Cara Melakukan Screenshot Di Laptop Windows dan Mac OS (Macbook)

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Apakah kalian pernah mendengar kalimat seperti ini “ tolong sskan gambarnya lewat hpmu!” Mungkin sebagian orang yang sudah tahu istilah tersebut akan langsung paham namun ada juga yang masih belum mengetahui apa itu ss. SS adalah kependekan dari Screenshot. Screenshot merupakan istilah yang digunakan untuk menangkap gambar dari suatu gadget baik itu smartphone, komputer, laptop, dan lain-lain.

Cara melakukan screenshot pada gadget memiliki perbedaan, bahkan sesama smartphone pun beda juga, sebab hal ini disebabkan sistem operasi yang berbeda pada masing-masing smartphone. Begitu juga dengan laptop yang sekarang menjadi gadget yang paling banyak digunakan. Laptop sudah menjadi kebutuhan gadget penting bagi pekerja maupun pelajar. Dengan bantuan laptop ini pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan secara online bisa cepat dilakukan.

Sama halnya dengan smartphone yang memiliki OS yang banyak. Laptop juga memiliki OS yang variatif seperti Windows, Linux, dan MacOS. Namun, yang paling merajai pasaran gadget laptop sekarang adalah Windows dan Mac OS. Windows sekarang hampir bisa ditemui di berbagai vendor laptop berbeda dengan Mac OS yang hanya bisa dijumpai di laptop Macbook besutan Apple. Bagi kalian yang ingin tahu bagaimana cara screenshot pada dua OS ini, pada artikel ini akan menjelaskannya lebih lanjut.

 

Mengenal Apa Itu Screenshot?

 

Screenshot adalah gambar tampilan dari sebuah layar yang diambil dari suatu gadget tertentu seperti komputer atau pc, laptop, smartphone, tablet, dan lain-lain. Cara melakukan screenshot pada setiap device berbeda. Ketika device tersebut memiliki OS yang berbeda meskipun sama jenisnya, cara screenshotnya bisa jadi berbeda. Screenshot dikenal di kalangan pengguna gadget dengan sebutan “ SS “. Pasti kalian sering menggunakan kata ini karena memang lebih mudah dalam menyebutnya.

Biasanya ss ini berguna untuk mengabadikan sesuatu di layar perangkat yang kita miliki atau bisa juga memberikan informasi kepada orang lain tentang apa yang kita lihat sekarang di layar gadget kita, sebab biasanya kita akan kesulitan untuk menjelaskan sesuatu tanpa bantuan sebuah gambar. Hasil gambar SS juga sering digunakan untuk membuat sebuah tutorial di artikel-artikel internet. Dengan menggunakan gambar hasil SS tersebut mempermudah pembaca maksud dari tutorial yang dijelaskan.

 

Baca Juga:  Tutorial Cara Mengecilkan Ukuran Gambar PNG [OFFLINE DAN ONLINE]

 

Cara Screenshot Melalui Laptop Windows

Cara melakukan screenshot di windows berbeda dengan cara screenshot di device dengan os selain windows. Bahkan, di windows sendiri setiap versinya memiliki perbedaan dalam hal melakukan screenshot. Lebih tepatnya bahwa ada cara baru di versi windows teranyar. Namun, secara umum sebenarnya di windows memiliki cara yang sama untuk melakukan screenshot.Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop windows.

  1. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen khusus Windows 8 dan 10

    Pada versi windows 8 dan 10 yang merupakan pengembangan lebih lanjut windows 7 ada perbedaan tentang tata cara melakukan screenshot. Cara screenshot di windows 8 dan 10 bisa langsung tersimpan tanpa harus me-paste nya terlebih dahulu di software Paint. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + Print Screen. Hasil dari gambar melalui cara ini akan langsung tersimpan di folder picture tepatnya di screenshots. Jadi, cara seperti ini lebih efisien dan efektif. Kekurangan dari cara ini adalah ukuran ss yang tidak bisa dikustomisasi, jadi layar yang ditangkap full satu layar.

  2. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen Semua Windows

    Cara selanjutnya ini lebih ribet dibandingkan cara sebelumnya, namun bisa dilakukan melalui windows 7, 8, dan 9. Cara ini juga umum dilakukan para pengguna windows. Sekedar informasi saja bagi kamu bahwa tombol dari print screen setiap laptop biasanya berbeda, ada keyboard yang menuliskan prt sc atau prt sc sysrq. Cara screenshot melalui cara ini sebenarnya cukup mudah dengan menekan tombol tersebut lalu masuk ke dalam software Paint. Gambar hasil ss tidak langsung tersimpan namun harus di paste dulu di Paint. Jika sudah paste saja, atau tekan CTRL + V. Gambar akan ditampilkan dan simpan pada folder yang diinginkan. Ringkasnya tekan prt sc -> buka software Paint ketikkan di kolom pencarian windows Paint -> Paste atau tekan CTRL + V -> Simpan.

  3. Menggunakan Snipping Tool

    Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi. Aplikasi yang sering digunakan dan merupakan aplikasi bawaan windows adalah Snipping Tools. Aplikasi ini tersedia di versi windows Vista ke atas. Jadi mulai dari versi windows 7,8,dan 10 sudah bisa menggunakannya. Cara melakukan ss melalui aplikasi ini adalah buka dulu aplikasinya atau cari di kolom pencarian windows. Klik lalu akan muncul tampilan sederhana Snipping Tool. Klik New, dimana pada bagian ini kamu bisa melakukan ss sesuai dengan ukuran yang kamu mau. Selain itu, kamu juga bisa memilih area layar yang di ss. Jika sudah screenshot simpan pada folder yang dikehendaki.

 

Baca Juga:  Tips & Trick Memaksimalkan Gambar Untuk SEO (SEO For Images)

 

Cara Screenshot Melalui Laptop Macbook

 

Melakukan screenshot pada setiap komputer atau laptop yang memiliki OS yang berbeda tentu berbeda juga caranya. Mengambil ss melalui windows yang sudah dijelaskan diatas memiliki perbedaan dengan cara ss melalui Macbook. Macbook sendiri memang sekarang merupakan gadget laptop yang paling digandrungi. Maka dari itu, agar kamu lebih jago menggunakan Macbook berikut ini adalah cara-cara melakukan screenshot di Macbook.

  1. Screenshot Command + Shift + 3

    Cara untuk melakukan screenshot melalui Macbook sangatlah mudah, anda tidak perlu pusing memikirkan area mana yang ingin di ss. Cara yang pertama ini menggunakan kombinasi tombol di laptop yaitu cukup tekan cmd + shift + 3. Apabila suara dari Macbook diaktifkan, akan terdengar suara shutter kamera yang menandakan proses screenshot berhasil. Gambar dari hasil ss ini akan disimpan di desktop dengan format .png.

  2. Screenshot Command + Shift + 4

    Cara selanjutnya ini bisa kalian lakukan jika ingin mendapatkan hasil screenshot sebagian saja. Sebelum melakukan screenshot kamu harus lebih dulu menandai daerah mana yang ingin di ss. Caranya tekan Command + Shift + 4. Berikutnya kamu akan melihat ikon kursor berubah menjadi crosshair atau kotak berbingkai garis tipis. Klik dan tahan mouse kamu, lalu drag area yang ingin kalian screenshot. Jika kamu ingin memulai lagi tanpa melakukan screenshot gambar tekan tombol ESC. Sebenarnya kamu juga bisa melakukan screenshot dengan menekan tombol Command + Shift + 4 + Space.

  3. Screenshot Shift + Command + 6

    Bagi kamu seorang pengguna Macbook Pro yang memiliki Touch Bar dengan MacOS 10.12.2 atau versi atasnya lagi. Kamu tetap bisa melakukan screenshot melalui Touch Bar dengan cara menekan Shift + Command + 6 kemudian tinggal cari gambar di desktop dengan format seperti sebelumnya yaitu .png. Kamu juga bisa menampilkan tombolnya untuk disesuaikan dengan kontrol area strip touch bar. Langkah terakhir klik screenshot untuk melihat hasilnya.

 

Related Post :