Business Model Canvas (BMC) untuk Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Business intelligence adalah sebuah software atau servis yang menampilkan data terkait analisa bisnis secara akurat dan real-time. Business intelligence sangat membantu Anda untuk banyak hal, seperti mengidentifikasi untuk meningkatkan keuntungan, analisis perilaku pelanggan, dan membandingkan data kompetitor. Anda bisa mengandalkan business intelligence untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

Cara kerja business intelligence adalah dengan menampilkan data yang berasal dari berbagai sumber, salah satunya adalah CRM (consument relation manager) yang akan menampilkan data berupa kinerja penjualan, analitik pemasaran, kontak pelanggan, dan data-data lain yang penting untuk Anda ketahui. Itu sebabnya business intelligence sangat penting bagi bisnis modern karena kemampuan untuk melihat profil pelanggan, visibilitas operasi bisnis, menindaklanjuti pekerjaan, efisiensi bisnis meningkat, dan data yang ditampilkan isa Anda akses secara real-time.

 

 

 

 

Related Post :