Cara Agar Membuat Website Anda Lebih Aman

Diskusi / 0 | | 0

Tentu kalian saat ini sudah mempunyai sebuah website bukan? Siapa sih yang di masa semuanya serba digital ini tidak mempunyai sebuah website. Website memang salah satu aset yang sangat penting adanya di masa kini. Dimana sebuah website bisa digunakan untuk berbagai macam hal.

Misalkan saja untuk melakukan bisnis online ataupun sebagai media untuk memberikan informasi kepada orang banyak. Tentunya masih banyak lagi kegunaan lainnya yang bisa didapatkan jika mempunyai sebuah website. Jika Anda saat ini sudah mempunyai sebuah website tentu akan ada beberapa hal yang bisa mengintai dan mengancam keamanan website. Oleh karena itu, di dalam artikel kali ini akan di bahas mengenai cara agar website tetap aman, dimana akan disajikan beberapa cara agar website terhindar dari ancaman kejahatan.

Maka dari itu simak dengan baik cara agar website tetap aman di bawah ini. Dimana jika menginginkan website yang Anda miliki tetap aman maka perlu diperhatikan sejumlah cara yang akan di jelaskan di bawah ini dan harus di lakukan dengan baik dan benar. Nah beberapa cara agar website tetap aman di bawah ini jika di lakukan dengan maksimal maka bisa menjaga dengan aman website secara optimal, dan berikut cara yang bisa di coba.

Beberapa Cara Agar Website Tetap Aman Yang Bisa Anda Coba

Tak bisa dipungkiri bahwa menjaga website agar tetap aman memang sangat penting untuk dilakukan. Berikut beberapa cara agar website tetap aman yang bisa Anda lakukan.

1. Melakukan Update Secara Rutin

Cara agar website tetap aman yang bisa dilakukan yang pertama ini adalah dengan selalu update. Dalam arti harus selalu memastikan bahwa versi CMS ataupun versi plugin yang digunakan di dalam website selalu menggunakan versi yang terbaru. Jika belum memenuhi versi yang terbaru sebaiknya bisa memperbarui versi tersebut secepatnya.

Jika memaksakan untuk mengoperasikan software yang tidak pernah diperbarui dalam arti masih menggunakan software yang versi lama maka bisa berkemungkinan beresiko rawan terkena ancaman sehingga membuat website tidak aman. Dan oleh karena demikian maka Anda bisa selalu melakukan update terhadap software yang digunakan pada website sehingga bisa menghindari website diretas. Dimana para hacker akan mengandalkan sistem otomatis yang bisa merugikan website yang Anda miliki.

2. Melakukan Back Up Data

Cara agar website tetap aman yang kedua adalah dengan melakukan back up data. Dalam melakukan back up data ini, bisa di lakukan secara berkala. Sehingga data data website akan aman nantinya. Namun perlu ingat bahwa data hasil back up nantinya Anda simpan di tempat yang berbeda.

3. Menggunakan Password

Cara agar website tetap aman yang ketiga adalah dengan menggunakan password, dimana password ini harus dilindungi dan juga harus dirahasiakan. Sehingga dengan demikian Anda bisa menggunakan password yang rumit dan tidak mudah untuk ditebak.
Password yang mudah ditebak adalah dengan menggunakan tanggal lahir, nama panggilan dan yang lainnya. Jadi jangan biarkan para hacker bisa dengan mudah dalam membobol website yang Anda miliki.

4. Menggunakan Satu Server

Cara agar website tetap aman yang keempat adalah dengan memastikan website hanya menggunakan satu server saja. Dimana kebanyakan orang akan langsung membeli web hosting dengan kapasitas yang unlimited dan mengisinya dengan banyak situs website di dalamnya.

Namun dengan melakukan hal yang sama maka hal itu bukanlah hal yang efisien dimana akan tidak baik untuk keamanan situs. Dan oleh karena itu, maka Anda bisa menggunakan satu server untuk satu situs website saja untuk bisa menjaga website yang Anda miliki agar tetap aman dari gangguan para oknum yang tidak bertanggung jawab.

Layanan Server VPS Indonesia dari IDCloudhost

5. Membatasi Akses Pengguna

Cara agar website tetap aman yang kelima adalah dengan cara membatasi akses pengguna. Perlu diketahui bahwa poin ini hanya akan berlaku jika Anda mempunyai website yang menyediakan beberapa login untuk banyak user atau pengguna. Melakukan pembatasan akses untuk para pengguna sangat penting untuk dilakukan.

Dimana Anda bisa membatasi aksesnya sesuai dengan peranan masing masing pengguna. Sehingga hal ini bisa meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

6. Melakukan Konfigurasi Server

Cara agar website tetap aman yang keenam adalah dengan cara melakukan konfigurasi server. Dimana Anda perlu mengetahui jenis file konfigurasi yang dipakai oleh web server yang digunakan. Dimana dengan menerapkan semua aturannya maka bisa meningkatkan keamanan website yang Anda miliki.

7. Mengganti Pengaturan Default CMS

Cara agar website tetap aman yang ketujuh adalah mengganti pengaturan default CMS yang digunakan. Sebab kini serangan pada website bisa dilakukan dengan cara otomatis. biasanya hal hal default lebih mudah dicari oleh orang yang tidak bertanggung jawab misalnya salah satunya adalah akses Login untuk CMS WordPress bisa diganti dengan redirect ke halaman lain. Hal ini bertujuan untuk bisa membuat lebih aman dengan menyembunyikan lokasi atau portal login Anda.

8. Memilih Ekstensi Yang Terpercaya

Cara agar website tetap aman yang kedelapan adalah dengan menggunakan ekstensi yang terpercaya. Sebab ekstensi ini merupakan hal yang mempunyai dua sisi yang bisa menguntungkan dan sekaligus bisa merugikan jika tidak teliti dalam memilihnya. Dan oleh sebab demikian lebih teliti dalam memilih ekstensi yang akan di gunakan untuk website Anda.

9. Menginstal Sertifikat SSL (HTTPS) di Website

Cara agar website tetap aman yang terakhir adalah dengan mengisi SSL pada website. Dimana sertifikat SSL ini bisa melindungi informasi dari para pengunjung yang melakukan pengiriman data dari form pada website dengan menggunakan internet. Saat ini juga Sertifikat SSL (HTTPS) juga menjadi salah satu faktor yang paling besar pada Website, tidak hanya dari sisi keamanan, tapi juga faktor lain seperti kepercayaan pengguna dan SEO untuk bisa muncul pada Halaman pertama mesin pencarian Google.

Baca Juga : SSL (Https) Gratis untuk Semua Paket Hosting Selamanya

Untuk yang ingin memenuhi keperluan dalam membuat website misal seperti domain dan hosting maka bisa membelinya di IDCloudHost yang kini hadir sebagai penyedia layanan domain dan hosting terbaik di Indonesia.

 

Related Post :

popup image